Spasial

Letak Astronomis Benua Asia dan Penjelasan Lengkapnya

Letak Astronomis Benua Asia -Luas dari permukaan bumi adalah 510.074.600 km2, yaitu meliputi daratan seluas 148.940.540 km2 (30%) serta lautan 361.134.060 km2 (70%). Daratan muka bumi meliputi Benua Asia, Eropa, Amerika, Afrika, dan Australia, serta daratan luas Antartika. Sedangkan lautan dan samudra di bumi meliputi Samudra Pasifik, Atlantik, Hindia, dan Arktik.

Benua Asia adalah merupakan benua terbesar di dunia. Luas wilayahnya diperkirakan sekitar antara 43-44 juta kilometer persegi. Bahkan beberapa sumber mengungkapkan bahwa satu pertiga dari luas daratan yang ada pada Bumi diisi oleh benua Asia.

Benua Kuning adalah julukan untuk Benua Asia. Sebutan tersebut ada disebabkan oleh masyarakat mayoritas yaitu ras mongoloid yang memiliki kulit kuning. Sebutan itu dahulu dipergunakan oleh masyarakat Eropa untuk menunjuk Benua Asia.

Sejumlah ahli sejarah beranggapan kalau kata Asia diambil dari bahasa Fenisia atau Suria/Yunani Kuno yang berarti timur atau terletak pada bagian timur dari kerajaan bangsa Yunani. Asia sendiri terbagi menjadi beberapa wilayah, yaitu asia tengah, asia timur, asia tenggara, asia selatan, dan asia barat.

Pinjaman Online

Letak Astronomis Benua Asia

Secara astronomis Benua Asia terletak diantara 26 derajat BT – 170 derajat BB dan 11 derajat LS – 80 derajat LU. Secara geografis Benua Asia berada pada belahan bumi bagian timur serta memanjang dari belahan utara sampai ke selatan. Jika diperhatikan lebih detail lagi, secara geografis Benua Asia terletak di antara Benua Eropa serta Benua Australia. Daratan Benua Eropa dan Asia menyambung dan sering juga disebut dengan Eurasia. Letak Asia juga diapit oleh Benua Eropa pada bagian barat serta Benua Australia pada bagian selatan.

Selain itu letak geografis Benua Asia juga berada di antara tiga perairan samudra luas yaitu Samudra Hindia, Samudra Pasifik, serta Samudra Arktik. Samudra Hindia berada pada bagian selatan Benua Asia, Samudra Pasifik berada pada bagian timur Benua Asia sedangkan Samudra Arktik berada pada bagian utara Benua Asia.

Batas Wilayah Benua Asia

a) Batas utara: Berbatasan dengan Samudra Arktik.
b) Batas timur: Berbatasan dengan Samudra Pasifik, Selat Bering.
c) Batas selatan: Berbatasan dengan Samudra Hindia.
d) Batas barat: Berbatasan dengan Laut Tengah, Laut Merah, Pegunungan Ural.

Pengaruh Letak Astronomis Benua Asia

Terdapat beberapa hal yang berpengaruh terkait posis benua Asia secara astronomis yang dapat dilihat dari posisi garis lintang dan garis bujur. Berikut adalah merupakan dampak serta pengaruh letak astronomis benua Asia beserta dengan penjelasannya.

Iklim

Iklim pada benua Asia sangat bervariasi pada setiap kawasannya. Berikut adalah merupakan beberapa iklim yang terdapat di benua Asia.

  • Iklim tropis, meliputi sebagian besar wilayah Asia Tenggara (ASEAN) serta bagian barat India.
  • Iklim tropis basah, meliputi wilayah Asia Selatan.
  • Iklim sub-tropis basah, meliputi sebagian besar wilayah Asia Timur.
  • Iklim sedang, meliputi sebagian kecil wilayah Asia Timur dan sebagian kecil Asia Tenggara.
  • Iklim kutub, meliputi wilayah Asia Utara dan Siberia Utara.
  • Iklim gurun, meliputi daerah-daerah gurun seperti negara-negara Timur Tengah, Mongolia, Tibet, dan sebagian China.

Curah Hujan

Curah hujan yang terdapat di benua Asia juga cukup bervariasi. Curah hujan yang tinggi dapat dijumpai di negara-negara di wilayah Asia Tenggara dan Asia Timur. Sedangkan curah hujan yang rendah terdapat  pada negara-negara di kawasan Asia Barat atau sebagian wilayah Asia Tengah.

Ekonomi

Perekonomian penduduk di benua Asia sebagian besar adalah pada bidang pertanian dan pertambangan. Hal tersebut disebabkan faktor iklim dan cuaca yang ada di benua Asia. Namun beberapa negara sudah memiliki sektor industri yang maju, seperti Jepang, Korea Selatan, dan Singapura.

Pembagian Waktu

Salah satu akibat dari letak astronomis adalah menyebabkan adanya pembagian waktu. Di Asia, pembagian waktu terbagi menjadi sebagai berikut:

  • GMT+2, meliputi wilayah Israel, Suriah, Yordania, Palestina, Lebanon.
  • GMT+3, meliputi wilayah Bahrain, Qatar, Yaman, Irak, Kuwait, Arab Saudi.
  • GMT+3.30, meliputi Negara Iran.
  • GMT+4, meliputi Oman dan Uni Emirat Arab.
  • GMT+4.30, meliputi Negara Afghanistan.
  • GMT+5, meliputi Kirgisztan, Pakistan, Uzbekistan, Turkmenistan, Kazakhstan Barat, Maladewa, Tajikistan.
  • GMT+5.30, meliputi India, dan Sri Lanka.
  • GMT+5.45, meliputi Nepal.
  • GMT+6, meliputi Bangladesh, Kazakhstan Timur, Bhutan.
  • GMT+6.30, meliputi Negara Myanmar
  • GMT+7, meliputi Indonesia Barat, Thailand, Kamboja, Vietnam, Laos, sebagian kecil Mongolia.
  • GMT+8, meliputi Indonesia Tengah, China, Malaysia, Brunei, Filipina, Singapura, sebagian besar Mongolia, Makau, Hong Kong, Taiwan.
  • GMT+9, meliputi Indonesia Timur, Jepang, Korea Utara, Korea Selatan, Timor Leste.

