Lingkungan Hidup

Contoh Poster Pemanasan Global

Poster Pemanasan Global –  Akibat terjadinya kenaikan suhu rata-rata global atmosfer, laut, serta daratan, pemanasan global adalah merupakan salah satu bentuk dari ketidakseimbangan ekosistem di bumi. Peningkatan suhu atmosfer, lautan, serta daratan merupakan tanda pemanasan global. Sekadar informasi, selama 100 tahun terakhir, rata-rata suhu global pada permukaan bumi telah meningkat sebesar 0,74 0,18 °C (1,33 0,32 °F). Akibatnya, bumi memanas.

Di sekeliling bumi terdapat karbon dioksida atau co2, yang dihasilkan dari proses seperti respirasi dan pembakaran bahan bakar. Permukaan bumi ditutupi oleh lapisan CO2 yang menyerupai kaca karena kadarnya sudah sangat tinggi. Selain karbon dioksida, atmosfer bumi juga di kelilingi oleh metana dan belerang dioksida. Gas yang melapisinya akan memantulkan infra merah dari matahari yang seharusnya dikirim kembali keluar angkasa, mirip dengan kaca secara alami.

Atmosfer bumi telah menghalangi inframerah. Mengapa inframerah dianggap wara-wiri di planet bumi? Karena cahaya inframerah memiliki frekuensi 30 GHz hingga 40.000 GHz serta panjang gelombang 760 nm hingga 1000 m. Tahukah kalian bahwa benda panas diduga memancarkan sinar infra merah sebagai gelombang panas akibat adanya getaran atom dan molekul.

Oleh sebab itu, radiasi inframerah adalah nama umum untuk itu. Sebenarnya, bumi mendapatkan manfaat dari efek rumah kaca dengan mendapatkan lebih banyak panas. Bumi akan membeku jika efek rumah kaca tidak ada.

Pinjaman Online Baca juga: Erek erek 2d Bergambar Lengkap

Bisakah kalian bayangkan bumi yang dingin? Bumi saat ini 33 °C (59 °F) lebih panas daripada suhu sebelumnya, dengan suhu rata-rata 15 °C (59 °F). Es akan menutupi seluruh permukaan bumi pada suhu -18 °C, di mana suhunya tidak akan menimbulkan efek rumah kaca. Hasil dari efek tersebut adalah bumi menghangat; namun, jika levelnya terlalu tinggi, pemanasan global akan terjadi.

Baca juga :  Contoh Gambar Poster Hemat Air yang Mudah Digambar

Untuk dapat mengajak orang lain untuk mencagah terjadinya pemanasan global yang berdampak pada kerusakan bumi yang kita tinggal ini serta menginformasikan bahayanya pemanasan global kita dapat menginformasikannya melalui poster pemanasan global.

Baca juga: Contoh Gambar Poster Lingkungan Hidup

Contoh Poster Pemanasan Global

Contoh Poster Tentang Pemanasan Global

Bumi serta semua makhluk hidup saat ini sangat terancam oleh pemanasan global. Namun, banyak orang juga percaya bahwa pemanasan global hanyalah mitos. Donald Trump, mantan presiden AS, sebagai contoh. Apa sebenarnya pemanasan global itu? Mari kita bahas terlebih dahulu tentang proses alami pemanasan untuk memahami pemanasan global. Panas adalah merupakan kebutuhan hidup bagi seluruh makhluk dan tumbuhan di bumi. Panas di hasilkan dari radiasi matahari, menurut buku 2004 Pemanasan Global: Pengantar Sangat Singkat. Gas-gas di atmosfer menjebak sebagian panas dari matahari ini di bumi. Sekitar 78% gas di atmosfer bumi adalah berupa nitrogen, 21% adalah berupa oksigen, dan 1% adalah gas lainnya.

