Spasial

Peta Sulawesi Tengah Lengkap dengan Kabupaten dan Kota

Peta Sulawesi Tengah – Sulawesi Tengah adalah salah satu dari 34 provinsi di Indonesia yang posisinya cocok namanya, adalah di pulau Sulawesi bagian Tengah. Ibu kota provinsi Sulawesi Tengah atau yang kerap disingkat Sulteng adalah Kota Palu.

Luas wilayah keseluruhan provinsi ini 61.841,29 km², dengan jumlah penduduk kurang lebih 2.831.283 jiwa pada tahun 2014. Buat update tahun 2017 kami belum dapat melampirkannya.

Dari seluruh provinsi yang ada di Pulau Sulawesi, Sulawesi Tengah merupakan wilayah yang paling luas di antara seluruh provinsi di Pulau Sulawesi, sedangkan jumlah penduduk menduduki urutan kedua paling banyak setelah provinsi Sulawesi Selatan.

Kumpulan Peta Sulawesi Tengah

Peta Sulawesi Tengah atau provinsi Sulteng dapat anda lihat dengan mudah di google map, namun kami juga melengkapi posting ini agar anda tidak usah pergi mencari secara manual. Di bawah ini kami lampirkan peta Sulteng lengkap dengan batas wilayah yang menjadi pembatas provinsi tersebut. Lebih detailnya silahkan lihat petanya di bawah ini:

Peta Sulawesi Tengah
Peta Sulawesi Tengah

Peta Buta Sulawesi Tengah

Baca juga: Kunjungi ngundang.com situs penyedia undangan digital online terbaik di Indonesia

Peta Hitam Putih Sulawesi Tengah

Provinsi yang berbatasan dengan Sulawesi Tengah

Peta Regional

Peta Atlas Provinsi Sulawesi Tengah
Peta Atlas Provinsi Sulawesi Tengah

Kilas sejarah

Sebelum memasuki zaman penjajahan Belanda, Sulteng mempunyai lima belas (15) kerajaan, dalam sejarah Indonesia Sulawesi Tengah mendapat julukan Delapan Kerajaan di Barat serta Tujuh Kerajaan di Timur.

Sejak tahun 1905 seluruh wilayah Sulawesi Tengah jatuh ke tangan Pemerintahan Hindia Belanda, serta dari Delapan Kerajaan di Barat serta Tujuh Kerajaan di Timur dijadikan pusat Pemerintahan Hindia Belanda, adalah antara lain sebagai berikut:

Baca juga: XPLORE.ID Menampilkan Destinasi Wisata Terbaik diKota Anda
  1. Banawa di Donggala
  2. Banggai di Luwuk
  3. Bungku di Bungku
  4. Kulawi di Kulawi
  5. Lore di Wanga, Lore Utara, Poso
  6. Mori di Kolonedale
  7. Moutong di Tinombo
  8. Palu di Palu
  9. Parigi di Parigi
  10. Poso Lage di Poso
  11. Sigi/Dolo di Biromaru
  12. Tawaeli di Tawaeli
  13. Tojo di Ampana
  14. Tolitoli di Tolitoli
  15. Una-Una di Pulau Una-Una

Setelah Indonesia merdeka, pemerintah membagi wilayah Sulawesi Tengah menjadi tiga bagian, adalah sebagai berikut:

  1. Sulawesi Tengah bagian Barat,
  2. Sulawesi Tengah bagian Tengah
  3. Sulawesi Tengah bagian Timur

Peta Sulawesi Lainnya

Buat mengetahui peta Provinsi Sulteng secara detail silahkan baca: Peta Atlas Provinsi Sulawesi Tengah

Di bawah ini adalah tabel 12 nama kabupaten serta 1 kota di Sulawesi Tengah lengkap beserta nama kota pusat pemerintahan.

Kabupaten serta Kota di Sulawesi Tengah: Banggai, Banggai Kepulauan, Banggai Bahari, Buol, Donggala, Morowali, Morowali Utara, Parigi Moutong, Poso, Sigi, Tojo Una-Una, Tolitoli, Kota Palu.

Demografi

Jumlah penduduk di Provinsi Sulawesi Tengah pada tahun 2010 adalah 2.831.283 jiwa, dengan kepadatan penduduk 46 jiwa/km2. Kabupaten yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di provinsi Sulawesi Tengah adalah Kabupaten Parigi Moutong dengan jumlah penduduk sebanyak 449.157 jiwa, sedangkan Kota dengan jumlah penduduk terbanyak adalah Kota Palu dengan jumlah penduduk sebanyak 362.202 jiwa. Laju pertumbuhan penduduk di Sulteng adalah 1,95% per tahun (2010). Sementara penduduk Provinsi Sulawesi Tengah yang bermukim di wilayah pemukiman serta pedalaman ialah sekitar 30%, wilayah pesisir 60%, serta kawasan kepulauan adalah 10%.

Pertanian merupakan sumber utama mata pencaharian penduduk Sulsel dengan padi sebagai komoditas utama. Kopi, Kelapa, Kakao serta Cengkih adalah tanaman perdagangan unggulan wilayah ini dan juga hasil hutan berupa rotan, beberapa macam kayu seperti agatis, ebony serta meranti yang merupakan andalan wilayah Sulawesi Tengah.

Masyarakat yang bermukim di wilayah pedesaan diketuai oleh ketua adat di samping pimpinan pemerintahan seperti Kepala Desa. Ketua adat menetapkan hukum adat dan denda dalam bentuk kerbau bagi warga yang melanggar. Umumnya masyarakat yang jujur serta ramah sering mengadakan upacara untuk menyambut kedatangan para tamu seperti persembahan ayam putih, beras, telur serta tuak yang difermentasikan serta disimpan didalam bambu.

Lebih jauh mengenai Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) silahkan kunjungi web site resminya di www.sultengprov.go.id   Demikian Peta Sulawesi Tengah yang kami lengkapi dengan nama 12 Kabupaten serta 1 Kota.

Artikel terkait

Baca juga: Temukan Tempat Makan dan Tempat Hangout Terbaik di Kota Anda

Back to top button