Umum

Syarat serta Cara Daftar Kartu Prakerja 2023

Prakerja  – Pada saat pandemi Covid-19, banyak orang kehilangan pekerjaan atau mengalami penurunan pendapatan. Namun, pemerintah Indonesia tidak tinggal diam. Mereka menciptakan program bernama Kartu Prakerja untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan kemampuan dan kesempatan kerja.

Kartu Prakerja adalah sebuah program pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan keahlian masyarakat Indonesia, sehingga mereka dapat lebih mudah mendapatkan pekerjaan yang layak dan berpenghasilan tinggi. Program ini juga memberikan insentif berupa uang saku, sehingga masyarakat dapat fokus dalam mengikuti pelatihan tanpa harus khawatir dengan kebutuhan sehari-hari.

Pemerintah secara resmi membuka pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang ke-48 skema normal untuk 10.000 peserta mulai Jumat (17/2/2023) pukul 19.00 WIB.

Baca juga: Pemanfaatan Terbaik untuk Tanah Kosong 

Pinjaman Online

“Silakan calon peserta yang berusia 18 sampai 64 tahun mendaftar melalui www.prakerja.go.id secara mandiri, tanpa diwakilkan, dan tanpa joki. Jangan lupa klik gabung gelombang untuk mengikuti seleksi,” kata Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Jakarta, Jumat (17/2/2023).

Program Kartu Prakerja kali ini peserta dapat mengikuti pelatihan baik secara daring maupun campuran antara pelatihan daring dan langsung, sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden nomor 113 tahun 2022.

Rapat Komite Cipta Kerja, selaku pelaksana Program Kartu Prakerja, pada lalu telah memutuskan di 2023 program ini dijalankan dengan skema normal dan tidak lagi bersifat semi bansos. “Jadi lebih difokuskan pada peningkatan skill dengan porsi biaya pelatihan yang lebih tinggi dari insentif,” ujar Menko Airlangga.

Adapun kuota pelatihan dibatasi untuk 10 ribu peserta karena menyesuaikan dengan program yang bisa disediakan oleh lembaga pelatihan yang dikurasi oleh manajemen pelaksana Kartu Prakerja dengan jumlah yang masih terbatas. Ke depan, kuota peserta akan ditambah secara bertahap seiring dengan bertambahnya jumlah penyedia pelatihan.

Oleh karena itu, pemerintah mengajak lembaga pelatihan berkualitas untuk mengikuti seleksi penyedia pelatihan program Kartu Prakerja, terutama lembaga pelatihan di wilayah Indonesia tengah dan timur, seperti Pontianak, Makassar, Kupang, dan Jayapura.

Lembaga pelatihan yang ingin mendaftar menjadi penyedia program Kartu Prakerja dapat menghubungi platform digital yang telah bekerja sama dengan program Kartu Prakerja untuk mengikuti seleksi. Salah satunya platform milik pemerintah, yakni Siap Kerja.

Peserta pelatihan yang ingin menunggu program pelatihan yang lebih beragam dapat mendaftar di gelombang selanjutnya. Pasalnya, ada batas waktu pembelanjaan saldo pelatihan bagi peserta. Bagi peserta yang ingin mengikuti pelatihan yang lebih variatif, bisa bergabung di gelombang selanjutnya.

Mulai 2023, menurut rencana, pemerintah juga menyesuaikan besaran bantuan yang diterima peserta menjadi Rp4,2 juta per individu. Rinciannya berupa, bantuan biaya pelatihan sebesar Rp3,5 juta, insentif pascapelatihan Rp600 ribu yang akan diberikan sebanyak satu kali, serta insentif survei sebesar Rp100 ribu untuk dua kali pengisian survei.

Pada skema saat ini, peserta pelatihan Kartu Prakerja mendapat bantuan Rp3,55 juta dengan rincian bantuan biaya pelatihan sebesar Rp1 juta, insentif pascapelatihan Rp600 ribu yang akan diberikan sebanyak empat kali atau Rp2,4 juta yang diterima peserta serta insentif survei sebesar Rp150 ribu untuk tiga kali pengisian survei.

Berikut ini persyaratan untuk mendaftar Prakerja 2023:

  1. WNI yang dibuktikan melalui identitas diri berupa e-KTP (Kartu Tanda Penduduk);
  2. Minimal berusia 18 tahun;
  3. Tidak dalam belajar pada pendidikan formal, yaitu sekolah dan kuliah;
  4. Dalam proses melamar kerja, karyawan terdampak PHK, ingin meningkatkan keahlian, buruh dirumahkan, buruh bukan penerima upah, termasuk pula UMKM;
  5. Syarat daftar Prakerja 2023 berikutnya adalah bukan dari kelompok pejabat negara, ASN (Aparatur Sipil Negara), Kepolisian, TNI, kepala desa dan termasuk perangkat, serta direktur/komisaris atau dewan pengawas BUMN/BUMD;
  6. Dibatasi untuk dua anggota keluarga dalam satu Kartu Keluarga (KK) yang sama.

