Lingkungan Hidup

Iklim Di Indonesia – Jenis Iklim, Perubahan dan Pengaruhnya

Iklim di Indonesia mempunyai 3 macam iklim adalah iklim musim (iklim muson), iklim tropika (iklim panas), serta iklim laut. Namun di indonesia lebih dikenal dengan iklim tropis yang dapat disebut biasanya dengan sebutan iklim panas.  Iklim yang tidak dimiliki oleh negara lain, tak heran kalau orang dari mancanegara berdatangan ke indonesia hanya untuk menikmati iklim yang tidak dimiliki dinegaranya sepeti berjemur dibawah terik matahari, merasakan sensasi yang berbeda di musim panas.

Jenis Iklim di Indonesia

Taukah anda dari ketiga iklim tersebut ? mungkin ini sudah tidak asing lagi di pendengaran anda. kita akan menjelaskan 3 iklim di indonesia diantaranya adalah :

1. Iklim Musim (Iklim Muson)

iklim musonIklim musim terjadi karena angin musim yang bertiup berganti arah setiap setengah tahun sekali, iklim musim ini memberikan akibat negatif ataupun positif. Dengan adanya iklim musim di indonesia akan berganti musim dalam kurun waktu yang ditentukan sekitar 6 bulan sekali . Angin musim terdiri dari angin musim barat daya serta angin musim timur laut. Dengan adanya angin musim yang datang dalam kurun waktu 6 bulan sekali, kita dapat merasakan setiap pergantian musim yang terjadi di indonesia .

Berikut adalah penjelasan dari 2 macam bagian angin dari iklim musim :

Pinjaman Online Baca juga: Erek erek 2d Bergambar Lengkap

– Angin musim barat daya

 Pada angin musim barat daya ini dapat dibilang sifatnya basah . Angin musim barat daya adalah angin musim yang disebut dengan musim hujan, angin yang bertiup pada bulan tertentu ini adalah dari bulan oktober sampai dengan bulan april sehingga sudah dipastikan bahwa indonesia akan mengalami musim hujan berkepanjangan. Angin musim barat daya ini memiliki banyak manfaat bagi seluruh makhluk hidup seperti manusia, hewan, serta tumbuhan. Karena musim ini sangat dinanti-tunggu bagi seluruh makhluk hidup .

Bagaimana tidak dinanti-nanti karena sangat menguntungkan sekali bagi makhluk hidup yang mempunyai banyak manfaat seperti :

  • menyuburkan panen
  • panen semakin menguntungkan
  • tidak kekurangan sumber air
  • hasil panen subur-subur
  • tumbuhan semakin subur, lebat, indah
  • hewan yang tidak kesulitan mencari sumber air
  • hasil panen semakin meningkat
  • manusia tidak kesulitan menemukan sumber air
  • tingkat kesuburan tanaman semakin berkembang

Begitu banyak manfaat yang dapat kita rasakan ketika musim hujan tiba, sangat menguntungkan dalam kehidupan manusia sehari-hari.

-Angin musim timur laut

Pada angin musim timur laut ini dapat dibilang sifatnya kering. Angin musim timur laut ini disebut juga dengan musim kemarau (musim kering). Angin yang bertiup pada bulan tertentu ini adalah dari bulan april sampai dengan oktober sehingga sudah dapat dipastikan akan ada musim kemarau yang berkepanjangan. Angin musim ini sangat tidak diinginkan oleh manusia, hewan, serta tumbuhan karena ini sangat merugikan sekali bagi kelangsungan hidup maakhluk hidup.

Berikut adalah kerugian dari adanya musim kemarau :

  • Susah menemukan sumber air
  • Petani mengalami musim paceklik
  • Hewan kesulitan mencari sumber air
  • hasil panen semakin menurun
  • tingkat kesuburan tanaman semakin berkurang

2. Iklim Tropika (Iklim Panas)

iklim panasIndonesia yang terletak di sekitar garis khatulistiwa meyebabkan Indonesia mempunyai iklim tropika atau dapat disebut dengan iklim panas. Karena indonesia mempunyai suhu yang tinggi sehingga sekitar tahunan indonesia akan mengalami musim paceklik atau yang disebut dengan musim panas berkepanjangan. Iklim tropis di Indonesia terletak antara 0° – 231/2° LU/LS serta hampir 40 % dari permukaan bumi. Tak heran kalau orang indonesia terkadang suka mengeluh dengan cuaca panas yang ada di indonesia karena menyebabkan banyak kerugian yang dialami oleh warga indonesia. Sehingga warga indonesia sangat berharap iklim panas ini segera berakhir berganti dengan musim hujan yang membuat keuntungan banyak bagi warga indonesia.

