Umum

10 Kota Tertua di Indonesia dan Sejarah Berdirinya

Kota Tertua di Indonesia – Indonesia mempunyai sejarah panjang sebelum merdeka saat ini. Kamu seluruh pasti sudah hafal jika Indonesia merdeka sejak 17 Agustus 1945. Sehingga jika dihitung, saat ini usia Indonesia sudah 77 tahun. Akan tetapi, jauh sebelum dikatakan merdeka, wilayah-wilayah Indonesia sudah jauh terdapat serta berdiri lebih dulu.

Salah satu bukti sejarah panjang tersebut adalah dengan terbentuknya kota-kota yang sampai saat ini mengalami pergantian nama. Contoh paling mudahnya adalah Kota Jakarta yang dulunya bernama Batavia. Sejumlah kota di Indonesia mempunyai usia yang jauh lebih tua dari sebelum Indonesia merdeka.

Sejumlah di antaranya sudah berumur ribuan tahun serta menjadi pusat pemerintahan kerajaan di masa lalu. Berikut ini adalah daftar sepuluh kota tertua di Indonesia yang dirangkum dari berbagai sumber. Apakah kota Kamu termasuk salah satunya?

  1. Kota Palembang
  2. Kota Salatiga
  3. Kota Kediri
  4. Kota Magelang
  5. Kota Banda Aceh
  6. Kota Surabaya
  7. Kota Baubau
  8. Kota Ambon
  9. Kota Tegal
  10. Kota Padang

1. Kota Tertua di Indonesia: Palembang

Kota ini setidaknya berumur 1.337 tahun dari catatan prasasti. Sumber: Wallpaper Flare

Kota Palembang berdasarkan histori adalah merupakan kota tertua di Indonesia. Berdasarkan perhitungan dari prasasti Sriwijaya yang di kenal sebagai prasasti Kedudukan Bukit, kota yang di kenal dengan makanan khasnya pempek ini telah berumur setidaknya 1337 tahun berdasarkan Prasasti yang berangka tahun 16 Juni 682. Pada saat itu oleh penguasa Kerajaan Sriwijaya didirikan Wanua di wilayah yang sekarang di kenal sebagai kota Palembang.

Pinjaman Online Baca juga: Erek erek 2d Bergambar Lengkap

Menurut topografinya, kota Palembang sekelilingnya dikelilingi oleh air, bahkan terendam oleh air. Air tersebut bersumber baik dari sungai maupun rawa, juga air hujan. Dikarenakan kondisi inilah maka nenek moyang orang-orang dikota ini menamakan kota ini sebagai Pa-lembang yang dalam bahasa melayu Pa atau Pe sebagai kata tunjuk suatu tempat atau kondisi sedangkan lembang atau lembeng artinya adalah tanah yang rendah, lembah akar yang membesar dikarenakan lama terendam oleh air (menurut kamus melayu).

Sedangkan jika menurut bahasa melayu-Palembang, lembang atau lembeng adalah merupakan genangan air. Jadi Palembang adalah suatu tempat yang di genangi oleh air. Kondisi alam ini bagi nenek moyang orang-orang Palembang menjadi modal bagi mereka untuk memanfaatkannya. Air menjadi sarana transportasi yang sangat vital, ekonomis, efisien serta punya daya jangkau serta punya kecepatan yang tinggi.

2. Kota Tertua di Indonesia: Salatiga

Hari jadi Kota Salatiga dibakukan, yakni tanggal 24 Juli tahun 750 Masehi. Sumber: Wikipedia

Terdapat sejumlah sumber yang dijadikan dasar untuk mengungkapkan asal-usul Salatiga. Pertama, yang berasal dari cerita rakyat, prasasti, maupun penelitian serta kajian yang cukup perinci. Dari sejumlah sumber tersebut Prasasti Plumpungan-lah yang dijadikan dasar asal-usul Kota Salatiga. Berdasarkan prasasti ini Hari Jadi Kota Salatiga dibakukan, yakni tanggal 24 Juli tahun 750 Masehi ditetapkan dengan Peraturan Wilayah Tingkat II Nomor 15 Tahun 1995 Tentang Hari Jadi Kota Salatiga.

Kota Salatiga mempunyai slogan Salatiga hati beriman. Sedangkan yang paling dikenal adalah sebagai kota pendidikan, olah raga, perdagangan, serta transit pariwisata. Sebagai kota transit pariwisata disamping sebagai kota pendidikan serta olahraga, dikarenakan kota Salatiga terletak di tengah-tengah kabupaten semarang serta dikelilingi Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, Pegunungan Gajah Mungkur serta Gunung Ungaran, sehingga para wisatawan domestik diharapkan akan singgah di Salatiga.

