Spasial

Peta Rusia dan Ukraina serta Penjelasan Lengkap

Peta Rusia dan Ukraina – Rusia dan Ukraina adalah merupakan dua negara yang berada di Eropa Timur yang berbatasan dibagian timur dan timur-laut. Kedua negara ini juga berbatasan dengan Belarusia, Slowakia, Hongaria, Polandia, Rumania, dan Moldova. Rusia dan Ukraina adalah merupakan pecahan dari negara Uni Soviet, dan mulai terbentuk pada tahun 1991 ketika negara Uni Soviet bubar. Untuk mengetahui lebih lengkap terkait kedua negara tersebut, berikut adalah peta Rusia dan Ukraina beserta penjelasan lengkap dari masing-masing negara.

Negara Rusia

Rusia (Russia) adalah merupakan negara terluas di dunia yang merupakan bekas dari negara Uni Soviet. Disamping sejarahnya yang cukup menarik karena merupakan bekas dari Uni Soviet, Rusia juga memiliki sejumlah daya tarik lainnya karena letaknya yang cukup strategis. Banyak orang yang masih bingung apakah negara Rusia masuk ke dalam benua Asia atau benua Eropa karena letaknya memang berdekatan dengan kedua benua tersebut. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, di bawah ini adalah profil dan peta Rusia dan Ukraina secara lengkap.

Pembentukan Federasi Rusia

Boris Yeltsin adalah merupakan presiden Rusia pertama dalam sejarah yang diangkat pada bulan Juni 1991. Setelah Uni Soviet bubar, kemudian selanjutnya dilakukan reformasi secara besar-besaran termasuk dalam hal perdagangan bebas serta privatisasi. Meskipun jumlah populasi penduduknya hanya setengah populasi dari Uni Soviet sebelum bubar namun Rusia akhirnya harus tetap bertanggung jawab atas hutang yang ditinggal Uni Soviet. Hal tersebut juga yang menyebabkan terjadinya krisis keuangan pada tahun 1998.

Pada tanggal 31 Desember 1999, Boris Yeltsin mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Presiden dan memberikan kekuasaan kepada Vladimir Putin yang saat ini menjadi Perdana Menteri. Di bawah pemerintahan Putin, Rusia mulai bangkit sehingga standar hidup negaranya membaik dan pengaruh di dunia kembali meningkat.

Pinjaman Online Baca juga: Erek erek 2d Bergambar Lengkap
Baca juga :  Peta Kota Makassar Lengkap Sampai Kecamatan

Baca juga: Gambar Peta Indonesia Lengkap

Peta Rusia

Peta Rusia Lengkap

Peta Rusia Berdasarkan Distrik

Kumpulan Peta Rusia

peta negara rusia
Gambar Peta Rusia.

Geografi Rusia

Negara Rusia terletak di Asia Utara. Rusia memiliki total garis perbatasan sepanjang 22.408,00 km, dengan Ukraina (1.944 km), China (tenggara, 4.133 km), China (selatan, 46 km), Belarus (1.312 km), Azerbaijan (338 km), Finlandia 1,309 km), Georgia (894 km), Estonia (324 km), Kazakhstan (7.644 km), Mongolia (3.452 km), Polandia (Oblast Kaliningrad, 210 km), Norwegia (191 km), Latvia (332 km), Lithuania (Kaliningrad Oblast, 261 km), serta Negara Korea Utara (18 km).

Sebagai negara terluas di dunia, negara Rusia memiliki luas wilayah sebesar 17.125.200 km2, dimana 4,21% wilayahnya adalah merupakan perairan dan 16.377.742,00 km2 wilayahnya merupakan daratan. Hal ini menjadikannya sebagai negara terluas di dunia (sekitar 1,8 kali dari luas AS). Perluasan teritorial dari negara ini kebanyakan didapat pada abad ke-16 selama dipimpin oleh Yermak Timofeyevich. Moskow adalah merupakan ibu kota Rusia dan nama “Rusia” dinamai untuk viking Rus, dipilih sebagai bentuk permohonan warisan (invoke patrimony) di seluruh Rusia. Kode ISO Negara Rusia adalah RU. Berikut ini selengkapnya mengenai geografi dari negara Rusia:

Letak dan Batas Wilayah Negara Rusia

Berdasarkan letak Astronomisnya, Rusia berada diantara 41°LU – 82°LU dan 19°BB – 169°BB. Berdasarkan letak Geografisnya, Rusia masuk ke dalam dua benua sekaligus yaitu benua Eropa dan benua Asia hal ini dapat terlihat dari peta rusia dan ukraina. Sebanyak 77% dari wilayahnya masuk di benua Asia, namun 33% lainnya masuk ke benua Eropa. Meski begitu, mayoritas penduduk Rusia tinggal di wilayah yang masuk ke benua Eropa.