3. Iklim Laut

iklim lautNegara Indonesia adalah negara yang kaya akan objek wisata alam terutama indonesia merupakan negara yang mempunyai laut, sungai atau samudera, sungai sangat  memberikan manfaat sungai bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu indonesia mempunyai iklim laut. Iklim laut adalah iklim yang banyak mendatangkan hujan yang bersifat lembab sehingga indonesia dapat mengalami musim hujan yang berkepanjangan. Dengan adanya iklim laut ini warga indonesia merasakan kenyamanan karena lebih mempunyai banyak keuntungan untuk membantu kelangsungan hidupnya.

Baca juga :  Mewakili Gubernur Membuka Acara Seminar Pada Acara Bea Goes To Compliance of Building Regulatios

Iklim laut berada di wilayah :

Tropis dan Sub Tropis

Iklim sub tropis adalah area daerah tinggi atau pegunungan yang terletak di daerah tropis atau sub tropis, karena ketinggian berada didaerah pegunungan dapat mengakibatkan kekeringan. Dapat di bilang identik dengan iklim samudera yang iklimnya tersebut ada musim panas serta musim dingin stabil diantara kedua musim. Serta biasanya di ketika musim tropis serta sub tropis datang suhu rata-rata tahunan rendah sehingga kerap terjadinya hujan yang di sertai badai sehingga sangat membahayakan keberadaan warga indonesia kalau tiba musim ini datang.

Daerah sedang

Sama hal nya dengan iklim tropis serta sub tropis. Wilayah sedang mempunyai ketinggian yang sedang keadaannya pun menjadi stabil seperti banyaknya awan, banyak hujan di musim dingin. Namun hujan yang turun tidak seperti di wilayah tropis serta subtropis yang lebih dominan ke hujan yang disertai badai. Di wilayah sedang ini hujan yang turun hanya rintik-rintik yang tidak terlalu membahayakan warga sekitar.

Baca juga: Pemanasan Global : Pengertian – Dampak – Proses Terjadinya

Perubahan iklim di Indonesia

Beberapa kondisi dapat merubah keadaan iklim suatu wilayah, begitu pula yang terjadi di Indonesia. Hal ini akan di tandai dengan adanya perubahan temperatur rata-rata harian yakni :

  • pola curah hujan
  • tinggi muka air laut
  • variabelitas iklim (seperti El nino, La nina serta sebagainya)

Dengan adanya perubahan iklim dapat menyebabkan akibat serius pada pertanian, kesehatan, perekonomian serta lain sebagainya. Peningkatan temperatur harian ini berpengaruh dalam curah hujan yang biasanya ditentukan oleh sirkulasi monsun asia serta australia. Sirkulasi monsun memiliki dua musim yang berubah dalam kurun waktu 6 bulan sekali adalah musim hujan serta musim kemarau.

Perubahan iklim ini sangat  berdampak pada  :

  • Produksi bahan pangan terhambat seperti (ikan, jagung, padi, serta kebutuhan pokok lainnya)
  • Resiko banjir seperti di wilayah pantai, laut serta wilayah yang datarannya rendah
  • Pengiriman barang distribusi yang menggunakan transportasi laut
  • Lokasi pariwisata atau objek wisata akan mengalami kerusakan

Dari penjelasan tersebut sudah dapat sangat dipastikan bahwa indonesia mempunyai beberapa perubahan iklin yang ditentukan dalam kurun waktu tertentu oleh karena itu warga indonesia harus selalu siap siaga untuk menghadapi datangnya perubahan iklim pada waktu tertentu agar tidak terlalu memberikan akibat kerugian bagi warga indonesia sendiri.

Pengaruh Perkiraan seluruh musim di Indonesia

Indonesia yang terletak pada posisi yang strategis menyebabkan indonesia berada di wilayah yang rentan akan perubahan iklim atau cuaca. Perubahan iklim yang terjadi kurun waktu dalam 6 bulan sekali ini sudah dapat dipastikan sehingga perubahan iklim di indonesia dengan beberapa fenomena yang mempengaruhi iklim di indonesia.

Fenomena yang mempengaruhi iklim di Indonesia adalah :

1. El Nino dan La Nina

Baca juga :  Rapat Evaluasi Rekomedasi Teknis Peta Konservasi Air Tanah DKI Jakarta

Perubahan El Nino dapat menyebabkan curah hujan di kebanyakan di indonesia semakin  berkurang . Tingkat berkurangnya curah hujan ini tergantung dari tingkat El Nino tersebut. El Nino juga dapat menyebabkan kekeringan panjang di indonesia sehingga memberikan akibat buruk seperti kebakaran hutan, efek rumah kaca, serta asap- asap yang beredar dimana-mana.

