Umum

Mengetahui Gaji Tukang Parkir Pesawat Per Tahun

Gaji tukang parkir pesawat per tahun – Tukang parkir pesawat, atau yang sering disebut sebagai Aircraft Marshaller, adalah pekerja yang bertanggung jawab untuk mengarahkan pesawat ke tempat parkir yang aman di bandara. Mereka juga bertanggung jawab untuk membimbing pesawat keluar dari area parkir untuk terbang kembali. Meskipun tugas ini terlihat sederhana, namun tukang parkir pesawat memiliki peran penting dalam menjaga keselamatan pesawat dan penumpang.

Salah satu hal yang menjadi perhatian bagi seorang tukang parkir pesawat adalah gaji yang diterima. Gaji yang diterima oleh tukang parkir pesawat dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti lokasi, perusahaan, dan pengalaman.

Berdasarkan data dari situs web Indeed, rata-rata gaji tahunan tukang parkir pesawat di Indonesia adalah sekitar Rp 84.000.000,- per tahun. Namun, gaji tersebut bisa lebih rendah atau lebih tinggi tergantung pada perusahaan tempat tukang parkir pesawat bekerja. Selain itu, pengalaman kerja juga mempengaruhi besaran gaji yang diterima. Semakin banyak pengalaman, maka semakin besar pula gaji yang diterima.

Namun, perlu diingat bahwa gaji yang diterima oleh seorang tukang parkir pesawat tidaklah sebesar gaji pilot atau kru pesawat lainnya. Hal ini karena tugas yang dilakukan oleh tukang parkir pesawat dianggap sebagai pekerjaan yang kurang kompleks dan memerlukan keterampilan yang lebih sedikit dibandingkan dengan pekerjaan lain di industri penerbangan.

Pinjaman Online Baca juga: Erek erek 2d Bergambar Lengkap

Meskipun demikian, tugas yang dilakukan oleh tukang parkir pesawat sangatlah penting dalam menjaga keselamatan pesawat dan penumpang. Mereka harus memiliki pengetahuan dan keterampilan khusus dalam membimbing pesawat keluar dan masuk ke area parkir dengan aman dan tepat waktu. Selain itu, mereka juga harus memahami bahasa isyarat dan komunikasi verbal untuk berinteraksi dengan pilot dan kru pesawat.

Dalam industri penerbangan, tukang parkir pesawat juga memiliki peluang untuk naik pangkat dan mendapatkan gaji yang lebih tinggi. Mereka bisa menjadi supervisor atau manajer yang bertanggung jawab atas tim tukang parkir pesawat di bandara. Selain itu, tukang parkir pesawat juga dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka melalui pelatihan tambahan dan sertifikasi yang diperlukan.

Tanpa adanya tukang parkir, pesawat di lapangan terbang tidak bisa diparkir dengan benar serta teratur. Mereka bertugas memberi komando ke pilot kapan harus maju, menurunkan laju kecepatan, bahkan sampai mematikan mesin pesawat.

Dengan begitu, seorang tukang parkir pesawat harus dapat bekerja secara cepat serta tepat didalam memberikan arahan supaya operasional lapangan terbang dapat berjalan dengan lancar.

Baca juga: Download Yandex Blue APK Terbaru 2023, Unlocked Video Bokeh Tanpa VPN

Gaji Tukang Parkir Pesawat Per Tahun

Gaji tukang parkir pesawat per tahun

Dikarenakan perannya yang penting, tidak sembarang orang dapat menjalani profesi ini. Harus sertifikasi khusus untuk memenuhi kualifikasi sebagai seorang juru parkir pesawat.

Hal tersebut juga berbanding lurus dengan gaji profesi tukang parkir pesawat yang tergolong cukup besar. Menurut situs Ziprecuriter, gaji rata-rata juru parkir pesawat per Januari 2022 adalah merupakan 21 USD/jam atau hampir Rp300 ribu/jam (kurs 14.279).

Besaran gaji tersebut juga dapat berbeda-beda, tergantung lokasi lapangan terbang, pengalaman, serta kemampuan seseorang. Tukang parkir pesawat di Indonesia diketahui mempunyai gaji sebesar Rp5 juta – Rp6 juta bagi yang baru masuk.

Apabila gaji tersebut ditotal selama satu tahun, besaran gaji tukang parkir pesawat per tahun ialah Rp6 juta x 12 bulan = Rp72 juta. Akan tetapi besaran gaji ini dapat berubah biasakan dengan lamanya seseorang bekerja, besarnya tanggung jawab pekerjaan, serta jabatan seseorang.

Syarat Menjadi Tukang Parkir Pesawat

Setelah mengetahui besaran gaji tukang parkir pesawat per tahun, terdapat sejumlah syarat agar dapat menjadi tukang parkir pesawat. Berikut ini penjabarannya yang dikutip dari situs Angkasa Pura I.

1. Pendidikan minimal SMA/SMK/sederajat

Pendidikan minimal yang harus anda tempuh untuk dapat menjadi seorang tukang parkir pesawat adalah merupakan SMA atau SMK/sederajat. Bagi anda yang mempunyai pendidikan SMA atau SMK bahkan lebih, dapat mendaftar sebagai seorang tukang parkir pesawat kalau berminat.2. Berumur 18-35 tahun

Syarat selanjutnya agar dapat menjadi tukang parkir pesawat adalah merupakan berumur 18-35 tahun. Akan tetapi, sejumlah maskapai penerbangan mensyaratkan maksimal usia sampai 24 tahun saja.

3. Tinggi badan

Tinggi badan juga adalah merupakan salah satu syarat utama untuk menjadi seorang tukang parkir pesawat. Buat menjadi tukang parkir pesawat harus mempunyai tinggi minimal 165 cm bagi laki-laki, sedangkan wanita harus mempunyai tinggi minimal 157 cm.

4. Bersedia menjalani latihan khusus

Syarat pendidikan untuk menjadi tukang parkir pesawat adalah merupakan SMA atau SMK serta sederajat. Buat itu, calon pelamar harus bersedia mengikuti latihan khusus untuk menekuni cara menjadi tukang parkir pesawat.

Latihan khusus ini ditujukan agar calon tukang parkir pesawat dapat mahir didalam berkoordinasi dengan pilot untuk memarkirkan pesawat dengan aman. Selain itu, latihan khusus ini juga dibutuhkan agar calon tukang parkir pesawat mempunyai lisensi.

5. Syarat lainnya

Tak hanya syarat-syarat umum seperti di atas, anda juga harus memenuhi syarat berupa sehat secara jasmani serta rohani, mempunyai penampilan menarik, tidak buta warna, serta belum menikah. Syarat-syarat ini wajib anda penuhi kalau mau melamar sebagai tukang parkir pesawat.

Artikel terkait

Back to top button