Bencana

Kenali Tanda-tanda Alam Akan Terjadinya Bencana Tsunami

Tsunami sebagai bencana alam yang dipacu oleh berlangsungnya erupsi gunung berapi bawah laut, longsor bawah laut, gempa bumi bawah laut, hantaman meteor, atau faktor kesengajaan manusia seperti letusan nuklir yang tidak menyengaja menghajar lautan luas. Ada banyak pertanda peringatan alam yang terjadi saat sebelum musibah tsunami terjang, berikut salah satunya:

Tanah bergetar dan suara gemuruh ombak yang tidak biasa

Gempa bumi yang terpusat dalam laut, atau longsornya permukaan bumi di bawah laut, akan mengakibatkan berlangsungnya underwater disturbance. Pada kemampuan dan kedalaman tertentu kedua kejadian itu bisa memicu tsunami. Bila Anda ada di dekat laut dan rasakan tanah bergetar atau dengar suara gemuruh ombak yang tidak biasa, yang didengar keras seperti suara pesawat jet atau kereta, cepatlah lari ke daratan yang semakin tinggi dan jauhi lembah atau sungai.

Baca juga: Definisi Bencana Adalah Sebagai Berikut

Pinjaman Online Baca juga: Erek erek 2d Bergambar Lengkap

Air laut tiba-tiba surut

Beberapa pakar memberikan laporan jika tsunami yang merapat dapat didului oleh keringnya permukaan air laut secara mendadak. Kejadian yang tidak biasa ini terjadi karena ada Megathrust, yaitu gerakan naik dari patahan lurus yang besar yang ada dalam laut. Misalkan saat lurus samudera mengarah ke bawah, menunjam lurus benua, dan memunculkan gempa bumi. Kemampuan dorongan keatas, seperti “kepalan tangan raksasa” yang ada dari bawah permukaan air laut mengakibatkan air berguling turun dari beberapa sisi “kepalan tangan raksasa” itu, membuat gelombang besar yang meluncur cepat, sekencang pesawat terbang. Gelombang itu akan bergerak lewat lautan, walau hampir tidak kelihatan di atas. Dan saat gelombang capai air laut dangkal, kemampuan “thrust” dari perubahan lurus itu akan menggerakkan gelombang sampai capai beberapa puluh mtr. ke udara. Cepatlah lari ke daratan yang semakin tinggi bila Anda menyaksikan air laut kering dengan cepat dan mendadak.

Baca juga :  Urutan Siklus Manajemen Bencana Yang Benar Adalah Sebagai Berikut Menurut BPBD

Baca juga: Definisi Bencana Alam Adalah Sebagai Berikut

Binatang dan kemampuan rasakan bahaya yang akan datang

Keyakinan jika hewan mempunyai “six sense” sudah ada sepanjang berabad-abab. Saat sebelum gempa bumi terjadi dan ombak raksasa menghajar garis pantai, anjing perliharaan menolak untuk tinggalkan rumah, gajah meniupkan terompet mereka dengan kuat dan lari ke dataran yang tinggi, kelelawar terbang larikan diri dan flamingo tinggalkan daratan rendah. Kemungkinannya ialah hewan mempunyai indera yang lebih tajam dan tingkat kesadaran yang semakin besar pada lingkungan disekitaran mereka, hingga hewan bisa lebih cepat melakukan tindakan selamatkan diri. Riset menjelaskan jika hewan bisa rasakan bahaya mendatang, getaran dan perubahan elektromagnetik di atmosfer, yang kemungkinan untuk manusia disimpulkan sebagai peralihan alam kecil yang tidak berarti.

Perlakuan penyelamatan yang dapat dilaksanakan mendekati terjadi tsunami

Tidak ada yang dapat meramalkan terjadinya tsunami. Tetapi, bila Anda rasakan atau menyaksikan dan dengar pertanda yang disebut sebelumnya, karena itu yang perlu Anda kerjakan ialah selekasnya memberitahukan beberapa orang disekitaran Anda, tidak boleh menunggu peringatan tsunami sah, dan segera selamatkan diri dengan:

  • Menjauhi wilayah pesisir laut dan cari daratan atau bangunan kuat yang semakin tinggi. Ingat-ingatlah jika tsunami sebagai serangkaian gelombang dan gelombang yang pertama kemungkinan bukan gelombang yang sangat membahayakan. Bahaya tsunami bisa berjalan sepanjang berjam-jam sesudah hadirnya gelombang pertama.
  • Menjauhi sungai. Ombak tsunami dapat berguling sampai ke sungai dan saluran air yang lain yang ke arah laut.

Simpan tas persediaan untuk kondisi genting ialah hal yang penting untuk dilaksanakan. Isi tas itu dengan stok beberapa obat, air, pakaian, dan makanan yang cukup buat 72 jam. Yakinkan Anda lengkapi persiapan diri dengan mempunyai asuransi kecelakaan. Tsunami, gempa bumi, badai dan tanah longsor – bencana alam terjadi tanpa diduga-duga.

Baca juga :  Kenali Tanda-Tanda Terjadinya Gempa Bumi

Artikel terkait

Back to top button