Umum

Doa Qunut Arab dan Latin Subuh, Nazilah Lengkap serta Artinya

Doa Qunut – Doa qunut adalah doa yang dibaca pada saat sebelum sujud terakhir dalam shalat subuh (shalat Fajar). Doa ini dibaca setelah takbir keempat dan sebelum ruku’ (sujud pertama). Doa qunut merupakan salah satu dari beberapa doa sunnah yang dianjurkan dibaca setelah takbir keempat dalam shalat subuh.

Doa qunut merupakan doa yang sangat penting dalam agama Islam. Dalam doa ini, seseorang memohon kepada Allah SWT untuk perlindungan, keselamatan, kebahagiaan, dan keberkahan hidupnya. Doa qunut juga dapat digunakan untuk memohon kepada Allah SWT agar diberikan kesabaran dan kekuatan dalam menghadapi masalah yang dihadapi.

Doa qunut dapat dibaca dalam bahasa Arab atau dalam bahasa lokal. Namun, dianjurkan untuk membacanya dalam bahasa Arab agar lebih utuh dan maknanya. Beberapa kalimat yang sering dibaca dalam doa qunut adalah “Allahumma ihdini fiman hadayta, wa ‘afini fiman ‘afayta, wa tawallani fiman tawallayta, wa baarik li fimaa a’atayta, wa qini sharra maa qadayta, innaka taqdi wa la yuqda ‘alayk” yang artinya “Ya Allah, berilah petunjuk kepada orang yang Engkau beri petunjuk, dan karuniakan keberkahan kepada orang yang Engkau beri keberkahan, dan sertakan aku dalam golongan orang yang Engkau sertakan, dan berikan keberkahan kepadaku dalam apa yang Engkau berikan, dan hindarilah aku dari keburukan apa yang Engkau tetapkan, sesungguhnya Engkau Maha Menentukan, tidak ada yang dapat menentukan selain Engkau”.

Doa qunut merupakan doa yang dianjurkan untuk dibaca setelah takbir keempat dalam shalat subuh. Namun, sebagian ulama menyatakan bahwa doa qunut juga dapat dibaca dalam shalat lain seperti shalat witir. Namun, tetap dianjurkan untuk dibaca setelah takbir keempat dalam shalat subuh.

Pinjaman Online Baca juga: Erek erek 2d Bergambar Lengkap

Sejak zaman dahulu hingga sampai pada saat ini banyak kalangan muslimin yang berbeda pendapat terkait dengan Do’a Qunut.

Bahkan hal ini memicu perselisihan yang cukup sengit padahal masih didalam satu naungan masjid. Tentunya hal tersebut tidak bagus apabila sampai membuat permusuhan di antara sesama muslim.

Bagi anda umat muslim yang paham akan agama tentunya hal demikian tidak akan membuat dirinya goyah. Apalagi sampai berdebat yang dapat menimbulkan permusushan.

Oleh karenanya artikel ini akan memberikan sedikit pemahaman kepada kita seluruh terkait do’a qunut.

Penjelasan Tentang Do’a Qunut

Doa Qunut
Bacaan Doa Qunut

Do’a Qunut adalah merupakan sebuah amalan sunnah yang dibaca pada saat shalat. Bahkan menurut ulama bermazhab Syafi’i do’a qunut termasuk sunnah ab’ad.

Yakni apabila kalangan muslimin meninggalkan atau tidak membaca do’a qunut maka diwajibkan sujud syahwi.

Terutama pada shalat subuh serta shalat sunnah witir dipertengahan hingga akhir bulan suci ramadhan.

Nabi Muhammad SAW melakukan Do’a Qunut tergantung dari keadaan pada masa itu. Banyak hadist yang meriwayatkan bahwa Rosulullah Saw juga pernah membaca Do’a Qunut disetiap shalat 5 waktu.

Lafazd Doa Qunut Arab, Latin Serta Terjemah

Lafazd doa qunut terdapat dua versi yang panjang terdapat juga yang pendek, semuanya dapat dibaca pada saat shalat subuh. Bagi kalangan muslimin tidak harus terdapat perdebatan sesuai selera ingin pilih yang mana.

Berikut lafazd do’a qunut yang panjang serta yang pendek :

Lafazd Arab Do’a Qunut Versi Panjang serta Artinya

do'a-qunut-versi-panjang

Bacaan latin : Allahummah dinii fii man haadaiit, Wa ‘aafinii fiiman ‘aafait, wa tawallanii fii man tawallaiit, Wa baarik lii fii ma a’thaiit, Wa qinni birohmatika syarra maa qadhaiit, Fa innaka taqdhi wa la yuqdha ‘alaiik, Wa innahu la yazillu man wa lait, Wa la ya’izzu man ‘adait, Tabarakta rabbana wa ta’alait, Fa lakal hamdu a’la ma qadhait, Astagfiruka wa atubu ilaik, Wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin Nabiyyil ummiyyi Wa ‘ala alihi Wa shahbihi Wa sallam.

