Umum

Contoh Gambar Pointilis dan Penjelasan Teknik Membuatnya

Gambar Pointilis – Gambar Pointilis adalah salah satu jenis seni lukis yang menonjolkan teknik pewarnaan yang unik dan menarik. Teknik ini dikembangkan oleh Georges Seurat dan Paul Signac pada akhir abad ke-19, yang membuat gambar dengan menggunakan titik-titik kecil warna-warna tertentu. Karya-karya yang diciptakan menggunakan teknik ini dapat memberikan kesan yang lebih hidup dan natural ketika dilihat dari jarak jauh.

Pointillism mengutamakan penggunaan warna yang tepat untuk menciptakan suasana tertentu dalam gambar. Pelukis pointillis akan menggunakan berbagai macam warna untuk menciptakan kesan yang berbeda-beda. Namun, teknik ini memerlukan keahlian yang cukup baik dalam mengontrol warna dan teknik lukis. Sebab, setiap titik warna yang digunakan harus sesuai dengan warna yang digunakan di sekitarnya dan harus ditempatkan dengan tepat untuk menciptakan ilusi garis atau bentuk yang diinginkan.

Selain itu, teknik Pointillism juga menciptakan efek optik yang unik ketika gambar dilihat dari jarak jauh. Warna-warna yang digunakan dalam teknik ini akan saling berinteraksi dan membentuk ilusi baru ketika dilihat dari jarak jauh. Efek ini dikenal sebagai efek optik, di mana warna-warna yang digunakan akan saling mempengaruhi satu sama lain dan menciptakan kesan baru yang tidak dapat dilihat ketika dilihat dari dekat.

Karya-karya yang diciptakan menggunakan teknik Pointillism seringkali dianggap sebagai karya seni yang unik dan menarik. Oleh karena itu, teknik ini masih sering digunakan oleh pelukis hingga saat ini dan dianggap sebagai salah satu teknik lukis yang menantang dan memerlukan keahlian yang cukup baik. Seniman yang mempergunakan teknik pointilis memiliki imajinasi yang tinggi dan kemampuan yang cukup baik dalam mengontrol warna. Kali ini kita akan membahas mengenai contoh gambar Teknik pointilis, simak penjelasan berikut ini.

Pinjaman Online Baca juga: Erek erek 2d Bergambar Lengkap
Baca juga :  Cara Memperoleh CK-769 Diamond di Free Fire

Baca juga: Sketsa Gambar Bunga Matahari yang Mudah Di Tiru

GAMBAR POINTILIS

Teknik pointilis bisa menerapkan serta menyusun titik kecil dengan menentukan gelap terang objek. Apabila untuk gelap titik cenderung lebih banyak sedangkan untuk memberi kesan terang jarang titik nya. Titik-titik yang disusun sedemikian rupa sehingga warna yang dihasilkan akan bercampur dengan visible sehingga memberikan kesan lebih halus.

Rona yang di gunakan dalam membuat objek pointilis adalah merupakan warna-warna yang tidak tercampur. Teknik ini membuat warna yang di baurkan oleh mata pengamat serta hasil akan jauh berbeda. Sehingga gambar ini akan berbeda kalau di dilihat secara dekat maupun jauh.

Contoh Gambar Pointilis

Berikut ini terdapat sejumlah contoh gambar pointilis antara lain:

      

Baca Juga: Contoh Gambar Pemandangan Alam yang Mudah Ditiru

Contoh Gambar Pointilis Bunga

Di sekolah-sekolah umumnya para siswa mempergunakan objek bunga untuk membuat gambar pointilis dari tugas mereka. Ini dia contoh-contoh gambar bunga mempergunakan teknik pointilis

1. Bunga di Alam Bebas

gambar pointilisme bunga indah
sumber: pinterest.com

Nan pertama adalah gambar bunga di alam bebas. Ini bukan judul gambar yang sebenarnya tapi saya yang memberikan judul sendiri dikarenakan tidak tahu judul aslinya. Apabila dilihat dari gambar bunga di atas, penciptanya sudah pasti sangat telaten dalam membuat gambar tersebut. Disitu tampak sangat banyak terdapat titik-titik kecil serta mempunyai warna yang berbeda-beda adalah hijau, ungu, kuning, jingga, biru yang menyatu sehingga terbentuklah gambar bunga yang indah.

Baca juga :  Kata Kata Motivasi Hidup Terbaik Supaya Diri Kamu Lebih Semangat

2. Bunga dalam Pot

gambar pointilis bunga berwarna
sumber: pointilism-in-art.org

Berbeda dari gambar sebelumnya, gambar di atas mempergunakan titik-titik yang lebih besar untuk menciptkan gambar bunga dalam pot. Media yang dipergunakan juga berbeda adalah mempergunakan cat minyak. Dari kumpulan titik-titik yang diciptakan terciptalah objek bunga dalam pot dengan sangat banyak warna-warna yang kompleks.