Diambil dari buku “Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII” oleh Lina Herliana, M.Pd., dan Rangga Bhakty Iskandar, S.Pd., dalam e-modul Kemendikbud. Dampak perubahan iklim adalah sebagai berikut:

1. Menurunnya sejumlah spesies hewan dan tumbuhan
2. Suhu bumi meningkat. menyebabkan es mencair di kutub, meningkatkan jumlah air laut di sana.
3. Hilangnya perlindungan lapisan ozon (atom oksigen di atmosfer). Lapisan ozon memiliki fungsi sebagai berikut: mengontrol dan menyerap sinar ultraviolet yang sampai ke permukaan bumi. Mempertahankan planet dari benda-benda langit yang masuk menjaga suhu bumi konstan
4. Mempengaruhi kesejahteraan makhluk hidup.
5. Menurunnya terumbu karang
6. Akibat naiknya permukaan air laut, kehidupan pesisir tidak lagi layak huni bagi manusia.
7. Berbagai wilayah yang ada di dunia sedang mengalami perubahan iklim yang ekstrim. Kadang-kadang bisa terasa sangat panas di luar, tetapi juga bisa terasa sangat dingin. Perubahan cuaca tersebut sangat sulit untuk diprediksi.
8. Fluktuasi cuaca serta hujan lebat dapat menurunkan hasil panen.

Baca juga :  Sosialisasi Proyek Kuningan Line

Gambar Poster Peringatan Pemanasan Global

Contoh Poster Tentang Pemanasan Global

Faktor Penyebab Pemanasan Global Beserta Gambar Penjelasannya

Tindakan-tindakan berikut tentunya dapat dilakukan untuk menghentikan dan mengurangi dampak pemanasan global: 1. Menghindari penebangan liar atau penebangan hutan (deforestasi). 2. Memberikan pendidikan untuk membantu orang memahami apa itu pemanasan global dan bagaimana pengaruhnya terhadap mereka. 3. Melakukan penghijauan (kegiatan penghijauan) dan memperluas areal yang tersedia untuk tanaman dan makhluk hidup lainnya.

Contoh Poster Tentang Pemanasan Global

Hal ini dimungkinkan karena tumbuhan dapat mengambil karbon dioksida melalui proses fotosintesis. 4. Lindungi lingkungan dengan menggunakan listrik yang cukup, tidak membakar sampah, membatasi merokok, dan tindakan lainnya. 5. Menggunakan lebih sedikit bahan bakar fosil, seperti batu bara, bensin, dan bahan bakar organik lainnya. 6. Gunakan lebih sedikit produk yang mengandung chlorofluorocarbon (CFC) dan beralihlah ke alternatif yang lebih ramah lingkungan.

Baca juga: Contoh Poster Hemat Energi Sederhana Yang Mudah Dibuat

Contoh Poster Tentang Pemanasan Global

1 persen gas mencakup beberapa yang disebut gas rumah kaca. Bagaimana cara kerja gas rumah kaca? Ada metana, dinitrogen oksida, karbon dioksida, ozon, dan uap air. Gas rumah kaca atmosfer ini bertindak sebagai selimut. Mereka mempertahankan suhu rata-rata planet pada 35 derajat Celcius, yang tidak terlalu dingin. Tanpa gas ini, suhu bumi bisa turun hingga -20 derajat Celcius.

Contoh Poster Tentang Pemanasan Global

Contoh Poster Tentang Pemanasan Global

Bumi berbeda dari planet lain karena proses ini. Tidak ada “selimut” yang sesuai seperti Bumi di planet lain. Hewan, tumbuhan, serta manusia semuanya tidak sesuai dengan planet lain. Proses kenaikan suhu di bumi secara berlebihan tersebut dikenal dengan istilah pemanasan global.

Tentu saja, terlalu banyak gas rumah kaca adalah yang menjadi penyebabnya. Emisi karbon dioksida dari manusia telah meningkat pesat selama kurun waktu 200 tahun terakhir. Dengan membakar bahan bakar fosil seperti batu bara, minyak, dan gas alam, kita telah menciptakan karbon dioksida.

Baca juga :  22 Perusahaan Raih Penghargaan Lingkungan Hidup

Contoh Poster Tentang Pemanasan Global

Gambar Poster Pemanasan Global

Contoh Poster Tentang Pemanasan Global

Contoh Poster Tentang Pemanasan Global

Contoh Poster Tentang Pemanasan Global

Artikel terkait

Back to top button