Spasial

Gambar Peta Azerbaijan Lengkap dengan Nama Kota dan Batas Wilaya

Di dalam peta dunia, negara Azerbaijan berada di Benua Asia atau lebih tepatnya di wilayah Asia Barat Daya dengan ibukotanya Baku. Luas Wilayah Azerbaijan adalah sekitar 86,600.00 km2 dimana 4.59% (3,971.00 km2) terdiri dari perairan serta 310,070.00 km2 merupakan daratan.

Panjang total dari perbatasan darat Azerbaijan adalah mencapai 2,648 km (1,645 mil), 1007 kilometer dengan Armenia, 756 kilometer dengan Negara Iran, 480 kilometer dengan negara Georgia, 390 kilometer dengan negara Rusia, serta 15 kilometer dengan Turki. Azerbaijan berada di kawasan Kaukasus Selatan atau lebih di kenal dengan sebutan Transkaukasia serta di pesisir barat Laut Kaspia. Bagian barat dan utara wilayahnya adalah berupa kawasan pegunungan. Disana terdapat gunung Bazardüzü, yang merupakan gunung paling tinggi di Azerbaijan. Gunung tersebut memiliki tinggi 4466 m dan terletak di dekat perbatasan dengan Rusia. Sedangkan pada bagian tengah Azerbaijan adalah merupakan dataran rendah yang sangata kaya akan minyak bumi.

Peta Azerbaijan

peta azerbaijan
Gambar posisi letak negara Azerbaijan dalam peta dunia.
peta azerbaijan
Gambar Peta Azerbaijan.

Berdasarkan penjelasan diatas maka secara umum dapat diketahui batas-batas wilayah negara Azerbaijan adalah sebagai berikut:

  1. Wilayah Sebelah Utara: Berbatasan dengan Rusia dan Georgia
  2. Wilayah Sebelah Timur: Dibatasi oleh Laut Kaspia
  3. Wilayah Sebelah Selatan: Berbatasan dengan Iran
  4. Wilayah Sebelah Barat: Berbatasan dengan Armenia

Kota Penting di Azerbaijan

Beberapa kota penting dan besar yang terdapat di Azerbaijan diantaranya adalah Baki (Baku), Agdam, Agstafa, Alat, Goycay, Khanlar, Kurdamir, Gadabay, Ganca, Lykai, Masalli, Lachyn, Ali Bayramli, Aghjabadi, Aghsu, Bilasuvar, Fuzuli, Artyom, Astara, Barda, Lankaran, Lerik, Muganly, Naxcivan, Mastaga, Mingacevi, Qax, Qazakh, Neftcala, Nidzh, Tovuz, Sarur, Shakhbuz, Ordubad, Saki, Salyan, Qazimammad, Quba, Qusar, Shemakha, Sumqayit, Shaumyan, Yardymly, Xacmaz, Xudat, Zakataly dan Yevlax.

Baca juga: Kunjungi ngundang.com situs penyedia undangan digital online terbaik di Indonesia

Lokasi Strategis di Azerbaijan

Sungai Aras, Laut Kaspia, Lesser Caucasus, Waduk Mingacevir, Pegunungan Kaukasus, Sungai Kur, Dataran Rendah Kura, Qizilagac Korfazi dan Pegunungan Talish.

Masalah Lingkungan di Azerbaijan

Azerbaijan memiliki sejumlah masalah terkait dengan lingkungan. Para ilmuwan lokal beranggapan bahwa Abseron Yasaqligi (Semenanjung Apsheron) di negara itu, termasuk juga kota-kota Baku dan Sumqayit, serta Laut Kaspia merupakan daerah yang paling hancur di dunia secara ekologis. “CIA World Factbook” melaporkan jika area ini memiliki pencemaran tanah, udara, serta air yang sangat parah. Pencemaran tanah di Azerbaijan dihasilkan dari adanya tumpahan minyak, penggunaan DDT sebagai pestisida serta defoliants beracun yang dipergunakan dalam produksi kapas.

Sumber Daya Alam Azerbaijan

Azerbaijan memiliki sejumlah sumber daya alam seperti minyak bumi, gas alam, alumina, bijih besi, dan sumber daya logam nonferrous dalam jumlah yang cukup signifikan.

Baca juga: XPLORE.ID Menampilkan Destinasi Wisata Terbaik diKota Anda

Artikel terkait

Baca juga: Temukan Tempat Makan dan Tempat Hangout Terbaik di Kota Anda

Back to top button