Spasial

Contoh Peta Konsep Aesthetic dan Kreatif Untuk Tugas

contoh peta konsep aesthetic – Untuk membuat sebuah materi agar lebih menyenangkan saat dipelajari, kita mungkin punya cara tersendiri didalam mengkreasikan bentuk materi untuk dapat dicatat kembali di buku kita. Nah, salah satu cara untuk mengemas materi tersebut adalah dengan menggunakan peta konsep.

Peta konsep atau concept maps adalah merupakan bagan atau ilustrasi grafis yang menampilkan hubungan yang bermakna diantara satu konsep dengan konsep lainnya. Bagan tersebut bertujuan untuk dapat menjelaskan sebuah pengertian konseptual didalam rangkaian pernyataan. Peta konsep pertama kali di kembangkan pada tahun 1972 dalam program penelitian Novak Cornell University.

Peta konsep seringkali dianggap sebagai mind maps, padahal kedua hal tersebut cenderung berbeda. Mind map umumnya berfokus untuk menjelaskan satu konsep. Sementara itu, peta konsep dapat menghubungkan beberapa dan lebih dari satu konsep atau ide. Meski demikian, keduanya dapat dipergunakan untuk mempermudah penjelasan suatu konsep atau materi. Simak berbagai contoh peta konsep kreatif berikut ini!

Inspirasi dan Contoh Peta Konsep Aesthetic dan Kreatif untuk Tugas atau Catatan

Selain membuat sebuah konsep atau materi menjadi terlihat cantik, peta konsep juga harus di buat agar kalian menjadi lebih mudah dalam memahami konsep yang di tampilkan. Kalian dapat menggunakan alat manual seperti pensil, pulpen, dan spidol ataupun menggunakan aplikasi pembuat peta konsep yang terdapat di internet. Berikut ini adalah beberapa inspirasi peta konsep untuk kalian ikuti:

Pinjaman Online Baca juga: Erek erek 2d Bergambar Lengkap
Baca juga :  Contoh Peta Konsep Kreatif dan Cara Membuatnya

1. Peta Konsep Menjelaskan Perbedaan Cabang Olahraga

Peta Konsep Menjelaskan Perbedaan Cabang Olahraga

Sumber gambar: Arizona.edu

Terkadang, dalam membuat peta konsep berisikan kata-kata saja tidak cukup. Kamu mungkin perlu juga menambahkan beberapa gambar untuk lebih memperjelas pembahasan yang terdapat didalam peta konsep. Beberapa hal didalam peta konsep akan menjadi lebih baik dengan menggunakan gambar dibandingkan apabila dijelaskan dengan kata-kata.

Seperti di contoh peta konsep di atas yang menjelaskan antara kesamaan dengan perbedaan antara basket dan American football. Beberapa pembahasan seperti cara bermain, cara memegang bola, bentuk lapangan, serta bentuk bola akan menjadi lebih baik dengan menggunakan gambar sebagai visual untuk membantu pemahaman pembaca.

2. Peta Konsep Dunia SEO

Peta Konsep SEO

Sumber gambar: Creately

Dengan perkembangan internet yang semakin maju, penggunaan digital marketing oleh berbagai perusahaan menjadi semakin tinggi. SEO menjadi salah satu bagian dari digital marketing, yaitu proses mendapatkan traffic dari pencarian mesin pencari seperti Google. Pada awalnya, SEO mungkin terlihat rumit.

Untuk kalian yang masih mempelajari konsep SEO, kamu bisa mempermudah pemahaman dengan memakai peta konsep yang menjelaskan bagian-bagian dari SEO. Kamu akan memahami apa saja yang menjadi bagian dari SEO hingga manfaat yang dapat diberikan kepada perusahaan.

3. Peta Konsep Penjelasan Sejarah

Peta Konsep Penjelasan Sejarah

Sumber gambar: Edrawmind

Membaca materi tentang sejarah terasa membosankan? Tenang, kalian bisa membuat peta konsep untuk membuat materi sejarah terasa mudah. Kemas materi sejarah dengan warna, bentuk, dan garis yang menarik untuk mempermudah pemahamanmu.

Salah satu contoh peta konsep tentang sejarah berikut ini adalah sejarah Perang Dunia II. Jangan lupa untuk menyesuaikan posisi poin-poin di dalam peta konsep sesuai dengan perannya di dalam materi tersebut.