Baca juga :  Berangan tentang Kota Melek Air

3. Kota Tertua di Indonesia: Kediri

Kota Kediri berumur 1142 tahun. Sumber: Wikipedia

Kota Kediri lahir pada tanggal 27 Juli 879. Jadi, pada 2022, Kota Kediri berumur 1142 tahun. Dari sisi usia Kota Tahu Takwa ini sudah cukup senior di antara kota-kota lain di Jawa Timur. Sementara itu, Kota Kediri berdiri sebagai pemerintahan wilayah (kota) berdasarkan UU nomor 16 Tahun 1950. Apabila mengacu pada UU tentang pembentukan Pemerintah Kota Kediri tersebut, saat ini Kota Kediri berumur 72 tahun.

Kota Kediri dengan sapaan terkenal Kota Tahu mempunyai semboyan gagah perkasa. Djojo ing Bojo. Semboyan ini mempunyai makna ”Mengalahkan Marabahaya”. Hingga kini, kota ini berkembang bersamaan meningkatnya kualitas dalam berbagai aspek, adalah pendidikan, pariwisata, perdagangan, birokrasi pemerintah, hingga olahraga.

Industri rokok Gudang Garam yang berada di kota ini, menjadi penopang kebanyakan perekonomian warga Kediri, yang sekaligus adalah merupakan perusahaan rokok terbesar di Indonesia. Di bidang pariwisata, kota ini memiliki beragam tempat wisata, seperti Kolam Renang Pagora, Water Park Tirtayasa, Dermaga Jayabaya, Goa Selomangleng, serta Taman Sekartaji. Di area sepanjang Jalan Dhoho menjadi pusat pertokoan terpadat di Kediri.

Sejumlah kota di Indonesia mempunyai usia yang jauh lebih tua dari sejak Indonesia merdeka. Sejumlah di antaranya sudah berumur ribuan tahun serta menjadi pusat pemerintahan kerajaan di masa kemudian.

4. Kota Tertua di Indonesia: Magelang

Magelang, sebagai salah satu kota tertua di Indonesia memiliki hari jadi pada 11 April 907 Masehi. Sumber: Magelangkota

Magelang, sebagai salah satu kota tertua di Indonesia mempunyai hari jadi pada 11 April 907 Masehi. Usia tersebut didasarkan dari Prasasti POH, Prasasti Gilikan, serta Prasasti Mantyasih. Ketiganya adalah merupakan prasasti yang ditulis di atas lempengan tembaga. Nama Magelang sendiri bertolak belakang dari berbagai sumber, seperti cerita rakyat, dongeng, legenda serta sebagainya.

Terdapat yang berpendapat bahwa nama Magelang itu berasal dari kisah datangnya orang Keling (Kalingga) ke Jawa yang mengenakan hiasan gelang di hidungnya. Kata gelang mendapat awalan “ma” yang menyatakan kata kerja memakai atau mempergunakan, maka berarti “memakai gelang”. Jadi Magelang berarti wilayah yang didatangi orang-orang yang mempergunakan atau memakai gelang.

Adalagi yang berpendapat bahwa Magelang itu berasal dari kisah dikepungnya Kyai Sepanjang oleh prajurit Mataram secara “temu gelang” atau rapat berbentuk lingkaran. Terdapat pula yang mengaitkan nama Magelang itu dengan kondisi geografis wilayah Kedu “cumlorot” yang ternyata semakna dengan kata gelang.Adalagi yang berpendapat bahwa Magelang itu berasal dari kisah dikepungnya Kyai Sepanjang oleh prajurit Mataram secara “temu gelang” atau rapat berbentuk lingkaran. Terdapat pula yang mengaitkan nama Magelang itu dengan kondisi geografis wilayah Kedu “cumlorot” yang ternyata semakna dengan kata gelang.

Baca juga :  Daftar Barang yang Harus Ada di Seserahan Pernikahan

Begitulah Magelang, yang setelah itu berkembang menjadi kota selanjutnya menjadi ibukota Karesidenan Kedu serta juga pernah menjadi ibukota kabupaten Magelang. Setelah masa kemerdekaan kota ini menjadi Kotapraja serta setelah itu Kotamadya serta di period Reformasi, sejalan dengan pemberian otonomi seluas-luasnya kepada wilayah, sebutan kota madya berganti menjadi kota.

5. Kota Tertua di Indonesia: Banda Aceh

Banda Aceh kini telah berusia 813 tahun. Sumber: Wikipedia

Kota ini dibangun oleh Sultan Johan Syah pada 1205 M, Banda Aceh kini telah berumur 813 tahun serta menjadi salah satu kota Islam tertua di Asia Tenggara.Banda Aceh adalah merupakan salah satu kota Islam Tertua di Asia Tenggara. Kota Banda aceh juga memerankan peranan penting dalam penyebaran islam ke seluruh Indonesia. Oleh dikarenakan itu, kota ini juga dikenal sebagai Serambi Mekkah.

