Spasial

Gambar Peta Kalimantan Utara Beserta Kabupaten dan Kota

Peta Kalimantan Utara – Kalimantan Utara (disingkat Kaltara) adalah merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang terletak dibagian utara dari Pulau Kalimantan. Provinsi ini berbatasan langsung dengan negara Malaysia, yaitu Negara Bagian Sabah dan Sarawak. Pusat pemerintahan Provinsi Kalimantan Utara saat ini berada di Tanjung Selor, bersama dengan pusat pemerintahan Kabupaten Bulungan.

Saat ini Provinsi Kalimantan Utara merupakan provinsi termuda di Indonesia yang baru resmi disahkan menjadi provinsi didalam rapat paripurna DPR pada tanggal 25 Oktober 2012 berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2012.

Kementerian Dalam Negeri menetapkan 11 daerah otonomi baru yang terdiri atas satu provinsi dan 10 kabupaten, termasuk Kalimantan Utara pada hari Senin, tanggal 22 April 2013. Bersama dengan penetapan tersebut, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi melantik kepala daerah masing-masing, termasuk pejabat Gubernur Kalimantan Utara yakni Irianto Lambrie. Infrastruktur pemerintahan Kalimantan Utara masih dalam proses persiapan yang direncanakan akan berlangsung paling lama dalam 1 tahun.

Berikut adalah gambar dari peta Provinsi Kalimantan Utara lengkap dengan letak kabupaten maupun kota yang ada di provinsi tersebut. Perhatikan peta di bawah ini! Untuk mengunduhnya silahkan klik/klik kanan kemudian simpan di komputer anda, Atau langsung klik tombol download yang telah disediakan.

Baca juga: Kunjungi ngundang.com situs penyedia undangan digital online terbaik di Indonesia

Kumpulan Peta Kalimantan Utara

Peta Kalimantan Utara
Peta Kalimantan Utara

Peta Regional

Peta Kalimantan Lainnya

Letak Geografis

Kalimantan Utara merupakan salah satu dari 34 provinsi di Indonesia yang letaknya di bagian Timur Laut Pulau Kalimantan. Sebelah barat berbatasan langsung dengan wilayah negara Malaysia, Barat Daya berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Tengah, sebelah selatan berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Selatan, dan di sebelah timur dengan selat Makassar.

Baca juga: XPLORE.ID Menampilkan Destinasi Wisata Terbaik diKota Anda

Di negara Indonesia, Provinsi Kalimantan Utara adalah provinsi paling muda saat ini, secara resmi menjadi provinsi ditetapkan dalam rapat paripurna DPR yang dilaksanakan pada tanggal 25 bulan Oktober tahun 2012 dan diatur dalam UU No. 20 Tahun 2012.

Nama Kabupaten dan Kota

Provinsi Kalimantan memiliki 4 kabupaten dan 1 kota, yang sebelumnya wilayah ini termasuk wilayah Provinsi Kalimantan Timur. Adapun nama-nama kabupaten dan kota tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Kabupaten Bulungan, pusat pemerintahan di Tanjung Selor
  2. Kabupaten Malinau, pusat pemerintahan di Malinau
  3. Kabupaten Nunukan, pusat pemerintahan di Nunukan
  4. Kabupaten Tana Tidung, pusat pemerintahan di Tideng
  5. Kota Tarakan

Sejarah Kalimantan Utara

Kalimantan Utara berdiri dan dipisahkan dari provinsi KalTim telah dilaksanakan sejak tahun 2000. Dengan melalui proses akhirnya, Kalimantan Utara akhirnya disetujui menjadi sebuah provinsi sendiri, yang ditetapkan pada rapat paripurna DPR yang dilaksanakan pada tanggal 25 Oktober tahun 2012.

Uniknya, ternyata mayoritas penduduk Kalimantan Utara adalah Suku Jawa. Tercatat kurang lebih 40% dari keseluruhan di sana adalah Suku Jawa. Mengapa bisa terjadi demikian?

Karena adanya program transmigrasi yang sebagian besar orang Jawa. Penduduk lainnya didominasi oleh penduduk yang berasal Sulawesi Selatan.

Sedangkan sisanya adalah penduduk asli Kalimantan, seperti Suku Banjar, Suku Dayak, Suku Bulungan, Suku Kutai ,dan Suku Tidung. Wilayah yang sekarang menjadi provinsi Kalimantan Utara dahulunya merupakan bekas wilayah Kesultanan Bulungan.

Kesultanan ini menjadi merupakan perluasan dari Kesultanan Sulu. Menurut Hikayat Banjar, Kerajaan Berau yang disebutkan sebagai pusat dari Kesultanan Bulungan, dahulu adalah negara bagian dari Kesultanan Banjar. Saat itu Kesultanan Banjar bernama Kerajaan Negara Dipa, yang eksis pada zaman Hindu.

Peta Kalimantan Utara lengkap nama kabupaten dan kota
Peta Atlas Kalimantan Utara

Kabupaten dan Kota di Kalimantan Utara: Bulungan, Malinau, Nunukan, Tana Tidung, Tarakan

Demikian Peta Kalimantan Utara dengan sekilas sejarah yang mengantarkan wilayah tersebut menjadi provinsi mandiri.

Artikel terkait

Baca juga: Temukan Tempat Makan dan Tempat Hangout Terbaik di Kota Anda

Back to top button