Kebakaran hutan ini sangat membahayakan bagi beberapa ekosistem, dengan ini cara yang akan melindungi dari kerusakan hutan :

  • Fungsi hutan lindung
  • fungsi hutan bakau

Sedangkan La Nina adalah kebalikan dari El Nino yang dapat meyebabkan curah hujan di kebanyakan indonesia mengalami penurunan suhu muka laut. La Nina tidak dapat di prediksikan serta sehingga periodenya pun tidak tetap. La nina terjadi sekitar tiga atau tujuh tahun sekali, serta dapat berlangsung 12 atau 36 bulan

 2. Dipole Mode

Peristiwa Dipole Mode ditandai dengan adanya perbedaan anomali suhu permukaan laut antara samudera hindia tropis bagian barat dengan samudera hindia baian timur. Anomali ini mempunyai kondisi yang sangat dingin lebih dingin dari cuaca normal.

3. Sirkulasi Monsun Asia – Australia

Angin monsun adalah angin yang berhembus serta berganti arah dua kali  atau polanya berlawanan sepanjang tahun. Terdapat dua macam angin munson adalah angin munson Asia serta angin munson Australia.

4. Daerah Pertemuan Angin Antar Tropis (Inter Tropical Convergence Zone / ITCZ)

Daerah pertemuan angin antar tropis merupakan tempat wilayah panas serta selalu naik serta agak jarang ada angin. Di daerah ini terjadi pertemuan antara angin pasat timur laut serta angin pasat tenggara yang menyebabkan udara terangkat serta dapat menghasilkan badai konvektif.

5. Suhu Permukaan Laut di Wilayah Indonesia

Suhu permukaaan laut di wilayah indonesia memiliki pengaruh sangat peting terhadap curah hujan, sehingga dapat ditemui dari perubahan pada suhu.

Serta itu adalah penjelasan dari ditaksir seluruh musim di indonesia, ditaksir musim indonesia yang dapat di deteksi serta diperkirakan oleh BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) kapan akan terjadinya perubahan iklim atau cuaca di indonesia.

Keunggulan Iklim Di Indonesia

Indonesia adalah negara yang berada di Benua Asia yang tepatnya di bagian Asia Tenggara serta indonesia merupakan negara yang mempunyai iklim tropis yang mempunyai banyak keunggulan yang berbeda-beda diantara negara lain. Tak heran kalau indonesia kerap didatangi orang yang berasal dari mancanegara hanya untuk menikmati keindahan alam yang ada di indonesia.

Keunggulannya adalah :

  • Indonesia mempunyai 3 musim adalah iklim musim, iklim tropis, serta iklim laut
  • Indonesia dapat melakukan kegiatan ekonomi sepanjang tahun
  • Indonesia mempunyai musim kemarau serta musim hujan yang datang setiap setengah tahun sekali
  • Indonesia mempunyai cuaca yang tidak terlalu panas serta juga tidak terlalu dingin
  • Indonesia dengan beranekaragam kekayaaan alam
  • Indonesia dengan hamparan tanah yang luas, subur serta mudah untuk ditanami tumbuh-tumbuhan, padi, bunga serta lain sebagainya
  • Indonesia yang mempunyai berbagai macam laut, pantai, serta pulau yang terbentang luas.
  • Indonesia dengan kekayaan wisata alam

Serta itulah keunggulan dari Indonesia yang memiliki banyak keunggulan yang tidak di miliki di negara lain. Oleh karena itu abadikan serta lestarikan akan keindahan alam serta anekaragam kekayaan alam yang ada di indonesia.

Pengaruh Iklim di Indonesia dengan Dunia

Indonesia mempunyai 3 iklim yang berganti dalam waktu tertentu, hal ini banyak mempengaruhi bagi kehidupan manusia, terlebih kalau sudah menjadi kebutuhan pokok bagi manusia.  dengan adanya pergantian iklim atau musim, memberikan pengaruh yang menguntungkan atau merugikan bagi warga indonesia. Di Indonesia iklim mempunyai banyak pengaruh bagi dunia serta mempunyai akibat positif serta negatifnya .

Berikut adalah pengaruh iklim di indonesia terhadap dunia :

Dampak terhadap sektor pariwisata

Perubahan iklim yang terjadi pada sektor pariwisata dapat mempengaruhi karakteristik serta pola kunjungan wisatawan baik dari dalam maupun dari mancanegara. Beberapa tempat pariwisata akan mengalami banjir, kekeringan, longsor, angin kencang, serta kerusakan terumbu karang . Sehingga dapat berpengaruh bagi daya tarik tempat wisata tersebut yang dapat mengurangi para pengunjung baik dari dalam maupun dari macanegara. Hal ini justru menyebabkan kerugian bagi pihak area pariwisata disebabkan sedikit kunjungan dari wisatawan.

