Spasial

Gambar Peta Spanyol Lengkap dengan Batas Wilayah

Peta Spanyol – Dalam peta dunia, negara Spanyol berada di Benua Eropa atau lebih tepatnya di wilayah Eropa Barat Daya dengan ibukota Madrid. Luas wilayah Spanyol adalah sekitar 505,370.00 km2 dimana 1.26% (6,390.00 km2) merupakan perairan dengan 498,980.00 km2 adalah merupakan daratan, sehingga menjadikan Spanyol sebagai negara terbesar ke-51 di dunia.

Spanyol memiliki ketinggian rata-rata 660 m diatas permukaan laut, Spanyol memiliki iklim monsoon tropis dengan monsun timur laut sejak bulan Desember sampai Maret serta angin musim barat daya dari bulan Juni sampai Oktober. Wilayah Spanyol terdiri atas dataran rendah yang di kelilingi oleh bukit-bukit terjal serta pegunungan pada bagian sebelah utara.

Gambar peta negara Spanyol lengkap yang tampil dibawah ini adalah dalam merupakan resolusi kecil, silahkan klik gambar tersebut agar mendapatkan tampilan gambar peta Spanyol yang lebih jelas.

baca juga: Penjelasan Lengkap Letak Astronomis Indonesia

Pinjaman Online

Gambar Peta Spanyol

Peta Spanyol
Gambar posisi letak negara Spanyol dalam peta dunia.

Peta Spanyol dan Batas Wilayah

Peta Spanyol
Gambar Peta Spanyol.

Berdasarkan peta Spanyol di atas maka secara umum dapat di ketahui batas wilayah negara Spanyol adalah sebagai berikut:

  1. Bagian Sebelah Utara: Dibatasi oleh Bay Biscay dan Perancis
  2. Bagian Sebelah Timur: Dibatasi oleh Laut Belearik
  3. Bagian Sebelah Selatan: Dibatasi oleh Laut Mediterania dan Selat Giblartar
  4. Bagian Sebelah Barat: Berbatasan dengan Portugal dan Laut Utara

Kota Penting di Spanyol

Beberapa kota penting dan besar di Spanyol diantaranya adalah Madrid, Albacete, Alcala, Algeciras, Antequera, Aranda de Duero, Alicante, Almendralejo, Almeria, Avamonte, Avila, Burgos, Caceres, Badajoz, Barcelona, Bilboa, Cadiz, Calatayud, Cartagena, Cordoba, Castropol, Ceuta, Ciudad Real, Elche, Gerona, Donostia-San Sebastian, Getafe, Gijon, Granada, La Coruna, Leon, Guadalajara, Huelva, Jaen, Lerida, Linares, Merida, Murcia, Logrono, Lugo, Malaga, Orense, Oviedo, Salamanca, Santander, Pamplona, Pontevedra, Port-Bou, Santiago, Sevilla, Toledo, Valencia, Valladolid, Tarancon, Tarragona, Teruel, Zamora, Zaragoza, Vigo dan Vitoria.

Lokasi Strategis di Spanyol

Laut Alboran, Samudera Atlantik, Laut Balearik, Embalse de Garcia de Sola, Embalse del Ebro, Golfo de Almeria, Embalse de Ricobayo, Embalse de Santa Teresa, Golfo de Cadiz, Golfo de Sant Jordi, Laguna de Antela, Golfo de Valencia, Lago de Sanabria, Laut Mediterania, Pegunungan Pyrenees, Rio Esta, Rio Gadatimar, Rio Genil, Ria de Betanzos, Rio Duera, Rio Ebro, Rio Segura, Rio Jucar, Rio Mino, Rio Pisuerga, Sierra de Gredos, Selat Gibraltar Sierra de Guadarrama, Sierra de Segura dan Sungai Tagus.

Masalah Lingkungan di Spanyol

Spanyol memiliki masalah lingkungan mengenai kuantitas dan kualitas air. Hal ini termasuk pencemaran Laut Mediterania dari limbah mentah dan limbah produksi minyak dan gas lepas pantai. Selain itu masalah pencemaran udara dan penebangan hutan mewarnai isu lingkungan di negara ini.

Sumber Daya Alam Spanyol

Spanyol kaya akan sumber daya alam khususnya sumber daya mineral dan logam seperti magnesit, gipsum, sepiolit, kaolin, fluorspar, bijih besi, tembaga, timbal, seng, uranium, tungsten, merkuri dan pirit. Selain itu ada juga sumber daya bahan bakar seperti batu bara, lignit dan hydropower. Negara ini juga memiliki sumber daya potasium dan lahan garapan yang luas.

Artikel terkait

Back to top button