Baca juga :  Pengertian Peta Konsep dan Cara Membuatnya

4. Peta Konsep Bencana Alam

Peta Konsep Bencana Alam

Sumber gambar: Edrawmind

Memberikan pemahaman tentang bencana alam di sekitar kita akan membutuhkan materi yang cukup banyak, mulai dari penyebab bencana alam hingga proses terjadinya bencana alam. Untuk meringkas penjelasan tentang bencana alam, kalian bisa menggunakan peta konsep yang menarik untuk memudahkan pemahaman. Jangan lupa untuk menggunakan panah dalam menjelaskan keterkaitan antara satu poin ke poin lainnya.

5. Peta Konsep Struktur dalam Makhluk Hidup

Peta Konsep Struktur dalam Makhluk Hidup

Sumber gambar: Venngage

Makhluk hidup seperti manusia, hewan, dan tumbuhan, memiliki struktur tubuh tersendiri yang menopang tubuh hingga dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Menghafal bagian struktur tubuh makhluk hidup mungkin akan memusingkan jika hanya berpaku pada tulisan saja.

Peta konsep kreatif dapat membantu menjelaskan bagian dalam struktur tubuh makhluk hidup dengan simple dan mudah. Dengan berbentuk seperti hierarki, penjelasan tentang struktur tubuh akan terlihat lebih ringkas. Kamu juga bisa menambahkan kata-kata di antara garis penghubung untuk memperjelas hubungan antara satu poin dengan poin lainnya.

Baca Juga: Pengertian Peta Konsep dan Cara Membuatnya

Langkah-Langkah Pembuatan Peta Konsep

Melihat contoh peta konsep saja masih belum cukup untuk membantu membuat peta konsep yang baik. Tentunya membuat peta konsep tidak sembarangan. Dalam membuat peta konsep kreatif yang tersusun, kamu perlu mengetahui langkah-langkah dalam membuat peta konsep yang efektif dalam menampilkan penjelasan materi. Dengan demikian, kamu tidak akan bingung atau stuck saat membuat peta konsep.

Adapun langkah-langkah dalam merancang peta konsep adalah sebagai berikut:

1. Identifikasi Ide Utama

Sebelum merancang peta konsep, kalian harus tahu dulu ide pokok atau ide utama yang akan dibuat peta konsepnya. Ide utama ini akan menjadi pusat atau kepala dari peta konsep yang akan dibuat. Ide utama ini dapat berupa materi atau poin yang melingkupi sejumlah konsep yang akan dibahas lebih lanjut.

Baca juga :  Peta Benua Eropa Lengkap

2. Menyusun Ide Sekunder

Setelah mengetahui ide utama, kalian perlu menyusun ide-ide sekunder untuk mendukung ide utama yang sudah ditetapkan. Ide sekunder ini nantinya akan menjadi perpanjangan dari ide utama yang berada di tengah atau puncak peta konsep. Penyusunan ide sekunder di peta konsep dapat terhubung dengan ide utama melalui panah atau berukuran terbesar kedua setelah ide utama.

3. Membuat Garis Penghubung

Ide utama dan ide sekunder tentunya tidak tersebar begitu saja di dalam peta konsep. Kalian akan memerlukan garis penghubung untuk mengaitkan ide utama dengan ide sekunder. Kalian bisa menggunakan garis sederhana atau garis yang diisi dengan penjelasan tambahan di garisnya, seperti “termasuk”, “bagian dari”, “terdiri atas”, dan lain sebagainya.

4. Bermain dengan Visual

Pada dasarnya, peta konsep adalah memaksimalkan visual dari materi yang sedang dijelaskan. Maka dari itu, kalian dapat bermain dengan bentuk, warna, dan ukuran dari poin-poin yang ada di peta konsep untuk membuatnya menarik. Kalian juga bisa menambahkan dekorasi atau tambahan gambar untuk membuat peta konsep terlihat aesthetic.

Baca Juga: Contoh Peta Konsep Kreatif dan Cara Membuatnya

Demikian contoh peta konsep Aesthetic dan Kreatif beserta dengan cara membuatnya untuk kalian ikuti. Membuat peta konsep tidak sulit, bukan? Selain memudahkan pemahaman, peta konsep juga akan membuat proses belajar lebih menyenangkan. Dalam proses pembuatan peta konsep, kamu juga akan lebih menguasai materi yang sedang dibahas.

Artikel terkait

Back to top button