Artinya : “Ya Allah berilah aku petunjuk sebagaimana mereka yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan sebagaimana mereka yang telah Engkau berikan kesehatan. Peliharalah diriku sebagaimana orang-orang yang sudah Engkau lindungi. Berikanlah keberkahan untukku dari apa yang sudah Engkau berikan. Selamatkanlah diriku dari bahaya kejahatan yang sudah Engkau tentukan. Engkaulah yang berhak menghukum serta bukan dihukum. Tak akan hina orang yang telah Engkau jadikan pemimpin. Tak mulia orang yang telah Engkau musuhi. Maha Suci Engkau duhai Tuhan kami serta Nan Maha Tinggi. Bagi-Mu seutuhnya pujian di atas apa yang telah Engkau tentukan. Diriku memohon ampun kepada-Mu serta menyatakan bertaubat kepada-MU. Semoga engkau ya Allah mencurahkan rahmat serta karuniamu atas junjungan kami Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, keluarga, serta seluruh para sahabatnya.”

Lafazd Arab Doa Qunut Subuh Pendek Sendiri

do'a-qunut-versi-pendek

Bacaan latin : Allahummah dinii fii man hadaiits, wa ‘aafiinii fii man ‘aafaits, wa tawallanii fii man tawallaits, Wa baarik lii fii maa a’thaits, Wa qi nii birohmatika syarra maa qadlaits, Fa innaka taqdli wa laa yuqdlaa ‘alaik, Wa innahuu laa yadzillu man waalaits, Tabaarakta rabbanaa wa ta’aalaits.

Baca juga :  Rebahin Apk Terbaru 2023 Nonton Film Gratis

Artinya : “Ya Allah, berilah kepadaku petunjuk di antara orang-orang yang Engkau beri petunjuk, berikanlah kesejahteraan untukku di antara orang-orang yang Engkau beri kesejahteraan, tolonglah diriku di antara orang-orang yang kau beri pertolongan, berikanlah keberkahan untukku dari apa-apa yang telah Engkau berikan kepadaku, serta peliharalah diriku aku dari seluruh keburukan yang telah Engkau putuskan, dikarenakan sesungguhnya Engkau yang berhak memutuskan serta tidak diputuskan atasMu, serta tidak terdapat kehinaan kepada orang yang sudah Engkau tolong, Mahasuci Engkau duhai Tuhan kami, yang lagi Maha Tinggi.”

Baca juga: Gambar Bunga Indah dan Cara Mewarnainya

Macam-macam Do’a Qunut

Do’a Qunut yang kerap disampaikan oleh para ustad saat berceramah terdapat dua macamnya. bagi anda muslimin hal tersebut wajib tahu agar dapat membedakan antara kedua tersebut.

Adapun dua macam do’a qunut yang harus diketahui oleh kalangan muslimin adalah merupakan sebagai berikut :

Qunut Nazilah

Qunut Nazilah adalah merupakan bacaan doa qunut yang dikerjakan oleh kalangan muslimin pada saat terjadi bencana. Mazhab imam Syafi’i menyatakan bahwa Qunut Nazilah sunnah dibaca desetiap shalat lima waktu.

baik shalat berjama’ah maupun shalat sendirian, apabila shalat berjama;ah maka makmum cukup ikuti imam. Prakteknya adalah merupakan pada saat setelah ruku’ terakhir.

Dinegara kita indonesia pernah juga melaksanakan Qunut Nazilah yakni pada saat terjadinya wabah virus covid 19.

Para ulama’ serta juga MUI menyetujui hal tersebut meganjurkan anda muslimin untuk mendawamkan Qunut Nazilah.

Sebagaimana sabda Nabi SAW

إِنَّمَا قَنَتَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَعْدَ الرُّكُوعِ شَهْرًا أُرَاهُ كَانَ بَعَثَ قَوْمًا يُقَالُ لَهُمْ الْقُرَّاءُ زُهَاءَ سَبْعِينَ رَجُلًا إِلَى قَوْمٍ مِنْ الْمُشْرِكِينَ دُونَ أُولَئِكَ وَكَانَ بَيْنَهُمْ وَبَيْنَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَهْدٌ فَقَنَتَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ شَهْرًا يَدْعُو عَلَيْهِمْ

Artinya :

“Rasulullah SAW pernah membaca doa qunut satu bulan penuh sambil mendoakan salah satu penduduk wilayah Arab,” (HR Abu Dawud dan Ibnu Lahi’ah).