Baca juga :  Rapat Lanjutan Persiapan Jakarta Menuju Kota Layak Anak

Dampak terhadap sektor pertanian

Perubahan iklim yang terjadi pada sektor pertanian sangat mempengaruhi terhadap hasil dari pertanian tersebut. Beberapa sawah akan mengalami kekeringan, hujan yang terlalu berlebihan, serta penanaman padi yang tidak teratur. Disebabkan perubahan iklim cuaca yang dapat mempengaruhi hasil dari pertanian yang ada di wilayah pedesaan sehingga para petani terkadang memiliki keuntungan atau kerugian dengan hasil yang di dapat dari panen padinya.

Dampak terhadap transportasi

Kita sudah tau bahwa indonesia merupakan negara yang padat penduduk serta kemacetan hampir diseluruh sudut kota, jadi sudah tidak heran lagi kalau penghuni nya tidak beraturan disebabkan dengat padatnya penduduk serta kemacetan yang hampir setiap harinya terjadi. Termasuk dengan adanya perubahan iklim yang sudah selalu terjadi setiap tahun membuat dampak terhadap transportasi mengalami kemacetan, perjalanan yang tidak tepat waktu, menerobos jalan, menggunakan lahan jalan sebebasnya. Serta dari peristiwa ini lah yang dapat menimbulkan efek rumah kaca serta pemanasan global di setiap sudut kota sehingga diperlukannya observasi penghijauan di setiap kota agar hasilnya dapat sejuk, nyaman, serta kemacetan transportasi dapat berkurang.

Dampak iklim terhadap tanaman 

Dengan adanya pergantian iklim atau musim pada kurun waktu tertentu dapat meberikan berbagai dampak pada apapun terutama dampak terhadap tanaman, dengan cuaca yang panas atau dengan musim hujan berkepanjangan iklim juga memberikan pengaruh banyak bagi tanaman seperti tanaman menjadi layu, kering, mudah mati atau tempat yang di tanami tanaman terlalu lembab sehingga menyebabkan memperlambat pertumbuhan tanaman

Dampak ekologis bagi wilayah pesisir (mangrove)

Dengan adanya pemanasan global yang ada di indonesia telah memberikan akibat buruk bagi wilayah pesisir karena dapat menyebabkan terjadinya badai serta abrasi yang dapat merusak ekosistem daerah pesisir(mangrove), selain itu juga pemanasan global dapat memberikan akibat bagi kehidupan biota laut yang mengakibatnya kemungkinan kematian serta pemutihan terumbu karang di perairan tropis.

Dampak pada daerah arid serta gurun

Gurun adalah suatu daerah yang hanya menerima curah hujan yang sedikit karena daerahnya yang di permukaan tinggi mengakibatkan daerah gurun tidak dapat menerima musim hujan yang berkepanjangan, kondisi wilayah gurun ini sangat gersang dengan sinar matahari yang sangat terik serta penguapan yang tinggi. Hal ini menyebabkan hanya tumbuhan yang berduri saja seperti kaktus yang dapat tumbuh di tempat ini. Tumbuhan yang mempunyai banyak bunga serta tumbuhan lebat lainnya tidak akan dapat untuk tumbuh di wilayah gurun ini.

Dampak dalam kehidupan manusia 

Dampak perubahan musim serta iklim ini sangat memberikan pengaruh terhadap manusia sebagai penduduk duni baik terhadap kesehatan, daerah, ekonomi maupun dalam pelestarian flora serta fauna. Dampak yang kebanyakan merugikan ini diakibatkan oleh diri kita sendiri yang kurang kesadaran sehingga menimbulkan dampak bagi daerah kita sendiri.

Misalnya pembangunan di sembarang tempat yang tidak memperhatikan kelestarian daerah sekitar, penebangan hutan secara liar serta pembukaan lahan dengan cara membahkar pohon-pohon yang ada dihutan yang dapat menyebabakan pemanasan global serta merusak daerah yang ada sekitar . Buat itu semakin ditingkatkan lagi kesadaran diri serta tanggung jawabnya untuk saling menjaga daerah untuk tidak mengotori serta memanfaatkan sesuatu yang bukan pada tempatnya.

Serta itulah pengaruh dari iklim indonesia terhadap dunia yang dapat kapan saja menimbulkan akibat negatif atau positif bagi setiap area yang berbeda. Inilah hasil dari penjelasan iklim di indonesia, pembagian iklim, perubahan iklim, ditaksir seluruh iklim, serta pengaruh iklim pada dunia.

Semoga apa yang sudah dijelaskan dapat berguna serta dapat diambil kesimpulannya .

Artikel terkait

Back to top button