Spasial

Peta Kota Malang Lengkap dengan Keterangannya

Peta Kota Malang – Kota Malang adalah sebuah kota yang terletak diprovinsi Jawa Timur, Indonesia, kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya, serta kota terbesar ke-12 di Indonesia. Kota ini didirikan pada zaman Pemerintahan Belanda pada tanggal 1 April 1914, yang dimana E.K Broeveldt sebagai walikota pertama, Kota Malang terletak di dataran tinggi dengan luas 145,28 km² yang merupakan enklave dari Kabupaten Malang. Bersama dengan Kota Batu serta Kabupaten Malang, Kota Malang merupakan bagian dari kesatuan wilayah yang di kenal dengan Malang Raya.

Kota Malang sendiri di kenal baik sebagai kota pendidikan. Kota Malang memiliki berbagai perguruan tinggi terbaik seperti Universitas Brawijaya, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Universitas Negeri Malang, dan Politeknik Negeri Malang. Selain itu, kota ini merupakan kota pariwisata karena alamnya yang menawan yang dikelilingi oleh pegunungan serta udaranya yang sejuk. Malang juga di kenal dengan kota bunga karena banyaknya bunga yang menghiasi kota. Kota Malang juga merupakan kota seni dikarenakan banyaknya kesenian khas yang berasal dari kota ini, mulai dari tarian hingga pertunjukan.

Kota Malang dihuni oleh berbagai macam orang dari berbagai macam suku bangsa dan budaya. Penduduk kota Malang berjumlah sekitar 895.387 jiwa dengan suku mayoritas yang berasal dari Jawa, diikuti dengan Madura. Wilayah Metropolitan Malang (Malang Raya) merupakan kawasan metropolitan terbesar kedua di Jawa Timur setelah Gerbangkertosusila.

Batas Wilayah

Kabupaten Malang berbatasan langsung dengan Kota Malang yang terletak tepat di tengah-tengahnya kabupaten ini. Kabupaten lain yang berbatasan dengan Kab. Malang yaitu:

Pinjaman Online
  • Sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Jombang, Kabupaten Pasuruan, dan Kota Batu.
  • Sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Probolinggo.
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Indonesia/Hindia.
  • Sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Blitar dan Kabupaten Kediri.

Wilayah Malang didominasi oleh pegunungan, sehingga suasananya sejuk, membuat para wisatawan betah di sana. Malang juga terkenal sebagai daerah tujuan wisata utama di Jawa Timur. Dan tahukah anda bahwa Kabupaten Malang merupakan bagian dari Malang Raya (Wilayah Metropolitan Malang)? Malang Raya meliputi Kab. Malang, Kota Malang dan Kota Batu.

Bagi anda yang penasaran dengan Malang, Jawa Timur tetapi belum mengetahui peta wilayahnya, untuk kali ini Sejarah Negara Com akan melampirkan beberapa peta Malang, mungkin saja ini bermanfaat sebagai petunjuk jalan anda.

Peta Kota Malang

Gambar pertama dibawah ini merupakan peta administrasi kota Malang. Anda dapat mengetahui nama-nama kecamatan yang ada di wilayah Malang melalui peta berikut ini.

Selengkapnya silahkan perhatikan gambar peta Malang di bawah ini.

Peta Jalan Kota Malang

Peta Kota Batu Malang

Kota Batu merupakan salah satu kota yang terkenal di Malang. Nah, bagi anda yang belum mengerti seluk beluk Kota Batu Malang, mungkin peta Kota Batu, Malang ini bermanfaat bagi anda. Selengkapnya silahkan perhatikan gambar peta di bawah ini:

Peta Kota Batu Malang
Peta Kota Batu Malang

Peta Wisata Batu Malang

Peta wisata Batu di bawah ini akan membantu anda yang ingin mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di sana. Selengkapnya silahkan perhatikan peta wisata Batu Malang di bawah ini.

Peta wisata Pantai Selatan Malang
Peta wisata Pantai Selatan Malang

Bagi anda yang ingin sekedar mengetahui wilayah melalui peta Malang mungkin peta dari google map di bawah ini bermanfaat bagi anda.

Artikel terkait

Back to top button