Umum

Fungsi Tulang Hasta, Tulang Pengumpil dan Lengan Atas

Fungsi Tulang Hasta, Tulang Pengumpil dan Lengan Atas – Di dalam tubuh manusia, manusia mempunyai tulang atau otot yang berfungsi untuk bergerak. Apabila tidak memilikinya, maka manusia tidak bisa bergerak. Contohnya adalah tulang hasta, tulang pengumpil serta lengan atas.

Ketika tulang ini mempunyai fungsinya masing-masing dalam pergerakan tubuh manusia. Artikel ini akan membahas mengenai fungsi dari tulang hasta, tulang pengumpil serta lengan atas.

Fungsi Tulang Hasta

Tulang-Hasta. Sumber: pelajaran.co.id

Tulang-Hasta. Sumber: pelajaran.co.id

Pinjaman Online Baca juga: Erek erek 2d Bergambar Lengkap

Tulang hasta adalah merupakan tulang yang berada di lengan manusia. Tulang ini adalah lengan bawah pada tangan manusia. Tulang hasta menghubungkan antara bagian pergelangan tangan manusia dengan lengan atas manusia.

Secara spesifik, tulang hasta terletak di sisi tempat jari kelingking. Tulang hasta adalah tulang yang menyatu dengan tulang jari kelingking. Tulang ini memanjang sampai dengan siku-siku.

Kegunaan tulang hasta sebenarnya sama dengan tulang lainnya yang terdapat pada tubuh. Akan tetapi, dikarenakan tulang ini berada di tangan, maka tulang ini sangat mempunyai peran dalam pergerakan tangan.

Terdapat sejumlah fungsi pada tulang hasta, diantaranya adalah sebagai berikut:

Baca juga :  Doa Makan Kurma Muda Untuk Promil Sesuai Anjuran Rasulullah

1. Membentuk struktur lengan bawah

Tulang hasta berfungsi untuk membentuk struktur bagian lengan bawah. Tulang hasta akan menunjang struktur lengan. Lengan bawah serta tulang pengumpil akan ditunjang oleh tulang hasta.

2. Membantu rotasi dari pergelangan tangan

Kegunaan selanjutnya dari tulang hasta ini adalah agar rotasi yang terjadi di pergelangan tangan terbantu. Tulang hasta akan membantu pergelangan tangan untuk dapat berputar. Dalam proses ini tulang hasta dibantu dengan tulang pengumpil serta tulang karpal.

Dari proses tersebut, pergelangan tangan bisa bergerak dengan sempurna. Sehingga akan membantu tubuh dalam beraktivitas sehari-hari. Contohnya adalah untuk menulis, menggerakan sesuatu, mengangkat benda-beda serta melakukan hal lainnya.

3. Tempat otot melekat

Kegunaan berikutnya tulang hasta adalah untuk tempat otot melekat. Otot-otot yang melekat di tulang ini adalah otot pada bagian lengan bagian bawah. Otot lainnya yang melekat pada tulang hasta adalah otot tangan.

4. Membentuk humerus dan sendi siku

Kegunaan selanjutnya tulang hasta adalah untuk membentuk humerus serta sendi siku. Hal ini terjadi dikarenakan sendi-sendi yang terdapat pada siku mempunyai peran penting. Peran sendi-sendi tersebut adalah untuk dapat meregangkan lengan serta menekuk lengan. Hal itu akan membantu lengan bawah untuk dapat bergerak. Oleh dikarenakan itu tidak lagi diperlukan gerakan persendian siku.

5. Menyimpan asupan mineral

Salah satu fungsi utama tulang hasta adalah untuk dapat menyimpan asupan mineral. Mineral yang masuk ke dalam tubuh akan disimpan di tulang hasta. Sesudah itu mineral tersebut akan menghasilkan sel-sel darah. Sel-sel darah tersebut yang disebut dengan sumsum.

Adanya asupan mineral pada tulang hasta juga akan mendukung pergerakan. Pergerakan yang terdapat di bagian punggung atas serta pada bagian bahu. Selain itu, mineral yang terdapat pada tulang hasta akan menghubungkan bagian ligamen vital ke seluruh otot-otot yang terdapat di dalam tubuh.

Baca juga :  Kamus Bahasa Inggris - Indonesia Terbaik dan Lengkap

Baca juga : Gambar Peta Indonesia Lengkap Dengan Nama Provinsi

Fungsi Tulang Pengumpil

Tulang pengumpil. Sumber: seputar ilmu

Tulang pengumpil. Sumber: seputar ilmu

Tulang pengumpil adalah merupakan tulang berbentuk pipa yang terdapat di tangan manusia. Tulang pengumpil adalah bagian tulang yang menyusun lengan bawah. Tulang pengumpil berada memanjang yang berasal pada sisi lateral, atau menjauhi garis tengah. Tulang ini berasal dari ibu jari pergelangan tangan sampai dengan ke bagian siku.

