Lingkungan Hidup

Contoh Gambar Poster Hemat Air yang Mudah Digambar

Poster Hemat Air – Sudah cukup lama sekali slogan serta kampanye hemat air ini di lakukan. Mulai dari organisasi kemanusiaan sampai kampanye yang dilakukan oleh pemerintah, pernah menyebarkan ajakan untuk menghemat air.

Sebenarnya mengapa kita harus melakukan penghematan air? Bukankah air di lautan masih sangat banyak? Untuk dapat lebih memahami maksud dari kampanye penghematan air tersebut mari kita simak ulasan yang sudah kami tuliskan dalam artikel kali ini.

Daripada bertanya-tanya serta bingung sendiri mengapa pada kampanye hemat air ini, lebih baik untuk mencari tahu jawabannya secara pasti dalam artikel kali ini.

Untuk penjelasan lengkap mengapa kita perlu untuk menghemat air serta seperti apa contoh poster hemat air yang bagus serta mudah digambar tersebut, kalian dapat mengikuti artikel ini sampai akhir.

Baca juga: Kunjungi ngundang.com situs penyedia undangan digital online terbaik di Indonesia

Alasan Kita Perlu Melakukan Penghematan Air

Sesungguhnya terdapat sejumlah alasan utama yang menjadi alasan kenapa kita perlu untuk melakukan penghematan air. Agar kalian tidak penasaran dan dapat lebih mudah untuk memahami alasan hemat air tersebut, kalian dapat menyimak ulasan selengkapnya di bawah ini.

a. Penggunaan yang tak terbatas

Sadarkah kalian bahwa setiap harinya kita menggunakan air hampir untuk semua kegiatan sehari-hari. Mulai dari minum, membuat makanan, mandi, mencuci, serta kegiatan-kegiatan lain.

Sederhananya, manusia adalah makhluk hidup yang memerlukan air untuk aktivitas serta bertahan hidup. Dan hal tersebut akan terjadi terus menerus secara berulang.

Baca juga: XPLORE.ID Menampilkan Destinasi Wisata Terbaik diKota Anda

Namun karena yang menggunakan air bukan hanya kalian saja, maka alangkah baiknya apabila kalian bijak pada saat menggunakan air atau menghemat penggunaannya.

b. Air sebagai sumber pertumbuhan bahan makanan

Kalian pasti sudah pernah mempelajari hal ini pada saat masih duduk di sekolah SD yaitu tentang air sebagai sumber utama bagi pertumbuhan bahan-bahan makanan.

Sayur, buah, serta hewan ternak semuanya memerlukan air agar dapat tumbuh dengan sehat dan subur. Apabila lahan perkebunan atau pertanian mengalami kemarau hingga kekeringan, lantas bagaimana mungkin tumbuhan akan dapat bertumbuh?

Hal tersebut memiliki potensi menyebabkan terganggungnya siklus hidup. Beberapa sektor akan mengalami kesulitan air serta kekeringan yang berdampak pada hampir seluruh pihak. Jika tidak ada air, maka penduduk akan kelaparan karena mereka tidak memiliki pasokan makanan.

c. Air sebagai pelindung ekosistem dan satwa liar

Betapa pentingnya air tidak hanya karena air sebagai sumber pertumbuhan bahan makanan saja. Akan tetapi karena air juga sebagai sumber pelindung bagi berbagai spesies yang terdapat di planet ini.

Mereka memerlukan air untuk dapat tetap hidup dan bertahan. Tanpa adanya air, kehidupan mungkin saja tidak akan pernah berjalan.

Itulah mengapa kita sangat perlu untuk melakukan penghematan air agar seluruh makhluk hidup yang ada di muka bumi dapat bertahan serta melanjutkan generasi selanjutnya.

d. Menghemat air sama halnya menghemat pengeluaran

Dengan melakukan penghematan air berarti kita juga telah menghemat pengeluaran. Bagaimana bisa seperti itu?

Coba saja kalian praktekkan penghematan air kemudian lihat tagihan air pada bulan berikutnya? Apakah sama dengan biaya tagihan yang sudah-sudah?

Apabila kalian adalah pengguna mesin pompa, penggunaan air yang semakin sedikit pastinya akan menghemat juga besaran tagihan listrik kalian.

Jika kalian mempraktekkan tips dasar konservasi air ini, maka secara tidak langsung kalian telah menghemat lebih dari ratusan dan ribuan liter air setiap tahunnya.

Baca juga: Contoh Gambar Poster Lingkungan Hidup

e. Terbatasnya pasokan air

Fakta mengejutkan sekaligus juga cukup mengkhawatirkan adalah mengenai terbatasnya pasokan air saat ini perlu kembali kami ungkapkan. Saat ini, ketersediaan air tawar yang ada sudah sangat terbatas.

Bayangkan saja, dari 70% air yang terdapat di muka bumi, hanya sekitar 0,03% saja yang terdiri dari air tawar. Namun, hampir setiap hari populasi manusia justru terus bertambah, membuat jumlah air yang terbatas tersebut menjadi semakin lebih sedikit.