Saat ini, Kota Banda Aceh diarahkan sebagai Pusat Kegiatan Nasional (PKN) sebagai pusat koleksi serta distribusi skala regional untuk produksi pertanian, pariwisata, serta perikanan laut. Kota Banda Aceh juga termasuk ke dalam Kawasan Strategis Nasional KAPET Banda Aceh Darussalam. Kemungkinan wisata yang terdapat di Kota Banda Aceh terdiri dari kemungkinan wisata alam, wisata jejak historis bencana tsunami, wisata religious, serta wisata sejarah serta jejak purbakala.

6. Kota Tertua di Indonesia: Surabaya

Surabaya sudah ada jauh sebelum zaman kolonial, berangka 1358 M dalam prasasti Trowulan I. Sumber: Rumah.com

Sejak awal berdirinya, kota ini mempunyai sejarah panjang yang terkait dengan nilai-nilai heroisme. Oleh dikarenakan itu, cerita Sejarah Kota Surabaya kental dengan nilai kepahlawanan. Nilai kepahlawanan tersebut salah satunya mewujud dalam peristiwa pertempuran antara Raden Wijaya serta Laskar Mongol pimpinan Kubilai Khan pada 1293. Begitu bersejarahnya pertempuran tersebut hingga tanggalnya diabadikan menjadi tanggal berdirinya Kota Surabaya hingga saat ini, adalah 31 Mei.

Bukti sejarah banyak menunjukkan bahwa Surabaya sudah terdapat jauh sebelum zaman kolonial, berangka 1358 M dalam prasasti Trowulan I. Dalam prasasti itu tercantum bahwa Surabaya (Churabhaya) masih berupa desa di tepian sungai Brantas sebagai tempat penyebrangan penting sepanjang sungai Brantas. Sementara itu, istilah Surabaya terdiri dari kata sura (berani) serta baya (bahaya), yang setelah itu secara harfiah diartikan sebagai berani menghadapi bahaya yang datang.

Surabaya akhirnya dijadikan sebagai ibu kota Provinsi Jawa Timur pada 1926. Kota Surabaya berkembang sangat pesat menjadi kota modern terbesar kedua setelah Jakarta.

7. Kota Tertua di Indonesia: Baubau

Kota ini berjuluk bumi seribu benteng. Sumber: Wikipedia

Kota Baubau adalah merupakan salah kota di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara.Baubau memperoleh status kota pada tanggal 21 Juni 2001 berdasarkan UU Nomor. 13 Tahun 2001.Pada Perda tersebut juga ditetapkan bahwa hari jadi Kota Baubau pada tanggal 17 Oktober 1541. Kota ini berjuluk bumi seribu benteng.

Kota Baubau, di Pulau Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara adalah merupakan salah satu kota prioritas dalam program kota pusaka Indonesia. Salah satu alasan di tetapkannya Baubau sebagai satu dari sepuluh kota prioritas dalam program tersebut adalah kota ini mempunyai kekayaan budaya serta sejarah yang tinggi, baik yang wujud maupun tidak wujud. Banyak lanskap sejarah di kota ini yang merepresentasikan empat periode adalah pra kerajaan, kerajaan serta kesultanan, kolonial, serta pascakemerdekaan.

Lanskap sejarah yang mempunyai nilai prioritas yang tinggi antara lain lanskap Tembok Sorawolio, Keraton Buton, serta Baadia serta sambali.

Terdapat banyak kota tertua di Indonesia yang punya cerita menarik dibalik sejarah berdirinya, yang kini kian maju pesat baik dari sisi fasilitas maupun infrastruktur kawasannya.

Baca juga: Contoh Puisi Pendek Berbagai Tema

Baca juga :  Mengenal Ibu Kota Korea Selatan: Seoul

8. Kota Tertua di Indonesia: Ambon

Pendirian kota Ambon berawal dari orang-orang Portugis, yang saat itu sedang berada dalam konflik politik. Sumber: Unsplash

Sejarah kota Ambon di mulai pada saat kedatangan orang-orang Portugis membangun benteng di pulau ini sebagai tempat beraktivitas dalam perdagangan serta penyebaran agama. Pendirian kota Ambon berawal dari orang-orang Portugis, yang saat itu sedang berada dalam konflik politik dengan para penguasa kesultanan Ternate serta umat Islam di pantai utara Hitu. Berikut fakta sejarah Kota Ambon:

  • Tercatat, Orang-orang Portugis pertama yang pernah mendarat di Ambon adalah Francisco Serrao bersama delapan orang anak buah kapalnya pada 1512.
  • Dalam perkembangannya wilayah Kota Ambon kembali dibentuk berdasarkan surat Gubernur Provinsi Maluku tertanggal 1 Mei 1951 Nomor. 2056/1/Bg segala alat-alat pemerintahan Wilayah Maluku Selatan dulu ditarik ke atas, sambil menunggu pembentukan wilayah wilayah otonom di dalam wilayah itu.
  • Pada akhirnya, Kota Ambon dibentuk, sebagai suatu wilayah yang berhak mengatur serta mengurus rumah tangganya sendiri setingkat dengan Kota Akbar sebagaimana dimaksud dalam Undang-undang Nomor. 22 tahun 1948. Sehingga sampai tahun 1950 pemerintahan Wilayah di Kota Ambon dijalankan menurut ketentuan-ketentuan dalam Undang-undang Negara Indonesia Timur Nomor. 44 tahun 1950.

Baca juga: Snaptik untuk Download Video TikTok HD Tanpa Watermark

9. Kota Tertua di Indonesia: Tegal

Sejarah asal-usul terbentuknya Kota Tegal tidak lepas dari seorang tokoh yang bernama Ki Gede Sebayu. Sumber: Bkppd.tegalkota.go.id

Kota Tegal mulanya sebuah desa, namanya “Tetegual” yang pada tahun 1530 telah menunjukkan kemajuannya serta termasuk wilayah Kabupaten Pemalang yang mengakui Trah (Kerajaan) Pajang. Nama Tetegual diberikan seorang pedagang asal Portugis adalah Tome Pires yang singgah di Pelabuhan Tegal pada tahun 1500 –an, kata Tetteghal mempunyai arti tanah subur yang sanggup menghasilkan tanaman pertanian. Sejarah asal-usul terbentuknya Kota Tegal adalah tidak lepas dari seorang tokoh yang bernama Ki Gede Sebayu.

Namanya dikaitkan dengan trah Majapahit, dikarenakan sang ayah Ki Gede Tepus Rumput (kelak bernama Pangeran Onje) adalah merupakan keturunan Batara Katong Adipati Ponorogo yang masih punya kaitan dengan keturunan dinasti Majapahit. Kota ini mempunyai fokus pada bidang pertanian, tidak bisa dilepaskan dari kondisi wilayah serta akar kesejarahan tlatah Kabupaten Tegal yang mengembangkan kapasitasnya selaku wilayah agraris.

Baca juga: Ibu Kota Baru Indonesia Lengkap

10. Kota Tertua di Indonesia: Padang

Sebagai kota seni dan budaya, Padang dikenal dengan legenda Malin Kundang dan Siti Nurbaya. Sumber: Wikipedia

Apabila mau mengetahui sejarah Kota Padang maka terlebih dahulu harus mengenal sejarah Minangkabau. Adalah kira-kira pada abad ke-15 pada zaman Kerajaan Minangkabau dengan rajanya Adityawarman, saat itu Padang adalah merupakan pemukiman nelayan. Dalam tambo Minangkabau Padang di sebut sebagai wilayah rantau. Orang yang mula-mula datang berasal Kubung XIII Solok oleh Luhak Nan Tigo (Agam, Tanah Datar serta Limo Puluh Kota).

Akan tetapi ketika mereka sampai telah terdapat juga penduduk asli yang tidak beberapa orang, yang mereka sebut dengan orang-orang Rupit serta Tirau. Berarti dalam perluasan wilayah Kerajaan Minangkabau ini sebelum sampai ke Padang sebelumnya telah terdapat kelompok-kelompok masyarakat tersebut.

Padang menjadi wilayah persinggahan sebelum bertolak ke Aceh. Padang sebelum abad ke-17 tidak begitu penting bagi Kerajaan Minangkabau yang hanya menganggap sebagai wilayah rantau, bagi Kerajaan Aceh dikarenakan lebih terkonsentrasi di Pariaman dengan menempatkan seorang panglima yang diangkat oleh raja Aceh. Terus apa fakta menarik soal Kota Padang?

  • Saat ini, Kota Padang adalah kota terbesar di pantai barat Pulau Sumatera sekaligus ibukota dari Provinsi Sumatera Barat.
  • Kota ini adalah merupakan pintu gerbang barat Indonesia dari Samudra Hindia.
  • Padang adalah merupakan pusat pendidikan serta kesehatan di wilayah Sumatera bagian tengah, ditopang dengan keberadaan sejumlah perguruan tinggi serta fasilitas kesehatan.
  • Sebagai kota seni serta budaya, Padang di kenal dengan legenda Malin Kundang serta Siti Nurbaya, serta setiap tahunnya menyelenggarakan berbagai festival untuk menunjang area kepariwisataan.
  • Dalam kalangan masyarakat Indonesia, nama kota ini umumnya diasosiasikan dengan etnis Minangkabau serta masakan khas mereka yang umumnya di kenal sebagai masakan Padang.

Artikel terkait

Back to top button