Sedangkan batas wilayah Rusia di sebelah barat yaitu Finlandia, Ukraina, Lithuania, dan Belarusia. Untuk sebelah Timur berbatasan dengan Laut Pasifik. Pada bagian Selatan, wilayah Rusia berbatasan dengan Negara China, Kazakhstan, dan Korea Utara sedangkan di bagian Utara berbatasan dengan Samudera Arktik. Untuk wilayah Barat Daya, negara Rusia berbatasan dengan negara seperti Georgia dan Azerbaijan, juga dengan Laut Kaspia dan Pegunungan Kaukasus.

Baca juga: Letak Astronomis Benua Eropa Beserta Pengaruh dan Batas Wilayahnya

peta batas wilayah rusia
Gambar Peta Rusia dan negara-negara yang berbatasan dengannya.
Baca juga :  Gambar Peta Kabupaten Pekalongan Lengkap dengan Batas Wilayah

Topografi dan Iklim

Rusia memiliki ketinggian rata-rata sekitar  600 m dpl. Ketinggian terendahnya adalah pada Laut Kaspia yang berada pada ketinggian 28m di bawah permukaan laut. Elevasinya yang tertinggi adalah pada Gora El’Brus (titik tertinggi di Eropa) tingginya adalah 5.633 m. Negara Rusia beriklim sedang dengan dua musim hujan, yaitu dari bulan Februari sampai bulan April serta November sampai Januari, serta iklim tundra. Daerah-daerah di negara ini terdiri dari dataran rendah, perbukitan rendah, tundra, hutan lebat, dataran tinggi, serta pegunungan.

Wilayah Rusia yang terletak di Eropa Timur dan Asia Barat dipisahkan oleh Pegunungan Ural. Wilayah Rusia yang terluas adalah Siberia yang memiliki iklim tundra. Kebanyakan wilayah perairan negara Rusia tertutupi dengan es karena memang letaknya yang berada sangat dekat dengan Kutub Utara. Beberapa lautan Rusia yang tidak tertutup es diantaranya adalah Laut Siberia Timur, Laut Laptev, Laut Bering, laut Kara, Laut Jepang, dan Laut Okhotsk.

Negara ini juga mempunyai sejumlah pulau seperti daratan Franz-Josef, pulau Wrangel, Novaya Zemlya, kepulauan Siberia Baru, kepulauan Kuril dan Sakhalin. Sedangkan sungai yang dimiliki adalah Sungai Volga serta Sungai Dnieper. Hampir seluruh wilayahnya memiliki iklim tundra dimana musim dinginnya sangat panjang, sedangkan musim panasnya sangat pendek dan sejuk.

Baca juga: Peta Inggris Lengkap Beserta Sejarahnya

Profil Negara Ukraina

Ukraina (Ukraine) adalah sebuah negara yang lokasinya berada pada sebelah tenggara Benua Eropa dan masuk dalam kedalam wilayah Eropa Timur. Negara ini pernah memperebutkan Semenanjung Krimea yang pada akhirnya secara internasional lebih diakui sebagai wilayah dari Ukraina. Karena itu, apabila digabungkan, luas wilayah Ukraina dengan Krimea dapat mencapai 603.638 km². Berikut ini adalah profil lengkap dari Negara Ukraina beserta peta rusia dan ukraina.

Peta Ukraina

Peta Ukraina

Peta Ukraina

Peta Ukraina

Kumpulan Peta Ukraina

peta ukraina
Gambar Peta Ukraina.

