Spasial

Gambar Peta Belanda Lengkap dengan Nama Kota dan Batas Wilayah

Di dalam peta dunia, negara Belanda berada di Benua Eropa atau lebih khususnya di wilayah Eropa Barat dengan ibukotanya Amsterdam. Luas Wilayah Belanda adalah sekitar 41,543.00 km2 dimana 18.41% (7,650.00 km2) terdiri dari perairan serta 33,893.00 km2 merupakan daratan.

Salah satu bentuk permukaan yang menarik di Belanda adalah permukaan tanahnya sangat rata. Hampir separuh dari wilayah negara Belanda berada kurang dari 1 meter dpl. Walau demikian, provinsi Limburg, yang berada pada bagian tenggara negeri Belanda, sedikit berbukit. Permukaan tertinggi adalah Vaalserberg, yang berlokasi di provinsi Limburg, memiliki ketinggian 321 m. Permukaan yang terendah adalah Nieuwerkerk aan den IJssel, yang berada pada 6.76 di bawah permukaan laut.

Banyak tanah rendah dikawal oleh dijk, serta dinding laut. Sebagian besar kawasan di Belanda, misalnya daerah Flevoland, harus direklamasi. Kawasan yang di reklamasi tersebut disebut polder.

Salah satu konstruksi yang terkenal adalah Afsluitdijk (Penutup Tanggul), yang memisahkan antara danau IJssel (IJsselmeer) dengan laut Wadden (Waddenzee). Panjang dari tanggul ini adalah 32 km, serta lebarnya adalah 90 m. Negara Belanda dibagi menjadi dua bagian utama oleh sungai Rhine (Rijn), Waal, dan Maas.

Baca juga: Kunjungi ngundang.com situs penyedia undangan digital online terbaik di Indonesia

Arah angin yang utama di negara Belanda adalah barat daya, yang menyebabkan iklim kepulauan yang sederhana, dengan musim panas yang dingin, serta musim sejuk yang sederhana.

Peta Belanda

      Peta Belanda

Peta Belanda
Gambar Peta Belanda.

Berdasarkan peta Belanda diatas maka secara umum dapat diketahui bahwa batas wilayah negara Belanda adalah sebagai berikut:

Baca juga: XPLORE.ID Menampilkan Destinasi Wisata Terbaik diKota Anda
  1. Wilayah Sebelah Utara: Dibatasi oleh Laut Utara
  2. Wilayah Sebelah Timur-Selatan: Berbatasan dengan negara Jerman, Belgia
  3. Wilayah Sebelah Barat: Berbatasan dengan Negara Inggris

Baca juga: Peta Jerman Lengkap dengan Keterangan Batas Wilayah

Kota Penting di Belanda

Beberapa kota penting dan besar yang terdapat di Belanda diantaranya adalah Amsterdam, Borger, Utrecht, Maastricht, Delfzijl, Franeker, Terneuzen, Eindhoven, Emmen, The Hague, Gravenhage, Hardenberg, Heerenveen, Dordrecht, Enschede, Hertogenbosch, Leeuwarden, Rotterdam, Tilburg, Den Helder, Zwolle, Denekamp, Appingedam,Groningen, Haarlem, Assen, Tubbergen, Nijmegen, Odoorn, Vlagtwedde dan Winschoten.

Sumber Daya Alam Belanda

Beberapa sumber daya alam unggulan di Belanda yang dapat di eksploitasi adalah meliputi cadangan bahan bakar fosil yaitu gas alam serta minyak bumi. Sumber daya alam lainnya adalah meliputi gambut, batu gamping, tanah garapan, garam,  pasir serta kerikil.

Artikel terkait

Baca juga: Temukan Tempat Makan dan Tempat Hangout Terbaik di Kota Anda

Back to top button