Hal tersebut terjadi dikarenakan pada zaman itu terdapat banyak bencana seperti tragedi ar-Raji serta Bir Mau’nah yang membuat anda muslimin tertindas.

Selain itu sebagian ulama sufi juga menganjurkan untuk terus mendawamkan Qunut Nazilah walaupun negara baik-baik saja.

Baca juga :  Doa Makan Kurma Muda Untuk Promil Sesuai Anjuran Rasulullah

Dikarenakan menurut sebagian ulama’ sufi malapetaka sebenarnya adalah merupakan kekafiran pada hati manusia serta ini harus dihilangkan dengan wasilah bacaan Qunut Nazilah.

Qunut Subuh

Didalam kitab Al-Azkar dikatakan bahwa do’a qunut pada saat shalat subuh itu disunnahkan.

Sesuai dengan hadits Rosulullah SAW shahih di jelaskan bahwa Beliau telah membaca do’a qunut terus sampai dengan beliau meninggalkan alam dunia.

Diperkuat dengan hadits yang di riwayatkan hakim abu abdullah di dalam kitab arba’in dikatakan bahwa hadits tersebut shahih.

Adapun menurut Imam An-Nawawi do’a qunut saat shalat subuh adalah merupakan sunnah muakkad. Yakni kalau ditinggalkan tidak membatalkan shalat akan tetapi di anjurkan sujud syahwi.

Hadits Tentang Do’a Qunut

Hadis tentang do’a qunut pada shalat subuh sudah jelas sebagaimana dijelaskan oleh para ulama’ bermazhab syafi’i.

Hadits Ke 1

عَنْ مُحَمّد قَال: قُلْتُ لِأََنَس: هَلْ قَنَتَ رَسُولُ اللّهِ صلّى اللهُ عليْه وسلّمَ فِي صَلاةِ الصّبْحِ؟ قالَ: نعَمْ بعْدَ الركوعِ يسِيرًا. رواه مسلم

Artinya: Dari Muhammad bin Sirin, ia bertanya kepada Anas bin Malik: Apakah Rasulullah qunut saat shalat Subuh? Anas menjawab: Ya, setelah ruku’, sedikit (dengan selisih waktu yang sebentar). (HR Muslim).

Hadits Ke 2

مَازَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْنُتُ فِي الْفَجْرِ حَتَّى فَارَقَ الدُّنْيَا

Artinya : Dari Anas bin Malik, ia berkata: “Senantiasa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berqunut pada shalat Shubuh sehingga beliau berpisah dari dunia (wafat).”

Hadits yang kedua ini diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaq, ath-Thahawi, Imam Ahmad, Ibnu Abi Syaibah, ad-Daruquthni, al-Hakim serta lainnya.

Hadits Ke 3

قَنَتَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأ َبُوْبَكْرٍ وَعُمَرُ وَعُثْمَان رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ (وَأَحْسَبُهُمْ قَالَ: رَابِع) حَتَّى فَارَقَهُمْ.أخرجه الدارقطني والبيهقي وقال: لا نحتجّ بإسماعيل ولا بعمرو

Artinya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah qunut, begitu juga Abu bakar, Umar, Utsman sampai meninggal dunia.

Hadits yang ketiga ini diriwayatkan oleh Ad-Daruquthni serta Al-Baihaqi Radiyallahu ‘anha.

Penutup

Demiklianlah penjelasan singkat terkait Doa Qunut, Lafazd Doa Qunut, Macam-macam Doa Qunut, Berikut hadits serta penjelasan dari yang meriwayatkan.

Dalam mengamalkan doa qunut, sebaiknya kita memahami makna dari doa tersebut, serta kita harus ikhlas dan tulus dalam memohon kepada Allah SWT. Semoga dengan mengamalkan doa qunut, kita dapat selalu mendapatkan pertolongan dan perlindungan dari Allah SWT.

Secara keseluruhan, doa qunut merupakan doa yang sangat penting dalam agama Islam. Doa ini dianjurkan untuk dibaca setelah takbir keempat dalam shalat subuh, sebagai bentuk dari ketaatan dan kerendahan hati kita kepada Allah SWT. Semoga dengan mengamalkan doa qunut, kita dapat selalu dalam keadaan sejahtera dunia dan akhirat.

Artikel terkait

Back to top button