Bencana

Kenali Tanda-Tanda Terjadinya Gempa Bumi

Gempa bumi yang terjadi memang mengerikan, tetapi ini tidak dapat dijauhi ingat Indonesia terhitung negara yang rawan akan gempa.

Karena itu, mempelajari dan waspada beberapa ciri yang umumnya terjadi saat sebelum gempa ialah hal yang bijaksana.

Ada beberapa tanda yang bisa terlihat bila bisa terjadi gempa bumi. Beberapa tanda itu diantaranya:

Lihat ke langit

Pinjaman Online Baca juga: Erek erek 2d Bergambar Lengkap

jika di langit ada awan yang seperti angin tornado/seperti pohon/seperti tangkai, memiliki bentuk berdiri, itu ialah awan gempa yang umumnya ada saat sebelum gempa terjadi.

Awan yang berbentuk aneh itu muncul karena ada gelombang elektromagnetis memiliki kekuatan luar biasa dari dasar bumi, hingga gelombang elektromagnetis itu ‘menghisap’ daya listrik di awan, maka dari itu wujud awannya jadi seperti terhisap ke bawah.

Gelombang elektromagnetis memiliki kekuatan besar tersebut terjadi karena ada patahan atau perubahan lempeng bumi. Tetapi munculnya awan gempa semacam itu di langit tidak selamanya memiliki arti akan ada gempa. Bisa jadi memang memiliki bentuk semacam itu.

Baca juga: Definisi Bencana Alam Adalah

Coba diuji medan elektromagnetis di rumah

– Check tayangan TV, adakah suara brebet-brebet atau mungkin tidak

– Bila ada mesin fax, check apa lampunya blinking meskipun kembali tidak transmit data

– Coba meminta seseorang mengirimi fax ke kita, check apa teksnya yang diterima berantakan atau mungkin tidak

– Coba matikan saluran listrik. Check apa lampu neon masih tetap menyala redup/remang-remang meskipun tidak ada arus listrik

Kalau mendadak TV brebet-brebet, lampu fax blinking, walau sebenarnya tidak sedang transmitting, text yang kita terima awut-awutan dan neon masih tetap berpijar meskipun tidak ada arus listrik, itu memiliki arti sedang ada gelombang elektromagnetis hebat yang terjadi tetapi nyata dan tidak bisa dirasa oleh manusia.

Baca juga :  Banjir dan, Longsor akibat Ulah Manusia

Lihat hewan-hewan

Check apa hewan-hewan seperti “lenyap”, lari atau berlagak laku aneh/gelisah. Insting hewan umumnya tajam dan hewan dapat rasakan gelombang elektromagnetis.

Baca juga: Memahami Mitigasi Bencana

Air tanah

Saksikan apa air tanah mendadak jadi kering tidak seperti umumnya.

Bila empat pertanda ini ada atau kelihatan dalam kurun waktu bertepatan, cepatlah bersiap-siap untuk penyelamatan. Empat pertanda itu kemungkinan memperlihatkan akan ada gempa memiliki kekuatan besar.

Walau begitu, ada awan gempa yang memiliki bentuk aneh itu, tidak dapat pastikan kapan gempa terjadi.

Maka dari itu tidak boleh tunggu-tunggu kembali, sedapat mungkin langsung bertindak penyelamatan diri untuk menghindar beberapa hal yang terburuk.

Jika skala gempanya besar dan episentrumnya berada di laut, kita selalu harus aware akan hadirnya gelombang tsunami. Tingginya gelombang dapat beberapa puluh meter, juga bisa cuma dua meter. Tetapi meskipun cuma dua mtr., gelombangnya tidak bermain-main. Kekuatannya hebat (seperti tidak ada habisnya) dan tekanannya dapat capai 190 kg.

Satu kali lagi ini cuma prediksi manusia yang jelas semua bencana dan musibah pasti hanya Allah yang hendak tentukan. Untuk mengingatkan manusia mengenai kekuasaanNya yang tidak ada yang dapat mengalahkan.

Artikel terkait

Back to top button