Ukraina adalah merupakan bagian dari wilayah Eropa Timur. Ukraina bersama dengan Krimea memiliki luas wilayah sekitar 603.628km². Dengan luas wilayah tersebut menjadikan Ukraina sebagai negara paling luas di Eropa. Negara Ukraina juga menempati sebagai negara terluas di dunia pada posisi ke 46. Ukraina memiliki karakteristik geografis yang cukup khas. Berikut adalah penjelasannya.

Letak dan Batas Wilayah

Jika melihat dari peta Ukraina maka secara astronomis, Ukraina terletak diantara garis 44°LU sampai 53°LU serta 22°BT sampai 41°BT. Secara historis, negara Ukraina juga pernah menjadi bagian dari negara Uni Soviet. Sedangkan secara geografis, negara Ukraina terletak berbatasan langsung dengan negara-negara lain yang ada di Eropa serta beberapa bentang alam terkenal, seperti berikut ini.

  • Wilayah Utara: Negara Rusia dan Belarus
  • Wilayah Timur: Negara Rusia
  • Wilayah Selatan: Laut Hitam, Hongaria, Laut Azov, Negara Moldova, Rumania
  • Wilayah Barat: Negara Slovakia dan Polandia
Baca juga :  Peta Bali Lengkap Dengan Nama Kabupaten Dan Kota

Baca juga: Peta Negara Mesir Lengkap dengan Kota dan Batas Wilayah

Bentang Alam Ukraina

Sebagian besar landscape Ukraina berbentuk stepa yang cukup subur serta dialiri oleh beberapa sungai besar. Salah satunya adalah Sungai Dneiper yang merupakan sungai paling panjang ke-3 di Eropa. Daerah aliran sungainya mencapai 518.000km² serta memiliki puluhan ribu danau kecil yang tersebar pada seluruh wilayah Ukraina.

Pada sebelah barat Daya Ukraina terdapat delta Sungai Donau yang juga merupakan perbatasan wilayah Ukraina dengan Negara Rumania. Wilayah negara Ukraina sebenarnya terdiri dari berbagai jenis fitur geografi, dari dataran rendah sampai dataran tinggi. Namun Ukraina hanya memiliki sebuah gunung, dan menjadi satu-satunya gunung yang terdapat di wilayah tersebut, yaitu Pegunungan Carpathian. Puncak tertingginya adalah Hora Hevorla yang terletak pada ketinggian 2.061m.

Ukraina juga memiliki sejumlah daerah dataran tinggi. Bagian sebelah barat terdapat dataran tinggi Vllolyn-Podillalia Upland serta Near-Dnipro Upland. Pada bagian sebelah Timur terdapat taji barat daya dataran tinggi Rusia Tengah. Dataran Tinggi Azov Dekat dan Punggung Bukit Donets dapat ditemukan di dekat Laut Azov.

Kondisi Iklim Ukraina

Ukraina termasuk kedalam ketegori zona iklim sedang, kecuali di wilayah pesisir selatan Krimea yang masuk kedalam zona iklim subtropis. Iklim di negara Ukraina ini dipengaruhi oleh udara yang agak hangat serta lembab dari Samudera Atlantik. Musim dingin di Ukraina relatif lebih ringan serta tidak ada rasa dingin yang berlebihan. Namun, salju tetap turun kecuali pada wilayah bagian selatan. Sedangkan ketika musim panas biasanya agak panas serta kering, namun tetap turun hujan sekali-sekali.

Suhu rata-rata tahunan di negara Ukraina berkisar antara 5,5°-7°C di bagian utara Ukraina serta 11,0°-13,0°C di wilayah bagian selatan. Presipitasi tidak terjadi merata pad seluruh wilayah. Titik tertingginya berada di bagian utara dan barat dan titik terendahnya pada bagian tenggara dan Timur. Di bagian barat, terutama di wilayah Pegunungan Carpathia mendapatkan 1200mm per tahun. Sementara di sisi lain, di kawasan pesisir Laut Hitam dan Krimea hanya menerima 400mm.

Demikianlah artikel tentang peta Rusia dan Ukraina lengkap dengan penjelasannya. Semoga informasi yang terdapat dalam artikel diatas dapat menambah wawasan kita mengenai kedua negara tersebut.

Artikel terkait

Back to top button