Spasial

Peta Iran Lengkap dengan Nama Kota dan Batas Wilayah

Peta Iran – Iran adalah merupakan sebuah negara yang berada di Timur Tengah, termasuk wilayah Asia Barat Daya. Sampai dengan tahun 1935 Iran masih disebut Persia di dunia Barat. Mohammad Reza Shah Pahlavi mengumumkan bahwa Iran atau Persia boleh di gunakan pada tahun 1959.

Batas-batas wilayah Iran adalah meliputi: sebelah barat berbatasan dengan Laut Kaspia, Teluk Persia, serta Teluk Oman; Turki dan Irak, sebelah utara berbatasan dengan negara Turkmenistan, Azerbaijan, serta Armenia, dan sebelah timur berbatasan dengan Afghanistan serta Pakistan.

Peta berikut di bawah ini adalah meliputi peta wilayah, peta politik, serta peta letak jika dilihat dari peta dunia secara keseluruhan.

Peta Iran

Negara-negara yang berbatasan Iran

Peta Regional

Gambar Peta Iran

Peta Politik Iran

Di mana letak Iran?

Peta Letak Iran

Baca juga: Tari Piring Berasal dari Sumatera Barat

Pinjaman Online

Hal-hal yang perlu diketahui

Kota Penting

Abadan, Ahvs, Ardbil, Astr, Bfark, Bkhtrun, bam, Bandar Beheshti, Bandar-e Abbas, Bshmn, Birjnd, Bhojtrurd, Bandar-e Bushehr, Bandar-e Lengeh, Desfaul, Asfahn (Isfahn), Slmslhr, Gorgn, amadan , Eelam, Jsk, Kngn, Kharaj, Nargeh, Nashd, Orumiyeh, Qazvin, Qomsheh, KSN, kerman, Khorrambd, Khwoy, Nahbd, Qorn, Hriasht, Sadbd (Sirjh), Snandj, Kshhrud, Kshirs, Teheran, Sirjn, Tbris, Tjris, Yasuj, Yasd, Zahedan dan Zanjin.

Lokasi Strategis

Laut Kaspia, Danau Daryacheh-ye Bakhtegan, Daryacheh-ye Namak, Daryacheh-ye Orumiyeh (Danau Urmia), Danau Daryacheh-ye Sistan, Dasht-e Lut, Teluk Bahrain, Teluk Oman, Teluk Gwater, Danau Murian Hamun-e Jaz, Danau Daryacheh-ye Tashk, Dasht-e Kavir (Gurun Pasir), Danau Hamun-e Saberi, Pegunungan Kopetdag, Kuhha-ye Zagros (Pegunungan Zagros), Tari Piring, Teluk Persia (Teluk Arab), Reshteh-ye Alborz (Pegunungan Elburz) , Rud-e Karun dan Selat Hormuz.

Sumber Daya Alam

Iran memiliki cukup besar sumber daya bahan bakar seperti minyak bumi, gas alam, serta batubara. Sumber daya mineral lainnya adalah termasuk kromium, tembaga, timah, bijih besi, mangan, belerang dan seng.

Bencana Alam

Iran memiliki sejumlah bahaya bencana alam, yang meliputi kemarau berkala, banjir, badai debu, badai pasir, serta gempa bumi.

Masalah Lingkungan

Negara Iran memiliki beberapa masalah lingkungan. Ini termasuk polusi air dari limbah mentah serta limbah industri, dan polusi minyak di Teluk Persia. Iran juga memiliki persediaan air minum yang tidak memadai; Namun, terdapat juga hilangnya lahan basah karena kekeringan. Masalah tanah termasuk urbanisasi, penebangan hutan, penggembalaan yang berlebihan, desertifikasi, dan degradasi tanah akibat salinasi. Iran memiliki polusi udara yang cukup besar, terutama di daerah perkotaan, dari emisi kendaraan, operasi kilang, dan limbah industri.

Artikel terkait

Back to top button