Demi untuk menyelamatkan masa depan serta juga melestarikan air, maka kita semua harus dapat belajar melestarikan sumber daya yang jumlahnya sudah semakin terbatas yang saat ini masih kita miliki.

f. Menghemat air juga pertanda menghemat energi

Alasan lain mengapa kita juga perlu menghemat air berikutnya adalah karena sama saja dengan kita menghemat energi yang ada.

Proses memompa air dari fasilitas pusat tentunya membutuhkan energi dalam jumlah yang tidak sedikit agar peralatannya dapat berjalan optimal.

Apabila kita telah menghemat air, berarti kita juga telah menghemat energi serta mengurangi jejak karbon.

Kalian dapat mulai melakukan penghematan air di rumah dengan menggunakan peralatan hemat energi serta menggunakan air untuk keperluan utama saja.

Beberapa Contoh Poster Hemat Air Bagus yang Mudah Digambar

Penasaran dengan seperti apa saja contoh poster hemat air yang mudah untuk digambar? Simak berikut beberapa contoh poster hemat air yang ada di bawah ini.

1. Contoh Poster Hemat Air Pertama

Contoh Poster Hemat Air yang Bagus dan Mudah Digambar
quiziz.com

Keran yang meneteskan air namun di dalamnya terdapat sedikit gambaran bumi menandakan bahwa dengan menghemat air, kita telah turut membantu dalam menyelamatkan bumi dari kekeringan. Tidak lupa tambahkan juga tulisan ‘Save Water‘ untuk lebih mempertegas poster.

2. Contoh Poster Hemat Air Kedua

Contoh Poster Hemat Air yang Bagus dan Mudah Digambar
brainly.co.id

Meskipun sama-sama menggunakan keran sebagai gambaran sumber air, namun pada gambar kedua menyajikannya berbeda dari contoh gambar poster yang sebelumnya.

Pada poster ini keran air tersebut di buat langsung di atas aliran parit yang tampak memiliki debit cukup besar.

Kemudian tambahkan papan peringatan yang jelas dan padat bertuliskan ‘HEMAT AIR’ dengan huruf kapital untuk melengkapi keterangan gambar.

3. Contoh Poster Menghemat Air Ketiga

Contoh Poster Hemat Air yang Bagus dan Mudah Digambar
vecteezy.com

Dengan menyandangkan tulisan ‘Save Water‘ di dalam poster, maka poster satu ini akan lebih terasa membumi karena terdapat sejumlah warna di dalamnya. Ada warna air, hijaunya pepohonan serta jingga dari matahari.

4. Contoh Poster Menghemat Air Keempat

Contoh Poster Hemat Air yang Bagus dan Mudah Digambar
otosection.com

Sekali lihat pun kami yakin kalian dapat membuat versimu sendiri untuk gambar poster hemat air seperti yang tertera pada gambar di atas.

Jangan lupa beri slogan ‘Hemat Air Sekarang Juga’ yang ditulis kapital beserta anjuran untuk menutup keran saat tidak dipergunakan menjadi perpaduan yang baik. Tidak pula tanda pagar Save Water ditambahkan juga di sana.

5. Contoh Poster Menghemat Air Kelima

Contoh Poster Hemat Air yang Bagus dan Mudah Digambar
youtube.com

Gambar beriktnya sederhana namun cukup bermakna dimana kalian dapat melihat bahwa air yang ada bisa dipergunakan untuk kebutuhan lainnya seperti menyiram tanaman. Makanya kita perlu lebih bijak dan menghemat penggunaan air.

6. Contoh Poster Menghemat Air Keenam

Contoh Poster Hemat Air yang Bagus dan Mudah Digambar
freepik.com

Air di sini digambarkan seperti bernyawa dimana air cukup gembira karena dapat bermanfaat bagi orang lain. Tanpa tanda peringatan lain, poster ini tetap dapat menjadi imbauan yang cukup efektif.

7. Contoh Poster Menghemat Air Ketujuh

Contoh Poster Hemat Air yang Bagus dan Mudah Digambar
my.wbb.io

Walaupun tetap menggunakan keran sebagai lambang sumber air, namun kali ini pesan yang di sampaikan agaknya lain daripada contoh poster sebelumnya.

Air yang mengalir dari keran tersebut langsung ‘digunting’ yang artinya kita perlu untuk memangkas penggunaan air. Tidak lupa sedikit peringatan menghemat air tertera pada bagian pojok kanan bawah untuk melengkapi pesan dari poster ini.

Itulah sejumlah penjelasan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai contoh poster hemat air yang bagus dan mudah digambar.

Mudah-mudahan saja apa yang telah kami sampaikan di kesempatan ini dapat memberikan kamu pengetahuan baru yang bermanfaat.

Artikel terkait

Baca juga: Temukan Tempat Makan dan Tempat Hangout Terbaik di Kota Anda

Back to top button