Lingkungan Hidup

Contoh Poster Hemat Listrik yang Mudah Dibuat

Listrik adalah merupakan sumber energi yang dapat diperbarui, namun kita harus bisa menyimpannya untuk masa yang akan datang. Terkait dengan hal ini banyak anjuran yang sifatnya menyampaikan pesan ajakan agar kita menggunakan energi listrik sebijaksana mungkin, salah satunya adalah melalui poster-poster hemat energi listrik.

Apa yang dimaksud dengan poster? Bagaimana menyusun sebuah poster?

Secara sederhana susunan poster adalah berupa pesan serta gambar yang berisi informasi, ajakan dan harapan.

Pesan dari poster haruslah singkat, jelas serta disertai gambar yang relevan sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan. Tentunya juga disertai gambar yang menarik serta mudah dimengerti oleh pembaca.

Baca juga: Kunjungi ngundang.com situs penyedia undangan digital online terbaik di Indonesia

Agar lebih jelas berikut adalah beberapa contoh desain poster yang menarik serta mudah untuk dibuat, yang terkait dengan anjuran agar bijaksana didalam penggunaan energi listrik.

1. Poster Bumi dan Energi

Kamu dapat menggunakan kalimat sederhana “Hemat Energi Sayang Bumi” sebagai tema utama dari poster. Kemudian ilustrasikan energi dalam gambar bohlam serta tambahkan gambar pemandangan sederhana di dalamnya.

2. Contoh Poster Hemat Air

contoh poster hemat air

Tidak hanya listrik saja, energi lainnya yang juga harus kamu hemat adalah air. Itulah sebabnya tema hemat air juga dapat menjadi salah satu opsi ketika kamu membuat poster hemat energi. Lengkapi poster ini dengan gambar ilustrasi keran air serta pohon sebagai pemanis.

Baca juga: XPLORE.ID Menampilkan Destinasi Wisata Terbaik diKota Anda

3. Contoh Poster Hemat Energi Sederhana

contoh poster hemat energi konservasi energi

Pilihan lainnya kamu dapat sampaikan dahulu ajakan untuk menyayangi bumi. Baru kemudian kamu beri solusi atau caranya pada bagian bawah gambar. Gunakan ilustrasi sejumlah orang yang sedang memeluk bumi untuk lebih memperkuat pesanmu.

4. Contoh Poster Hemat Energi dan Anjuran Mematikan Lampu

contoh poster hemat listrik

Contoh poster hemat listrik berikutnya mengandung kalimat aktif yang seperti perintah. Kamu dapat langsung menuliskan “matikan lampu saat kamu pergi ke luar” agar pesan bagi orang menerima menjadi lebih jelas. Ini dapat menjadi solusi untuk meminimalisir kesalahan dalam penafsiran ketika orang lain melihat karyamu.

Baca juga: Contoh Poster Hemat Energi Sederhana Yang Mudah Dibuat

5. Contoh Poster Hemat Listrik

poster hemat energi hemat listrik

Jika tidak ingin bertele-tele dalam membuat tulisannya, cukup buat saja seperti gambar di atas. Lalu kamu dapat mengalihkan fokus pada ilustrasi alam dan energi dalam bentuk bola lampu.

6. Poster Hemat Energi Konservasi

contoh poster hemat energi konservasi sumber daya

Karya satu ini cukup mudah untuk kamu buat. Cukup padukan antara gambar bohlam, bumi, serta tumbuhan. Lalu, berikan kalimat anjuran terkait konservasi energi pada bagian bawahnya. Gunakan perpaduan warna putih serta hijau sebagai dasar agar terlihat lebih alami.

7. Poster Konservasi Air Bersih

ilustrasi poster hemat sumber daya air

Air adalah merupakan salah satu sumber daya yang sering kali manusia gunakan sesuka hati. Makanya sangat penting untuk memberi peringatan kepada seluruh masyarakat bahwa kita harus menjaganya untuk masa depan yang lebih baik.

Baca juga: Contoh Gambar Poster Lingkungan Hidup

8. Contoh Poster Hemat Energi Listrik

poster konservasi energi

Untuk membuat poster seperti ini, kamu hanya perlu mencari ilustrasi bumi serta gambar bentuk bohlam. Lalu, kamu dapat masukkan gambar bumi ke dalam bohlam untuk lebih menekankan dampak buruknya bagi lingkungan.

Sebagai langkah akhir, buat tulisan sederhana di atasnya yang berupa ajakan hemat energi listrik.

9. Konservasi Energi Listrik di Rumah

contoh poster hemat energi mematikan lampu di rumah

Mematikan lampu saat tidak kamu pergunakan adalah salah satu langkah konservasi energi yang termudah. Kamu dapat menjadikan hal ini sebagai tema utama dari poster yang akan dibuat. Selain gambar bohlam, masukkan juga ilustrasi saklar lampu dengan tulisan on dan off.

10. Hemat Energi = Hemat Biaya

contoh poster hemat energi listrik

Tidak hanya berkaitan dengan lingkungan saja, hemat energi juga dapat kamu sangkutkan ke masalah finansial. Beri penekanan bahwa dengan menghemat penggunaan energi seseorang dapat meminimalisir pengeluaran rutinnya.

11. Contoh Poster Hemat Energi Air

contoh poster hemat energi air

Terakhir kamu bisa membuat contoh poster sederhana berisi ajakan untuk bijak dalam menggunakan air.

Ini penting karena air juga merupakan salah satu energi atau sumber daya yang penting didalam kehidupan manusia.

Artikel terkait

Baca juga: Temukan Tempat Makan dan Tempat Hangout Terbaik di Kota Anda

Back to top button