Spasial

Gambar Peta Sulawesi Utara Lengkap dengan Kabupaten dan Kota

Peta Sulawesi Utara – Sulawesi Utara adalah merupakan sebuah provinsi di Indonesia dari 34 provinsi yang terletak di Pulau Sulawesi bagian ujung utara. Ibukota provinsi Sulawesi Utara bernama Manado. Adapun batas-batas Sulawesi Utara adalah sebagai berikut:

  • Sebelah selatan berbatasan dengan provinsi Gorontalo
  • Sebelah timur berbatasan dengan Laut Maluku
  • Sebelah utara berbatasan dengan Davao del Sur yang merupakan wilayah negara Filipina
  • Sebelah barat berbatasan dengan Laut Sulawesi

Kumpulan Peta Sulawesi Utara

Peta Sulawesi Utara
Peta Sulawesi Utara

Peta Buta Sulawesi Utara

Provinsi yang berbatasan dengan Sulawesi Utara

  • Gorontalo

Peta Regional

Pinjaman Online Baca juga: Erek erek 2d Bergambar Lengkap
Peta Atlas Provinsi Sulawesi Utara
Peta Atlas Provinsi Sulawesi Utara

Sekilas sejarah

Seperti provinsi-provinsi lainnya yang ada di Indonesia, Sulawesi Utara juga menyimpan banyak sejarah Indonesia. Mulai dari zaman prasejarah, zaman kerajaan, zaman penjajahan hingga zaman kemerdekaan. Di Sulawesi Utara terdapat temuan purbakala berupa goa, yang terdapat di wilayah Minahasa, Talaud, Mongondow, Bolaang.

Di daerah Minahasa banyak di temukan Kubur batu Waruga. Pada zaman glasial (baca: Zaman Kuarter pertama), telah terjadi pergeseran bumi pada zaman Pleistosen, terjadi migrasi fauna besar-besaran dari daratan Asia menuju Selatan melalui Filipina maupun Sulawesi Utara. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka baik di Filipina maupun Sulawesi Utara banyak ditemukan sejumlah fosil-fosil binatang purba, seperti stegodon (gajah purba) dan juga fosil hewan-hewan purba lainnya.

Fosil gading dan geraham gajah purba banyak ditemukan di Desa Pintareng, Tabukan Selatan di Pulau Sangihe. Menurut peneliti sejarah nasional, fosil-fosil diklaim sebagai bagian dari fosil Stegodon, dan hewan tersebut pernah hidup di Kepulauan Nusantara di zaman Pleistosen (sekitar 2 juta tahun yang lalu).

Baca juga :  Gambar Peta Denmark Lengkap dengan Nama Kota dan Batas Wilayah
-->

Fosil Stegodon juga ditemukan di daerah Sangiran, di Kabupaten Sragen (Jawa Tengah), di Lembah Besoa (Sulawesi Tengah), serta di Lembah Cabenge (Sulawesi Selatan). Menurut sejarawan, Stegodon yang ada di Indonesia pernah hidup dengan binatang-binatang purba lain, seperti Rinocheros (badak purba), kerbau purba serta hewan-hewan purba lainnya.

Peta Sulawesi Lainnya

Untuk mengetahui peta Provinsi Sulut secara detail silahkan baca: Peta Atlas Provinsi Sulawesi Utara

Seperti judul di atas, bahwa provinsi Sulawesi utara memiliki 11 kabupaten dan 4 kota. Adapun nama-nama kabupaten dan kota selengkapnya sebagai berikut:

Nama kabupaten dan kota:
Bolaang Mongondow, Bolaang Mongondow Selatan, Bolaang, Mongondow Timur, Bolaang Mongondow Utara, Kepulauan Sangihe, Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Kepulauan Talaud, Minahasa, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, Minahasa Utara, Kota, Bitung, Kota Kotamobagu, Kota Manado, Kota Tomohon

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai Provinsi Sulawesi Utara, silahkan kunjungi website resminya di sulutprov.go.id.

Sebenarnya, Sulawesi Utara memiliki banyak sekali tempat wisata bersejarah yang dapat anda kunjungi. Beberapa tempat wisata yang cukup dikenal diantaranya adalah taman laut bunaken, gua jepang, dan Bukit Kasih.

Artikel terkait

Back to top button