Bencana

7 Negara yang Sering Terkena Bencana Alam

Bencana alam adalah musibah yang dapat terjadi kapan pun dan dimanapun. Musibah alam umumnya terjadi murni karena faktor alam, tetapi juga bisa terjadi karena ada terlibat manusia. Misalkan saja berlangsungnya pemanasan global yang mengakibatkan berlangsungnya beragam musibah klimatologi belakangan ini. Ada banyak type musibah alam yang terjadi di beberapa penjuru dunia. Yang umum seperti gempa bumi, kekeringan, badai, banjir, kegiatan vulkanis, temperatur ekstrim, tanah longsor, dan kebakaran hutan.

Musibah alam bisa terjadi hampir di seluruh dunia. Tetapi, ada banyak negara yang terdaftar tersering alami musibah alam bertaraf besar setiap tahunnya. Menurut data pada situs statista, berikut adalah 7 negara dengan kasus bencana alam terbanyak pada tahun 2020 lalu

  1. Indonesia

Indonesia merupakan negara dengan catatan musibah alam terbanyak di selama setahun 2020. Negara Kepulauan yang berada di tatap muka 3 lurus tektonik aktif ini riskan musibah. Bahkan juga, berdasarkan catatan BNPB (Badan Nasional Pengendalian Bencana), sejauh 2021 lantas ada lebih dari 3000 musibah alam terjadi di segala penjuru tanah air yang mana jumlah ini naik dari 2951 kasus di tahun awalnya.

Berada pada serangkaian pegunungan Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania, membuat Indonesia kerap alami beragam musibah seperti gempa bumi, erupsi gunung api, tanah longsor, bahkan juga kekeringan dan kebakaran hutan.

Baca juga: Kunjungi ngundang.com situs penyedia undangan digital online terbaik di Indonesia
  1. Amerika Serikat

Amerika Serikat adalah negara dengan tingkat peristiwa musibah alam paling sering di dunia. Menurut situs usatoday, minimal ada 20 musibah alam bertaraf besar yang terjadi di Amerika Serikat sejauh 2021 lalu yang mengakibatkan rugi sebesar lebih dari 145 miliar USD. Antara musibah yang umum terjadi di Amerika Serikat ialah musibah klimatologi seperti siklon tropis, tornado, banjir, gelombang panas dan kekeringan, gelombang dingin dan badai salju, dan kebakaran rimba.

Tornado sebagai salah satunya musibah alam yang paling umum terjadi di Amerika Serikat dibanding di lain tempat. Diprediksi lebih dari 1000 tornado terjadi di Amerika Serikat tiap tahunnya. Menurut periset di National Severe Storms Laboratory, Harold Brooks, hal itu muncul karena kehadiran Pegunungan Rocky dan Teluk Meksiko yang membuat keadaan cuaca pembentuk tornado. Ditambahkan lagi factor udara hangat yang lembab, udara sejuk yang kering, dan angin horizontal yang naik.

Baca juga: Tips Menghindar Terjadinya Bencana Alam Dengan Aman

Baca juga: XPLORE.ID Menampilkan Destinasi Wisata Terbaik diKota Anda
  1. China

China atau Tiongkok adalah negara yang berada di kawasan Asia Timur. Negara dalam jumlah warga paling besar di bumi ini sering alami musibah alam, seperti banjir, badai, gempa, dan selain. Ini bisa saja muncul karena China sebagai negara dengan cuaca dan keadaan geografis yang paling bermacam.

Selama setahun 2021 lalu, terdaftar beberapa musibah terjadi di China seperti gempa bumi, banjir, kebakaran rimba, dan badai topan. Satu diantaranya yang paling besar ialah banjir hebat di Propinsi Henan yang beribukota di Zhengzhou.

  1. Vietnam

Vietnam adalah salah satu negara yang mempunyai tingkat kerentanan musibah alam lumayan tinggi. Negara yang berada di teritori Asia Tenggara ini dengan teratur sering alami musibah cuaca seperti badai, topan, kekeringan dan gelombang panas, banjir, tanah longsor, dan erosi.

Vietnam sendiri sebagai salah satunya dari 10 negara yang paling terimbas karena peralihan cuaca dalam waktu 20 tahun akhir. Bahan imbas itu memberikan ancaman ketahanan pangan negara itu.

  1. India

Negara yang terletak di kawasan Asia Selatan ini sebagai salah satunya negara dengan tingkat peristiwa musibah alam paling banyak. Salah satunya pemicunya ialah karena negara ini ada di atas lurus India yang bergerak sepanjang 47 mm setiap tahunnya. Mengakibatkan, India menjadi satu diantara negara yang riskan gempa.

Di tahun 2021 lalu, lainnya harus bertanding dengan gelombang “tsunami Covid-19”, India hadapi beberapa musibah alam yang lain. Salah satunya ialah banjir besar di sejumlah daerah seperti Tamil Nadu, Maharashtra, dan Kerala. Disamping itu terjadi badai siklon tropis, siklon yaas, siklon gulab, dan gempa bumi di Asaam.

  1. Turki

Negara lintas benua Turki menjadi satu diantara negara yang terdaftar kerap alami musibah alam. Ini dikarenakan oleh negara yang berada di daerah Eurasia ini ada di garis patahan dan retakan lurus Afrika yang tekan ke daerah Anatolia.

Berdasar data dari Disaster and Emergensi Manajemen Authority (AFAD) Turki, sejauh 2021 minimal ada 107 banjir, 66 kebakaran rimba, 16 badai salju, dan 39 tanah longsor yang menerpa Turki.

  1. Filipina

Filipina adalah negara kepulauan di Asia Tenggara yang berada di daerah Cincin Api Pasifik dan sepanjang sabuk topan Pasifik. Hal itu membuat Filipina menjadi satu diantara negara dengan tingkat musibah alam paling banyak di dunia. Tipe musibah alam yang sering menerpa negara ini diantaranya topan, gempa bumi, banjir, letusan gunung berapi, kebakaran, dan tanah longsor.

Dalam data Index Risiko Dunia tahun 2020, disebut jika Filipina ialah negara ke-4 yang paling berefek alami musibah cuaca. Musibah cuaca yang tersering dirasakan oleh Filipina ialah topan. Rerata pada sebuah tahun negara ini alami 20 kali topan, yang mana 5 salah satunya dapat benar-benar menghancurkan.

Artikel terkait

Baca juga: Temukan Tempat Makan dan Tempat Hangout Terbaik di Kota Anda

Back to top button