Spasial

Gambar Peta Belgia Lengkap dengan Nama Kota dan Batas Wilayah

Peta Belgia – Dalam peta dunia, negara Belgia terletak di wilayah Benua Eropa atau lebih tepatnya di Eropa Barat dengan ibukotanya Brussels. Luas wilayah dari Belgia adalah sekitar 30,528.00 km2 dimana 0,82% (250.00 km2) adalah merupakan perairan serta 30,278.00 km2 adalah merupakan daratan, sehingga menjadikannya sebagai negara terkecil ke-59 di dunia.

Belgia memiliki ketinggian rata-rata sekitar 181 m diatas permukaan laut, memiliki iklim berupa musim dingin serta musim panas. Wilayah di Belgia pada umumnya adalah merupakan dataran pantai pada wilayah sebelah barat laut serta pegunungan terjal di tenggara.

Peta Belgia

peta belgia
Gambar posisi letak negara Belgia dalam peta dunia.
peta belgia
Gambar Peta Belgia.

Belgia berbatasan dengan negara Prancis (620 km), negara Jerman (167 km), negara Luksemburg (148 km), serta Belanda (450 km). Total luas wilayahnya termasuk perairan, adalah 30.689 km2. Sebelum tahun 2018, total luasnya diyakini sekitar 30.528 km2. Namun, ketika statistik negara diukur kembali pada tahun 2018, metode perhitungan baru dipergunakan.

Tidak seperti perhitungan yang sebelumnya, perhitungan terbaru ini mencakup area dari area pantai hingga garis air rendah, menunjukkan bahwa negara Balgia memiliki luas permukaan 160 km2, lebih besar daripada hasil yang sebelumnya. Luas daratannya sendiri adalah seluas 30.278 km2. Negara ini terletak di antara garis lintang 49°30′ dan 51°30′ LU, serta garis bujur 2°33′ dan 6°24′ BT.

Baca juga: Kunjungi ngundang.com situs penyedia undangan digital online terbaik di Indonesia

Berdasarkan penjelasan diatas maka secara umum dapat diketahui bahwa batas wilayah negara Belgia yaitu sebagai berikut:

  1. Bagian Sebelah Utara: Berbatasan dengan Belanda dan Laut Utara (North Sea)
  2. Bagian Sebelah Timur: Berbatasan dengan Jerman
  3. Bagian Sebelah Selatan-Barat: Berbatasan dengan Luxemburg dan Perancis

Kota Penting di Belgia

Berdasarkan Peta Belgia beberapa kota penting dan besar di Belgia diantaranya adalah Brussels, Anderlecht, Blankenberge, Brugge, Overpelt, Lommel, Maastricht, Mons, Tienen, Antwerpen, Bastogne, Beerse, Hasselt, Liege, Charleroi, Eupen, Gent, Namur, Oostende, Tongeren, Schaerbeek, Spa, St. Truiden, Waremme dan Turnhout.

Lokasi Strategis di Belgia

Belgia memiliki sejumlah lokasi yang cukup strategis bagi negara ini yaitu Albert Kanaal, Danau Blankaart, Danau Hofstademmer, Sungai Meuse, Sungai Dender, Bandara Deurne, Etang de Virelles, Laut Utara, dan Sungai Schelde.

Baca juga: XPLORE.ID Menampilkan Destinasi Wisata Terbaik diKota Anda

Masalah Lingkungan di Belgia

Belgia memiliki cukup banyak masalah lingkungan. Lingkungan hidup diakibatkan oleh adanya aktivitas manusia seperti urbanisasi, jaringan transportasi yang cukup padat, industri, serta budidaya tanaman yang ekstensif. Dampak pencemaran udara serta air yang terjadi di negara ini juga sampai pada negara-negara tetangganya. Sebelumnya, Belgia lamban didalam menangani masalah lingkungan karena ketidakpastian tanggung jawab antara federal dan/atau regional, namun demikian saat ini masalah-masalah tersebut dapat terselesaikan.

Sumber Daya Alam Belgia

Belgia cukup kaya akan sumber daya alam khususnya sumber daya geologi yang terdiri dari agregat batu konstruksi, pasir silika serta batuan karbonat.

Artikel terkait

Baca juga: Temukan Tempat Makan dan Tempat Hangout Terbaik di Kota Anda

Back to top button