3. Bunga Hitam Putih Sederhana

gambar pointilis bunga pensil
sumber: daniihphotography.tumblr.com

Saya beri judul bunga hitam putih sederhana dikarenakan gambar ini hanya dibikin mempergunakan warna hitam serta hanya terdapat satu objek adalah bunga itu sendiri. Berbeda dari dua gambar di sebelumnya yang mempunyai warna yang beragam, gambar di atas hanya mempergunakan satu jenis warna adalah hitam. Kamu pun bisa mencoba untuk membuat seperti gambar di atas dengan mempergunakan media pensil, spidol atau bolpoin.

Contoh Gambar Pointilis Hewan

1. Katak Kulit Jeruk

pointilis katak
sumber: peppered-oni.devianart.com

Dari gambar di atas tampak sangat banyak titik-titik yang menyusun gambar katak tersebut. Naluri kreatif si pembuat gambar juga tampak dari ide untuk membuat katak yang terkelupas kulitnya. Kulit yang terkelupas tersebut mirip dengan kulit jeruk yang sudah dikupas. Jadi dari gambar itu tercipta gabungan antara katak serta kupasan kulit jeruk.

2. Merak

gambar pointilis merak
sumber: pinterest.com

Dari titik-titik yang dibikin, terbentuklah gambar hewan merak yang indah. Berbeda dari gambar katak, gambar merak ini titik-titik yang dibentuk tampak lebih longgar. Walaupun begitu, tetap tercipta gambar merak yang indah dengan paduan warna biru, hijau serta merah.

3. Kumbang Hitam Putih

gambar pointilis hewan kumbang
sumber: flickr.com

Walaupun hanya mempergunakan satu jenis warna, akan tetapi gambar kumbang di atas tampak sangat keren. Kelihatannya juga sederhana, akan tetapi sebenarnya untuk membuat gambar ini membutuhkan sebuah kebiasaan serta keterampilan yang tinggi.

4. Macan Hitam Putih

gambar macam pointilisme
sumber: shippou-ookami.deviantart.com

Contoh gambar pointilis hitam putih hewan yang satu ini kumpulan titik-titiknya tampak sangat rapat sekali sehingga menciptakan gambar macan yang sangat perinci. Bahkan kalau anda memperhatikannya dari jarak jauh akan tampak seperti gambar yang dibikin bukan mempergunakan teknik pointilisme.

Baca juga :  Daftar Situs Penerjemah Inggris-Indonesia Selain Google Translate

Baca juga: Buku Mimpi 2D 3D 4D Dan Erek Erek Bergambar Terlengkap

Contoh Gambar Pointilis Buah

Selain bunga, buah-buahan juga kadang dijadikan pilihan para siswa di sekolah untuk membuat tugas menggambar pointilisme di sekolah. Ini disebabkan buah serta bunga relatif lebih mudah dibikin dibandingkan dengan hewan yang mempunyai tingkat kerumitan lebih tinggi.

1. Kumpulan Buah

pointilis buah
sumber: pinterest.com

Tampak kumpulan buah seperti apel, pisang, jeruk serta buah-buah lainnya yang tidak saya ketahui namanya pada gambar di atas. Titik-titik yang dibikin sangat rapat sehingga tercipta perinci yang sangat jelas pada buah-buah yang digambar.

2. Buah, Buku, Cangkir dan Botol

gambar pointilis buah dengan barang-barang
sumber: pinterest.com

Contoh selanjutnya adalah gambar pointilis buah dengan buku, botol serta cangkir. Kamu dapat mencoba gambar ini dikarenakan tingkat kerumitannya tidak terlalu tinggi. Memperoleh dilihat dari titik-titik yang diciptakan tidak terlalu rapat. Kamu dapat membuatnya mempergunakan spidol warna-warni atau pensil warna yang banyak dijual di toko buku terdekat.

3. Dua Buah Pir Hitam Putih

pointilis buah hitam putih
sumber: tes.com

Gambar 2 buah pir di atas tampak sangat sederhana serta hanya mempergunakan satu jenis warna saja. Penambahan efek bayangan membuat tampak lebih realistis.

4. Apel, Pir dan Anggur

gambar buah pointilis hitam putih
sumber: angelsora421.deviantart.com

Sama seperti gambar sebelumnya, gambar ini tidak menambahkan atribut lain selain buah apel, pir serta anggur. Pemberian efek bayangan yang diletakkan di belakang apel memberikan kesan bahwa buah-buah tersebut diletakkan dekat dengan sebuah tembok.

Itulah dia berbagai contoh gambar pointilis yang dapat dijadikan inspirasi untuk anda dalam mengerjakan tugas atau sekedar sebagai hobi anda dalam menggambar. Semoga berguna

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kamu memiliki apa yang kamu cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Apabila artikel kami sangat membantu kamu kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita memiliki apa yang kita ingin. Terdapat kolom komentar di bawah, kamu bisa bertanya, memberi respon terkait artikel ini, serta dapat juga memberikan saran bagi penulis kami. Thanks a lot, see you next artikel.

Artikel terkait

Back to top button