Spasial

Peta Afghanistan Lengkap dengan Nama Kota dan Batas Wilayah

Peta Afghanistan – Nama resmi negara Afghanistan adalah Republik Islam Afghanistan yang merupakan sebuah negara di Asia selatan dan Asia Tengah yang seluruh wilayahnya terkurung oleh daratan. Karena kepadatan penduduknya, Afghanistan menempati urutan ke-42 di dunia.

Peta Afghanistan

Peta Afghanistan
Peta Afghanistan

Negara-negara Berbatasan Afghanistan

  • China
  • Tajikistan
  • Iran
  • Pakistan
  • Turkmenistan
  • Uzbekistan

Peta Regional

Peta interaktif Afghanistan

Peta Afghanistan di bawah ini dapat kalian gunakan untuk menelusuri negara yang berbatasan langsung dengan wilayah negara Afganistan.

Sedangkan peta Afghanistan di bawah ini menunjukkan pembagian wilayah negara ini, di mana setiap wilayah ditandai dengan warna berbeda.

Peta politik Afghanistan

Peta politik Afghanistan
Peta politik Afghanistan

Di mana letak Afghanistan?

Peta letak Afghanistan
Peta letak Afghanistan

Bagan Peta Afghanistan

Bagan Peta Afghanistan
Bagan Peta Afghanistan

Bagan Peta Buta Afghanistan

Bagan Peta Buta Afghanistan
Bagan Peta Buta Afghanistan

Hal-hal yang Perlu diketahui

Informasi Afghanistan

Afghanistan berada di Benua Asia, atau tepatnya di wilayah Asia selatan. Afghanistan berbatasan dengan Tajikistan, Uzbekistan, serta Turkmenistan di wilayah utara, Iran di bagian barat, serta Pakistan di selatan dan timur.

Pinjaman Online

Nama kota di Afghanistan

Anar Darreh, Andkhvoy, Asadabad, Baghlan, Barak, Balamorghab, Balkh, Chaghcharan, Chah-e Ab, Charikar, Delaram, Deh Shu, Dowlatabad, Eshkashem, Farah, Feyzabad, Farkhar, Galalabad, Gardeyz, Ghazni, Herat (Hirat) Jalalabad, Kabzol (Kabul), Kandahar, Karokh, Keleft, Kadesh, Kajaki, Kholm, Khost, Kowt-e Ashrow, Kunduz, Lashkar Gah, Mahmud-e Raqi, Mazar-e Sharif, Sekarang Zad, Mehtarlam, Meymaneh, Orgun, Qaleh-ye Now, Qalat, Samangan, Sheberghan, Qarah Bagh, Rostaq, Shindand, Spin Buldak, Taloqan, Tarin Kowt, Termez, Toktar, Towraghondi, Zaranji, Zareh Sharan.

Lokasi Afghanistan

Kisaran Paropamisus, Sungai Harirud, Sungai Morghab, Sungai Darya-ye Kondoz, Sungai Helmand, Sungai Arghandab, Sungai Amu Darya, Sungai Harut, Sungai Farah, Sungai Khash, Danau Hamun-e Saberi, Danau Gowd-e Zereh, Pegunungan Barai Ghar, Pegunungan Shinkay, Danau Ab-e Istadeh -ye Moqor Lake, Gurun Rigestan, Pegunungan Chagai Hills, Gurun Dasht-e Margow.

Sumber Daya Alam Afghanistan

Afghanistan cukup kaya akan sumber daya bahan bakar fosil berupa gas alam, minyak dan batubara hadir dalam jumlah komersial. Negara ini juga memiliki sumber daya logam termasuk tembaga, kromit, timah, seng dan bijih besi. Selain itu Afganistan juga kaya akan mineral industri termasuk bedak, barit, belerang, garam, batu permata berharga dan semimulia.

Bahaya Alam Afghanistan

Bahaya alam yang kerap terjadi di Afghanistan diantaranya adalah banjir dan kekeringan. Selain itu, gempa bumi yang merusak terjadi di wilayah pegunungan Hindu Kush.

Masalah Lingkungan Afghanistan

Afghanistan memiliki sejumlah permasalahan lingkungan yang berkaitan dengan air. Ini termasuk pasokan air minum yang kurang mencukupi dikarenakan sumber daya air tawar yang terbatas. Polusi air serta udara juga menjadi masalah. Masalah tanah dan tanah meliputi: penggembalaan berlebihan, banyaknya desertifikasi, degradasi tanah, serta deforestasi. Selain itu juga banyak hutan yang tersisa terus ditebang untuk keperluan bahan bakar dan bahan bangunan.

Artikel terkait

Cek juga
Close
Back to top button