Spasial

Letak Astronomis Thailand dan Geografis Thailand serta Keuntungannya

Letak Astronomis Thailand – Thailand adalah sebuah negara di Asia Tenggara yang berbatasan dengan Laos dan Kamboja di timur, Malaysia dan Teluk Siam di selatan, dan Myanmar dan Laut Andaman di barat. Kerajaan Thai dahulu dikenal sebagai Siam sampai tanggal 11 Mei1949. Kata “Thai” (ไทย) berarti “kebebasan” dalam bahasa Thai, tetapi juga dapat merujuk kepada suku Thai, sehingga menyebabkan nama Siam masih digunakan di kalangan warga negara Thai terutama kaum minoritas Tionghoa dan Amerika.

Dari segi geografis yang berdekatan, tidak heran jika negara di kawasan Asia Tenggara memiliki cukup banyak kesamaan. Salah satu negara tetangga Indonesia adalah negara Thailand. Negara ini dikenal sebagai negara yang kondisi ekonominya cukup baik di Asia Tenggara. Luas negara Thailand adalah seluas 510.000 km. Dulunya, negara ini dikenal sebagai wilayah Buddhis dimana terbagi dalam beberapa bagian kerajaan seperti Lan Chang, Lanna serta Sukhothai.

Letak Astronomis Thailand

Negara Thailand letaknya sangat strategis, sama halnya dengan Indonesia. Bahasa yang dipergunakan oleh masyarakat di kesehariannya adalah menggunakan bahasa Thai. Meski demikian pada sejumlah daerah juga kerap menggunakan bahasa Cina atau Inggris. Letak astronomis Thailand adalah sebagai berikut:

  • Pada garis lintang letaknya ada di 5 derajat Lintang Utara (LU) sampai 21 derajat Lintang Utara (LU).
  • Pada garis bujurnya, Thailand ada di 97 derajat Bujur Timur (BT) sampai 106 derajat Bujur Timur (BT).

Karena letak astronomis Thailand ini, maka iklim yang ada di negara Thailand adalah termasuk iklim tropis sama seperti Indonesia.

Pinjaman Online Baca juga: Erek erek 2d Bergambar Lengkap
Baca juga :  Peta Kamboja Lengkap dengan Nama Kota dan Batas Wilayah

Baca juga: Arti Letak Geografis dan Letak Astronomis

letak geografis, astronomis, dan geologis thailand

Letak Geografis Thailand

Wilayah dari negara Thailand sendiri memang memanjang sampai ke semenanjung Malaya. Negara Thailand adalah merupakan negara terluas dengan urutan nomor ke-52 di dunia. Untuk letak geografis Thailand, adalah sebagai berikut:

  • Pada bagian utaranya berbatasan dengan negara Laos serta negara Myanmar.
  • Untuk wilayah bagian selatan Thailand berbatasan dengan negara Malaysia.
  • Di wilayah bagian timur, negara ini berbatasan langsung dengan negara Laos serta negara Kamboja.
  • Pada bagian barat negara Thailand berbatasan dengan Myanmar.

Baca juga:  Letak Astronomis Brunei Darussalam dan Pengaruhnya

Letak Geologis Thailand

Bangkok adalah merupakan ibukota dari negara Thailand. Negara ini memiliki bentuk permukaan bumi yang cukup beragam. Pada bagian wilayah utaranya, kondisi Thailand adalah bergunung-gunung dengan titik paling tinggi berada pada ketinggian 2.576 m yakni di wilayah Doi Inthanon. Berikut ini adalah penjelasan geologis negara Thailand:

  • Untuk wilayah timur laut Thailand terdapat pegunungan Koral dimana dibatasi oleh Sungai Mekong di timurnya.
  • Pada kawasan tengah negara ini didominasi oleh area lembah dari sungai Chao Phraya dimana hampir seluruhnya datar kemudian mengalir ke Teluk Thailand.
  • Di bagian selatannya terdapat Tanah Genting Kra yaitu dataran tersempit yang ada di wilayah Thailand.
  • Pada bagian utara dan bagian barat Thailand juga terdapat pegunungan, sedangkan semenanjung Thailand selatan cenderung berbukit sampai ke perbatasan Malaysia.

Wilayah negara Thailand (lihat Peta Thailand) memang dilewati oleh serangkaian baris pegunungan dimana untuk daerah pegunungan terluasnya berada di daerah utara. Total panjang dari garis pantai di Thailand adalah sepanjang 2.500 km dimana berhubungan secara langsung dengan wilayah laut Andaman. Pada sepanjang perairannya, banyak ditemukan pulau yang sudah berpenghuni maupun masih kosong. Iklim negara Thailand adalah tropis dimana untuk daerah selatan cenderung menerima curah hujan yang lebih banyak dibanding wilayah lainnya.

Baca juga :  Gambar Peta Dunia Lengkap Dengan Nama Negara dan Sejarah

Baca juga: Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Negara Malaysia dan Keuntungannya

Keuntungan Letak Geografis Thailand

Keuntungan dari letak geografis Thailand sendiri terdapat cukup banyak keuntungan, yaitu:

  • Thailand memiliki hampir lebih dari 300 jenis mamalia di negaranya. Thailand bahkan mengakui bahwa negaranya memiliki keragaman jenis burung yang terbesar di Benua Asia (lihat disini Peta Benua Asia) dimana terdapat lebih dari 900 spesies yang hidup di sana.
  • Thailand memiliki cukup banyak dataran dan pegunungan, maka pertanian adalah merupakan kekuatan dari negara ini. Tentu Kita sudah tidak asing lagi dengan beras Thailand yang banyak dikonsumsi. Bahkan Thailand juga disebut sebagai lumbung beras yang berada di kawasan Asia Tenggara karena kualitasnya yang bagus serta pertanian yang berkembang.

Itulah penjelasan singkat terkait letak astronomis Thailand, geografis serta geologis negara Thailand serta keuntungan yang didapat oleh negara tersebut. Thailand juga dikenal akan pariwisatanya yang sangat maju sehingga terdapat jutaan wisatawan yang selalu berkunjung ke Negeri Gajah Putih ini setiap tahunnya.

Artikel terkait

Back to top button