Spasial

Gambar Peta Kalimantan Tengah Lengkap dengan Kabupaten dan Kota

Peta Kalimantan Tengah – Kalimantan Tengah adalah salah satu dari 34 provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan Bagian Tengah yang beribukota di Palangkaraya. Sebelah barat berbatasan langsung dengan Provinsi Kalimantan Barat, sebelah tenggara berbatasan langsung dengan Provinsi Kalimantan Selatan, bagian timur berbatasan dengan Kalimantan Timur, dan sebelah utara berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Barat dan Timur.

Seperti provinsi-provinsi lain di Indonesia, Kalimantan tengah atau yang sering disingkat Kalteng juga memiliki sejarah, terutama kerajaan. Di provinsi ini pernah berdiri sebuah kerajaan bernama Kerajaan Kepangeranan Kotawaringin.

Kerajaan Kotawaringin adalah sebuah kerajaan kepangeranan, ini adalah cabang keturunan Kesultanan Banjar. Menurut catatan sejarah istana al-Nursari Kotawaringin berdiri pada tahun 1615 atau 1530. Pada zaman penjajahan Belanda pun pernah mengubek-ubek wilayah tersebut.

Selain itu, Kalimantan Tengah merupakan provinsi yang kaya akan sumber daya alam yang tak ternilai harganya. Di Kalimantan Tengah juga banyak terdapat tempat wisata alam menarik yang patut untuk dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Pinjaman Online

Tempat wisata di Kalimantan Tengah antara lain: Taman Nasional Tanjung Puting, Taman Nasional Bukit Raya, Arboretum Nyaru Menteng, Danau Tahai, Kota Air Muara Teweh, Pantai Ujung Pandaran, Rumah Adat Betang, dan lain-lain.

Kumpulan Peta Kalimantan Tengah

Seperti telah kita singgung di atas bahwa Provinsi Kalimantan Tengah berbatasan langsung dengan tiga provinsi lainnya yang ada di Pulau Kalimantan. Agar lebih jelas, silahkan perhatikan gambar Peta Kalimantan Tengah di bawah ini. Untuk mendapatkan ukuran penuh dan mendownlodnya silahkan klik gambar peta di bawah ini.

Peta Kalimantan Tengah
Peta Kalimantan Tengah
Peta Atlas Kalimantan Tengah
Peta Atlas Kalimantan Tengah
Peta Kalimantan Tengah
Peta Kalimantan Tengah

Suku Bangsa

Tiga etnis dominan di Kalimantan Tengah yaitu etnis Dayak (45,98%), Jawa (21,93%) dan Banjar (21,28%). Kawasan utama etnis Dayak yaitu daerah hulu dan pedalaman, Kawasan utama etnis Jawa yaitu daerah transmigrasi dan Kawasan utama etnis Banjar yaitu daerah pesisir, perbatasan Kalimantan Selatan dan perkotaan.

Suku Dayak adalah suku terbesar di Kalimantan Tengah. Beberapa subetnis Dayak yang terdapat di Kalteng yaitu Ngaju (mendiami daerah aliran sungai Kapuas, Kahayan, Rungan Manuhing, Barito dan Katingan.), Bakumpai (mendiami tepian daerah aliran sungai Barito ), Maanyan (mendiami bagian timur Kalteng seperti Barito Timur dan Barito Selatan), Ot Danum (mendiami daerah utara Kalteng), Siang Murung (mendiami Timur Laut Kalteng/Kabupaten Murung Raya), Taboyan (mendiami sepanjangan tepian aliran Sungai Teweh), Lawangan (mendiami bagian timur Kalteng/Barito Timur), Dusun (mendiami wilayah aliran sungai Barito dari Barito Selatan sampai Murung Raya), dan subetnis lainnya. Orang Dayak di Kalimantan Tengah umumnya berprofesi sebagai petani dan pegawai pemerintahan.

Suku Jawa merupakan suku terbesar kedua di Kalimantan Tengah. Di beberapa kabupaten, seperti Kotawaringin Barat, Seruyan dan Pulang Pisau, etnis Jawa adalah penduduk mayoritas. Orang Jawa di Kalimantan Tengah umumnya berprofesi sebagai petani, pegawai, TNI/Polri, pedagang makanan dan pekerja tambang/sawit. Kesenian Jawa seperti kuda lumping, reog, wayang kulit dan bahasa Jawa masih bertahan di kantong-kantong transmigrasi di Kalimantan Tengah. Besarnya proporsi orang Jawa di Kalimantan Tengah karena banyaknya transmigrasi asal Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur yang masuk ke Kalimantan Tengah.

Suku Banjar merupakan suku terbesar ketiga di Kalimantan Tengah. Di Kalimantan Tengah, orang Banjar banyak berada di wilayah perkotaan seperti Palangka Raya, Kotawaringin Timur, Kabupaten Barito Timur dan Kapuas yang berbatasan langsung dengan Kalimantan Selatan. Orang Banjar di Kalimantan Tengah umumnya bekerja sebagai pedagang dan wiraswasta, sehingga kuliner, masakan dan bahasa Banjar cukup dominan di Kalimantan Tengah. Berbagai upacara adat Banjar, seperti pada upacara pernikahan, kelahiran (tasmiyah), batamat Al Qur’an, baayun mulud dan sebagian kesenian Banjar, seperti sinoman hadrah dan maulid habsyi masih sering ditampilkan di Kalimantan Tengah.

Suku Melayu merupakan suku terbesar keempat di Kalimantan Tengah yang menempati pesisir Sukamara dan Kotawaringin Barat, perbatasan Kalimantan Barat juga sebagian wilayah di Kabupaten Lamandau. Melayu di Kalimantan Tengah biasa disebut Melayu Kotawaringin atau Teringin yang adat budayanya tidak jauh berbeda dengan orang Melayu di Kalbar & Suku Banjar di Kalimantan Selatan.

Suku Madura merupakan suku terbesar kelima di Kalteng. Di Kalimantan Tengah, orang Madura yang juga banyak berprofesi sebagai pedagang di pasar tradisional banyak mendiami daerah Kotawaringin Barat dan Kotawaringin Timur. Setelah konflik etnis tahun 2001, sebagian warga Madura sudah berangsur-angsur kembali ke Kalimantan Tengah.

Peta Regional

Peta Kalimantan Lainnya

Wilayah Kalimantan Tengah hingga artikel ini dituliskan terbagi menjadi 13 kabupaten dan 1 kota. Sedangkan jumlah penduduknya menurut Badan pusat statistik provinsi Kalimantan Tengah tahun 2014 tercatat 2.439.858 jiwa. Selengkapnya silahkan lihat di: kalteng.bps.go.id

Kabupaten dan Kota di Kalimantan Tengah

Adapun nama kabupaten dan kota di Kalimantan Tengah adalah sebagai berikut:

NO KAB/KOTA
1 Barito Selatan
2 Barito Timur
3 Barito Utara
4 Gunung Mas
5 Kapuas
6 Katingan
7 Kotawaringin Barat
8 Kotawaringin Timur
9 Lamandau
10 Murung Raya
11 Pulang Pisau
12 Sukamara
13 Seruyan
14 Kota Palangka Raya

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Peta Kalimantan Tengah lengkap nama kabupaten dan kota, semoga menjadi catatan Sejarah Negara Indonesia. Untuk mengetahui program-program terbaru Provinsi Kalimantan Tengah silahkan kunjungi situs resminya di kalteng.go.id, di sana anda akan lebih dekat mengenal provinsi Kalteng.

Artikel terkait

Back to top button