Karakteristik benua Asia

Sebagai benua terluas yang ada di permukaan bumi, Asia memiliki karakteristik yang cukup khas sehingga dapat membedakannya dengan bentang alam sejenisnya, antara lain:

  • Benua Asia adalah merupakan benua terluas di dunia. Luasnya mencapai 4,5 kali luas dari Benua Eropa yang seluas 10,18 juta km persegi. Banyak terdapat bangunan kuno yang merupakan keajaiban dunia, seperti Candi Borobudur di Indonesia,Tembok Raksasa di Tiongkok, Taj Mahal di India, dan Ka’bah di Saudi Arabia. Terdapat negara-negara yang memiliki jumlah penduduk yang sangat besar, seperti Tiongkok, India, Indonesia, Bangladesh, Pakistan, dan Jepang.
  • Benua Asia adalah tempat lahirnya sejumlah agama besar, seperti agama Islam, Kristen, Buddha, Hindu, dan Kong Hu Chu. Terdapat sejumlah pegunungan, gunung, serta dataran tinggi yang tertinggi di dunia, yaitu Pegunungan Himalaya, Gunung Everest, dan dataran tinggi Tibet. Benua dengan laut terluas di dunia, yaitu Laut China Selatan Benua penghasil minyak bumi terbesar di dunia, yakni dari Saudi Arabia.
  • Benua Asia didominasi oleh pegunungan dari rangkaian sirkum mediterania. Salah satu puncaknya adalah Pegunungan Himalaya dengan Gunung Everest. Puncak tertinggi dari gunung ini berada pada ketinggian sekitar 8.848 meter di atas permukaan laut di Nepal.

Bagian-bagian Benua Asia

Benua Asia terbagi dalam beberapa wilayah atau region yaitu Asia Barat atau Asia Barat Daya (Asia Timur Tengah), Asia Timur, Asia Tengah, Asia Selatan, Asia Tenggara dan Rusia. Masing-masing wilayah tersebut memiliki ciri atau karakteristik yang membedakan dengan wilayah lainnya. Pembagian tersebut juga lebih didasari oleh perbedaan budaya dibandingkan dengan aspek fisik wilayah.

1. Asia Tenggara

Asia Tenggara adalah merupakan sebuah kawasan di Benua Asia yang memiliki luas wilayah kurang lebih sekitar 4.5 juta km2. Kawasan ini berbatasan dengan negara China (Tiongkok) di bagian sebelah utara, Samudra Hindia di bagian selatan, Samudra pasifik di bagian timur, dan Samudra Hindia di sebelah barat.

Terdapat 11 negara di Asia Tenggara, salah satunya adalah Republik Indonesia. Negara-negara di kawasan ini dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Asia Tenggara Darat (ATD) dan Asia Tenggara Maritim (ATM).

2. Asia Timur

Total luas wilayah Asia Timur adalah kurang lebih sekitar 11.8 juta km2, sementara jumlah penduduknya lebih dari 1,5 miliar. Negara-negara di wilayah Asia Timur tergolong sebagai negara maju. Contohnya seperti negara Jepang dan Korea. Dengan melihat Peta Benua Asia bagian timur atau asia timur tersebut, kalian bisa melihat batas-batas masing-masing negara.

3. Asia Barat

Kawasan Asia Barat terletak di sebelah selatan Benua Eropa bagian timur, dan dibagian paling barat jika dilihat dari peta Benua Asia. Kawasan ini memiliki total luas wilayah kurang lebih sekitar 6.255.160 km2. Sementara jumlah penduduknya kurang lebih sekitar 313.428 juta jiwa.

Negara di kawasan Asia Barat kebanyakan adalah negara kaya raya dan maju. Hal ini tidak terlepas dari memiliki banyak sekali sumber kekayaan alam berupa minyak bumi.

4. Asia Tengah

Kawasan keempat di Benua Asia yaitu Asia Tengah, memiliki luas wilayah lebih dari 4 juta km2, sementara jumlah populasinya tercatat lebih dari 80 juta jiwa. Fakta menariknya adalah negara-negara di kawasan Asia Tengah merupakan bekas wilayah dari Uni Soviet. Negara paling besar berdasarkan luas wilayahnya adalah Kazakhstan.

5. Asia Selatan

Kawasan ini memiliki total luas wilayah kurang lebih sekitar 4.480.000 km2 atau sekitar 10% dari total luas Benua Asia. Asia Selatan berbatasan dengan wilayah Asia Timur di sebelah timur, Asia Tenggara di tenggara, Asia Tengah di utara, dan Asia Barat di sebelah barat.

Kawasan ini juga berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di selatan. Negara terluas dan yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di Asia Selatan adalah India. Sama seperti Asia Tenggara, sebagian besar negara-negara di Asia Selatan juga merupakan negara berkembang.

Artikel terkait

Back to top button