Spasial

Gambar Peta Bahrain Lengkap dengan Nama Kota dan Batas Wilayah

Peta Bahrain – Dalam peta dunia, negara Bahrain berada di Benua Asia atau lebih tepatnya di kawasan Asia bagian barat (kawasan timur tengah) dengan ibukota Manama. Luas Wilayah Bahrain adalah sekitar 760.00 km2 menjadikannya sebagai negara terkecil ke-23 di dunia. Bahrain memiliki ketinggian rata-rata 0 m di atas permukaan laut, membuatnya memiliki iklim berupa musim panas dan musim dingin. Wilayahnya pada umumnya adalah merupakan dataran rendah hingga sedang, yaitu berupa gurun.

Peta Bahrain

peta bahrain
Gambar letak negara Bahrain dalam peta dunia.
peta bahrain
Gambar Peta Bahrain.

Bahrain secara umum merupakan kepulauan yang rata dan bergurun, memiliki dataran padang pasir yang rendah. Kawasan tertinggi di negara Bahrain adalah Jabal ad-Dukhan, berketinggian 122 meter. Bahrain menikmati musim dingin yang sejuk serta mengalami musim panas dengan temperator tinggi serta lembap.

Luas total Bahrain adalah sekitar 620 km2 (239 mi²), sedikit lebih besar dibanding dari the Isle of Man, walaupun sedikit lebih kecil dari Airport King Fahd Airport di Dammam, Arab Saudi (besarnya 780 km2). Bahrain adalah merupakan negara kepulauan yang terdiri dari 33 pulau, tidak memiliki batas daratan dengan negara lain, tetapi memiliki 161 kilo (528 mi) batas garis pantai serta mengklaim 12 mil batas laut serta 24 mil laut (44 km) zona tambahan.

Berdasarkan penjelasan diatas maka secara umum dapat diketahui batas wilayah negara Bahrain adalah sebagai berikut:

Baca juga: Kunjungi ngundang.com situs penyedia undangan digital online terbaik di Indonesia
  1. Wilayah Sebelah Utara: Dibatasi oleh Teluk Persia dan Teluk Bahrain
  2. Wilayah Sebelah Timur-Selatan: Dibatasi oleh Teluk Bahrain dan Qatar
  3. Wilayah Sebelah Barat: Dibatasi oleh Arab Saudi dan Teluk Bahrain

Kota Penting di Bahrain

Beberapa kota penting serta besar di Bahrain diantaranya adalah Al Manamah (Manama), Al Mamtalah, Isa, Jaww, Az Zallaq, Durrat al Bahrain, Al Muharraq, Askar, Awali, Al Wasmiya, Ar Rifa ash Sharqi, Jidd Hafs, Mina’Salman, Madinat Isa, dan Ra’s al Barri.

Tempat Strategis di Bahrain

Terdapat dua tempat yang strategis bagi negara ini yaitu Teluk Bahrain dan Teluk Persia.

Masalah Lingkungan di Bahrain

Bahrain memiliki masalah lingkungan pada air serta tanah. Terjadi kerusakan pada garis pantai, terumbu karang, serta vegetasi laut yang dihasilkan dari adanya tumpahan minyak serta pembuangan limbah lainnya dari kapal tanker besar serta kilang minyak. Kurangnya sumber air tawar, sehingga air tanah serta air laut adalah merupakan satu-satunya sumber untuk memenuhi kebutuhan air di negara tersebut. Bahrain juga mengalami periode kekeringan serta badai debu.

Baca juga: XPLORE.ID Menampilkan Destinasi Wisata Terbaik diKota Anda

Sumber Daya Alam Bahrain

Bahrain sangat kaya akan sumber daya alam berupa minyak dan gas alam. Sumber daya alam lainnya yang juga dapat ditemukan di negara ini adalah ikan serta mutiara.

Artikel terkait

Baca juga: Temukan Tempat Makan dan Tempat Hangout Terbaik di Kota Anda

Back to top button