Cara Daftar Prakerja 2023

prakerja

  1. Mengunjungi portal https://dashboard.prakerja.go.id/daftar;
  2. Daftarkan data diri yang terdiri dari alamat email, NIK (Nomor Induk Kependudukan), nomor KK, foto KTP, dan nomor HP aktif;
  3. Klik alamat link verifikasi melalui email;
  4. Masuk (login) menggunakan email;
  5. Cara daftar Prakerja 2023 selanjutnya ialah mengikuti tes kemampuan dasar;
  6. Tunggu pembukaan gelombang, lalu klik “Gabung Gelombang”;
  7. Penyelenggara akan melaksanakan proses evaluasi dan pengumuman kelulusan.

Pastikan untuk mengikuti informasi terkini program Kartu Prakerja melalui laman prakerja.go.id dan akun instagram resmi @prakerja.go.id.

Apa itu Kartu Prakerja?

Kartu Prakerja adalah program pemerintah yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo. Program ini memberikan pelatihan dan insentif kepada masyarakat Indonesia agar dapat meningkatkan kemampuan dan kesempatan kerja. Kartu Prakerja memberikan insentif berupa uang saku senilai Rp 3,55 juta selama empat bulan pelatihan.

Siapa yang dapat mengikuti program Kartu Prakerja? Program Kartu Prakerja dapat diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia yang telah berusia 18 tahun ke atas dan belum memiliki pekerjaan tetap. Program ini juga terbuka bagi pekerja informal dan pekerja dengan pendapatan rendah yang ingin meningkatkan keterampilan dan keahlian mereka.

Apa saja pelatihan yang ditawarkan Kartu Prakerja?

Program Kartu Prakerja menawarkan beragam pelatihan bagi peserta yang ingin meningkatkan keterampilan dan kesempatan kerja. Berikut adalah beberapa pelatihan yang ditawarkan Kartu Prakerja:

  1. Pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pelatihan ini mencakup pelatihan tentang penggunaan komputer, pemrograman, desain grafis, pengembangan aplikasi, dan sebagainya.
  2. Pelatihan Kewirausahaan Pelatihan ini mencakup pelatihan tentang bisnis dan kewirausahaan, seperti manajemen bisnis, pengelolaan keuangan, pemasaran, dan sebagainya.
  3. Pelatihan Bahasa Inggris Pelatihan ini mencakup pelatihan tentang kemampuan berbahasa Inggris, seperti tata bahasa, kosakata, dan keterampilan berbicara.
  4. Pelatihan Keterampilan Lainnya Kartu Prakerja juga menawarkan berbagai pelatihan tentang keterampilan lainnya, seperti keterampilan kreatif, keterampilan interpersonal, keterampilan kepemimpinan, dan sebagainya.

Peserta dapat memilih pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka. Setiap program pelatihan berlangsung selama empat bulan dan peserta akan mendapatkan sertifikat setelah menyelesaikan program pelatihan.

Dengan menawarkan beragam pelatihan yang bermanfaat dan relevan, program Kartu Prakerja membantu peserta meningkatkan keterampilan dan kemampuan mereka, sehingga dapat meningkatkan kesempatan kerja dan berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Bagaimana keberhasilan program Kartu Prakerja?

Program Kartu Prakerja telah membantu banyak masyarakat Indonesia dalam meningkatkan keterampilan dan kesempatan kerja. Hingga September 2023, lebih dari 13,5 juta orang telah mendaftar dan lebih dari 9,5 juta peserta telah menyelesaikan program pelatihan.

Beberapa peserta juga berhasil mendapatkan pekerjaan baru setelah mengikuti pelatihan, seperti contohnya, Novita, salah satu peserta pelatihan yang berhasil mendapatkan pekerjaan sebagai seorang editor foto di sebuah perusahaan fotografi setelah mengikuti pelatihan desain grafis.

Selain itu, Kartu Prakerja juga membantu mendorong pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan keterampilan dan keahlian masyarakat. Program ini juga membuka kesempatan bagi lembaga-lembaga pelatihan dan industri untuk berkembang dan menghadirkan program-program pelatihan yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan pasar.

Program Kartu Prakerja telah membuktikan keberhasilannya dalam membantu masyarakat Indonesia meningkatkan kemampuan dan kesempatan kerja. Program ini tidak hanya memberikan pelatihan dan insentif kepada peserta, tetapi juga membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan lembaga-lembaga pelatihan dan industri di Indonesia. Oleh karena itu, jika Anda adalah seorang yang ingin meningkatkan kemampuan dan kesempatan kerja, jangan ragu untuk mendaftar dan mengikuti program Kartu Prakerja.

Artikel terkait

Back to top button