Lingkungan Hidup

Fungsi Hutan Lindung Paling Lengkap

Hutan lindung adalah hutan yang sudah ada sebelumnya setelah itu dengan wewenang pemerintah ditetapkan menjadi lokasi yang dilindungi. Hutan lindung berbentuk sama seperti hutan pada umumnya, adalah lahan besar yang berisi flora serta fauna yang terbentuk secara alamiah. Di Indonesia, hutan lindung merupakan kawasan yang secara khusus ditunjuk pemerintah dimana biasanya berada di hulu suatu sungai.

Hingga saat ini jumlah dari hutan lindung khususnya yang ada di Indonesia semakin berkurang. Hal ini disebabkan masyarakat pada umumnya belum memahami fungsi utama dari sebuah hutan lindung. Kerusakan terhadap hutan masih kerap tampak dimana-mana, serta manusia kerap menjadi aktor utama pengrusakan tersebut.

Apabila dicermati lebih jauh, fungsi hutan lindung sangat vital bagi kelangsungan hidup makhluk yang ada di dalam maupun di luar hutan tersebut. Kemudian apa saja fungsi hutan lindung tersebut? Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Tempat Tinggal Berbagai Jenis Hewan
Kegunaan yang pertama hutan lindung adalah menjadi tempat tinggal berbagai jenis fauna atau hewan. Berbagai hewan yang tinggal di hutan ini menggantungkan hidup mereka dari eksistensi hutan lindung. Di dalam hutan, kebutuhan hidup berupa makanan bagi hewan tersedia dengan lengkap.

Pinjaman Online Baca juga: Erek erek 2d Bergambar Lengkap

Kebutuhan yang dimaksud adalah seperti hunian, makanan, minuman, serta lain sebagainya yang disediakan secara alami oleh sebuah hutan. Apabila hunian tempat mereka rusak maka akan terjadi invasi dari sejumlah hewan yang mendatangi rumah penduduk, bayangkan kalau hewan tersebut adalah singa, harimau maupun hewan buas lainnya. Itulah sebabnya mengapa hutan sangat berguna bagi hewan-hewan tersebut.

2. Tempat Tinggal Berbagai Jenis Tanaman
Tak berbeda jauh dari hewan, puluhan flora atau tumbuhan juga hidup di hutan lindung. Bahkan beberapa di antara mereka adalah tumbuhan langka yang pantas dilindungi keberlangsungan hidupnya. Selain itu masih ada banyak lagi jenis tumbuhan yang belum sempat dijamah manusia. Itu sebabnya hutan tersebut juga dapat menjadi objek penelitian untuk menemukan tumbuhan jenis baru.

Baca juga :  Penyerap Karbon: Pengertian dan Fungsinya

3. Penyeimbang Ekosistem
Kegunaan lainnya adalah sebagai penyeimbang ekosistem hutan. Dapat dibilang ini adalah fungsi utama dari hutan lindung. Seperti yang sudah disinggung di atas kalau hutan tersebut menjadi tempat bernaung bagi hewan serta tumbuhan, hutan lindung memberi sejumlah ekosistem yang berguna bagi mereka. Hutan ini juga menjadi penyeimbang alam. Menjadi penyeimbang antara kehidupan manusia, hewan, serta tumbuhan.

4. Pencegah Bencana Alam
Kegunaan hutan lindung selanjutnya adalah sebagai perlengkapan untuk melawan terjadinya bencana yang dikarenakan dari alam. Bencana tersebut misalnya saja tanah longsor ataupun banjir hulu. Dengan masih banyaknya pohon di hutan, maka struktur tanah dapat tetap kuat serta kokoh. Kondisi demikian sangat meminimalisir terjadinya pergerakan tanah yang pada akhirnya dapat menyebabkan bencana alam longsor pada lereng hutan.

Selain itu, akar dari pepohonan yang hidup di dalam hutan dapat menyerap sekaligus menahan laju limpahan air. Ketika air hujan turun dengan volume besar maka air tidak akan langsung mengalir deras ke sungai yang ada disekitar hutan. Air akan meresap dengan baik ke dalam tanah, sehingga dapat melawan kemungkinan terjadinya banjir bandang besar.

Baca juga: Tanah Hutan Rakyat

5. Sebagai Lokasi Resapan Air
Kegunaan yang terakhir adalah hutan lindung dapat menjadi lokasi resapan air. Letak tersebut didukung dengan pepohonan yang ada. Akar besar dari pohon itu dapat menyerap air dengan banyak. Dengan peningkatan resapan air di sekitar wilayah itu dapat membawa keuntungan bagi masyarakat yang tinggal di sekitar hutan. Orang-orang akan lebih mudah memiliki sumber air bersih. Jadi warga di sekitar sana tidak akan kekurangan air lagi dengan adanya hutan lindung tersebut.
Di bawah ini merupakan Contoh Hutan Lindung yang ada di Indonesia:

Baca juga :  DISKUSI DENGAN PERWAKILAN SPS (Schematic Precast System) Terkait Pemaparan Sistem Panel Serbaguna
Nama Hutan Lindung Lokasi Luas (Ha)
Hutan Lindung Sungai Wain Balikpapan, Kalimantan Timur 9.782,80
Hutan Betung Kerihun Kapuas Hulu, Kalimantan Barat 800.000
Cagar Alam Hutan Kepulauan Karimata Kayong Utara, Kalimantan Barat 77.000
Hutan Taman Raya Bung Hatta Padang, Sumatera Barat 70.000
Hutan Lindung Wehea Kutai, Kalimantan Timur 38.000
Hutan Lindung Baning Sintang, Kalimantan Barat 215
Hutan Dasar Kenthu Wonogiri, Jawa Tengah 40

5 fungsi hutan lindung yang telah disebutkan di atas semoga dapat menjadi gambaran bagi Kamu untuk memahami betapa pentingnya keberadaan hutan lindung bagi kelangsungan makhluk hidup di dalamnya maupun disekitarnya. Itu sebabnya, kita sebagai manusia yang berakal sudah menjadi kewajiban untuk merawat eksistensi jenis hutan yang satu ini.

Artikel terkait

Back to top button