Bencana

Ciri-Ciri Pertanda Alam akan Terjadi Tsunami

Akhir-akhir ini marak diberitakan bila tsunami akan terjang pulau Jawa. Berita ini juga membuat warga sempat ramai sampai BMKG harus membuka suara.

Walau belumlah diketahui kebenarannya, tetapi tidak ada kelirunya bila Anda megenali beberapa pertanda alam yang memperlihatkan bila tsunami bisa terjadi.

Seperti kita kenali, gelombang tsunami tiba tidak lama sesudah gempa bumi memiliki kekuatan tinggi terjadi.

Selainnya gempa sebagai penanda awalnya, lalu apa pertanda yang memperlihatkan jika tsunami bisa terjadi?

Baca juga: Kunjungi ngundang.com situs penyedia undangan digital online terbaik di Indonesia

Pada artikel dengan judul “Waspada Kekuatan Tsunami Pulau Jawa, Ketahui Ciri-Ciri Pertanda Alam akan Terjadi Tsunami” , ketahui tanda-tandanya di bawah ini.

  1. Ketahui Keadaan Air

Umumnya orang yang letak wilayahnya ada di sekitaran pantai, memang lebih dicurigai daripada yang berada di dataran lebih jauh.

Pasalnya tsunami memungkinkan dapat terjadi di wilayah yang sekelilingnya lautan. saat sebelum terjadi tsunami, kondisi air akan berlainan. Umumnya lebih surut secara tiba tiba.

Baca juga: XPLORE.ID Menampilkan Destinasi Wisata Terbaik diKota Anda

Baca juga: Memahami Mitigasi Bencana

  1. Terdengar suara gemuruh

Tidak cuma masalah kondisi air dan luat, berlangsungnya tsunami ditandai dengan wujud lain. Satu diantaranya ialah kedengar suara gemuruh yang besar dari terlalu jauh. Suara ini kedengar besar dan keras.

  1. Lihat keberadaan hewan-hewan seperti burung

Tsunami dapat dicirikan dengan letak kehadiran hewan. Satu diantaranya ialah kehadiran burung burung.

Saat sebelum terjadi tanda-tanda tsunami, ada banyak hal yang aneh. Misalkan kehadiran burung yang tiba tiba berpindah-pindah dari kondisi pulau kecil. Umumnya mereka akan pergi ke arah tengah lautan.

  1. Terjadi gempa pengiring

Tsunami tidak dapat tau-tau tiba demikian saja. Tentu sudah ada gempa yang memulai lebih dulu.

Satu diantaranya ialah gempa tektonik dan gempa vulkanik. Karena itu bila di wilayah Anda tau-tau ada gempa, anda perlu sedikit siaga. Gempa yang barusan terjadi ialah gempa yang berkekuatan tinggi atau tidak.

Jika masuk kekuatan rendah, karena itu Anda dapat sedikit lega. Tetapi apabila sudah masuk ke kelompok tinggi, karena itu ada resiko ada gempa susulan bahkan juga dapat terjadi tsunami.

Baca juga: Definisi Bencana Adalah Sebagai Berikut

  1. Terjadi gelombang lautan yang tidak biasa

Gelombang yang ada sebagai salah satunya tanda tanda ada tsunami akan tiba. Apa lagi gelombang yang ada sebagai gelombang yang di nilai aneh dan tidak umumnya.

Bisa jadi gelombang yang memacu terjadinya tsunami sebagai sisi dari renteten gelombang yang ada. Atau juga bisa gelombang yang ada mulai dari gelombang yang kecil, selanjutnya gelombang yang besar. Baru kemudian ada tsunami yang bekasnya akan mengakibatkan erosi tanah.

  1. Keadaan awan lebih gelap

Ciri-ciri lain bisa terjadi tsunami adalah keadaan awan yang warna lebih gelap dan mendung.

Apa lagi bila dibarengi dengan berlangsungnya tornado atau angin. Perihal ini pula dapat muncul karena ada gelombang elektromagnetis dari dasar susunan atmosfer bumi, yang bisa menyebabkan daya listrik di awan ketelan oleh gelombang gelombang lainnya.

Baca juga: Jenis Bencana Alam yang Paling Sering Terjadi di Indonesia Adalah 9 Jenis

  1. Lampu masih tetap menyala walau tidak ada listrik

Apa ini memberikan keuntungan? Anda tak perlu bayar listrik, tetapi lampu rumah masih tetap menyala? Iya secara ekonomi. Tetapi tidak secara fisika.

Ini sebagai tanda jika di lingkungan Anda ada gelombang elektromagnetis yang bergerak bebas pada udara, dan sebagai pertanda akan ada musibah yang luar biasa segera terjadi. Satu diantaranya ialah gempa dan tsunami.

Begitu ciri-ciri bisa terjadi tsunami, Anda harus mempelajari beberapa ciri itu agar menghindari dan menyelematkan diri dari tsunami

Artikel terkait

Baca juga: Temukan Tempat Makan dan Tempat Hangout Terbaik di Kota Anda

Back to top button