Ukuran tulang pengumpil ini lebih pendek dari ukuran tulang hasta. Tulang ini mempunyai dua ujung di sisi lengan bagian bawah. Tulang pengumpil akan menyambungkan bagian jaringan berserat tebal atau biasa disebut dengan interosseous ligament.

Bentuk tulang pengumpil kuat serta padat. Akan tetapi, tidak seluruh tulang pengumpil pada manusia berbentuk sempurna. Dikarenakan sejumlah faktor seperti kecacatan, tulang pengumpil dapat lebih pendek daripada semestinya.

Terdapat sejumlah fungsi tulang pengumpil, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Menyusun kerangka lengan bawah

Kegunaan paling penting serta paling utama dari tulang pengumpil adalah untuk menyusun kerangka lengan bawah. Penyusunan kerangka ini adalah bagian dari rangka perkakas gerak dari manusia, atau biasa disebut ekstremitas dari manusia.

2. Tempat otot-otot melekat

Kegunaan selanjutnya dari tulang pengumpil juga sama seperti tulang hasta. Kegunaan tulang hasta ini adalah untuk tempat otot-otot melekat. Otot-otot yang ada akan melekat pada bagian lengan.

3. Menyusun lengan bagian bawah

Kegunaan lain dari tulang hasta adalah untuk dapat menyusun lengan. Lengan yang disusun adalah merupakan lengan bagian bawah. Penyusunan ini terjadi bersama dengan tulang hasta.

4. Tempat melekatnya otot bisep

Otot bisep melekat pada bagian tulang pengumpil. Otot bisep ini memanjang sepanjang dari bagian ujung lengan atas. Tulang pengumpil serta otot bisep akan bekerja sehingga tangan sanggup untuk mengangkat benda ke arah atas.

Baca juga :  50+ Contoh Surat Lamaran Kerja

Selain itu, fungsi lain dari otot bisep serta tulang pengumpil adalah memungkinkan gerakan ekstensi serta fleksi terjadi. Selain itu dapat menyebabkan gerakan seperti membengkokkan serta meluruskan tangan.

5. Menggerakan pergelangan tangan

Kegunaan selanjutnya dari tulang pengumpil adalah berperan didalam menggerakan pergelangan tangan. Dalam hal ini adalah otot serta sendi yang terdapat di dalam pergelangan tangan. Selain itu tulang pengumpil juga mempunyai peran untuk produksi sel darah. Hal ini dikarenakan terdapat sumsum tulang yang banyak atau tulang pipa.

Selain fungsi-fungsi yang telah disebutkan di atas, tulang pengumpil juga bekerja sama dengan tulang hasta. Tulang pengumpil serta tulang hasta bekerja sama. Kedua tulang tersebut akan menyambung ke tulang lengan bagian atas. Sambungan tersebut melalui sendi engsel yang terdapat di bagian siku.

Baca juga : Peta Dunia Tertua Yang Pernah Ditemui

Fungsi Lengan Atas

Lengan atas

Lengan atas terletak pada sendi-sendi. Terletak di antara siku serta bahu. Buat menyambung ke bagian bahu, lengan atas terhubung melalui bagian tulang belikat. Sementara itu dari siku, lengan atas akan terhubung pada bagian tulang hasta di ujung.

Terdapat sejumlah fungsi lengan atas, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • – Buat menghubungkan sendi putar pada bagian bahu
  • – Melakukan abduksi atau merentangkan tangan
  • – Mengangkat tangan ke arah atas
  • – Menurunkan tangan ke arah bawah
  • – Mengembalikan posisi tangan ke semula, setelah melakukan abduksi
  • – Menggerakkan lengan ke bagian belakang tubuh atau ekstensi
  • – Menggerakkan lengan ke bagian depan tubuh atau fleksi
  • – Meregangkan atau meluruskan siku atau ekstensi
  • – Menekuk bagian siku atau
  • – Melindungi otot dikarenakan terdapat ligamen
  • – Memberikan gerakan di sendi bahu

Inilah sejumlah informasi mengenai fungsi tulang hasta, tulang pengumpil dan lengan atas. semoga informasi yang kami sampikan dapat menambah wawasan kalian mengenai anatomi dan tubuh manusia. Temukan hal-hal menarik lainnya mengenai tubuh manusia di Situs kami.

Artikel terkait

Back to top button