Spasial

Peta Kalimantan Barat Lengkap dengan Kabupaten dan Kota

Peta Kalimantan Barat – Sesuai dengan namanya, Kalimantan Barat (Kalbar) merupakan salah satu dari 34 provinsi di negara Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan bagian barat dan memiliki ibu kota Provinsi bernama Pontianak. Adapun luas wilayah provinsi ini adalah kurang lebih 146.807 km persegi atau sekitar 7,53% dari luas seluruh negara Indonesia). Kalimantan Barat tercatat sebagai provinsi terluas ke-4 setelah Provinsi Papua, Provinsi Kalimantan Timur dan Provinsi Kalimantan Tengah di Indonesia.

Julukan untuk provinsi Kalimantan Barat adalah Provinsi Seribu Sungai. Mengapa dijuluki Seribu Sungai? Karena Kalimantan Barat memiliki ratusan sungai baik besar maupun kecil. Provinsi Kalimantan Barat berbatasan langsung dengan negara Malaysia, tepatnya dengan negara bagian Sarawak. Provinsi Kalbar juga memiliki puluhan pulau besar maupun kecil, meskipun diantara beberapa pulau tersebut belum ada yang menghuni.

Menurut catatan sensus penduduk Indonesia tahun 2004, jumlah penduduk di Provinsi Kalimantan Barat sudah mencapai 4.073.304 jiwa atau sekitar 1,85% dari seluruh jumlah penduduk di Indonesia.

Berdasarkan sejarah kakawin Nagarakretagama tahun 1365, Kalimantan Barat merupakan salah satu bagian wilayah taklukan Kerajaan Majapahit, sebuah kerajaan kuno terbesar di Indonesia yang telah berhasil mempersatukan nusantara sebagai satu kesatuan.

Pinjaman Online

Kumpulan Peta Kalimantan Barat

Seperti judul di atas, pada artikel berikut kami akan menyertakan gambar peta Provinsi Kalimantan Barat. Berikut gambar peta Kalimantan Barat atau yang sering disingkat dengan Kalbar.

Peta Kalimantan Barat
Peta Kalimantan Barat
Peta Atlas Kalimantan Barat
Peta Atlas Kalimantan Barat

Peta Regional

Peta Kalimantan Lainnya

Berdasarkan gambar peta Kalimantan Barat diatas dapat kita lihat aliran sungai yang dan batas kabupaten dan kota, maupun pulau-pulau yang ada di wilayah provinsi ini. Jika kalian ingin melihat gambar peta Kalimantan Barat dengan resolusi yang tinggi silahkan klik gambar peta tersebut.

Suku Bangsa

Berdasarkan data Sensus Penduduk Indonesia 2010, suku yang dominan di Provinsi Kalimantan Barat dari 4.385.356 jiwa, yaitu berasal dari suku Dayak yakni 2.194.009 jiwa (50,03%). Suku Dayak mayoritas bermukim di daerah pedalaman seperti Landak, Sanggau, Bengkayang, Sintang, Sekadau dan Melawi. Selanjutnya ada suku Melayu sebanyak 814.550 jiwa (18,57%). Sedangkan suku Melayu mayoritas tinggal di kawasan pesisir, seperti Sambas, Kayong Utara, Ketapang, Mempawah dan Kota Pontianak.

Suku terbanyak ketiga di Kalimantan Barat yaitu berasal dari suku Jawa sebanyak 427.33 jiwa (9,74%) yang memiliki basis pemukiman didaerah-daerah transmigrasi yang tersebar diseluruh Kabupaten/ Kota, terutama Kubu Raya dan Sintang dengan sekitar 30% penduduknya merupakan warga transmigran asal Jawa.

Pada urutan keempat adalah etnis Tionghoa yakni 358.451 jiwa (8,17%) yang banyak terdapat di daerah perkotaan seperti Singkawang dan Pontianak. Di Kota Singkawang, sekitar 37% penduduknya adalah merupakan keturunan Tionghoa dan 32% Melayu, sedangkan di Kota Pontianak 32% penduduknya merupakan suku Melayu dan 18% dari etnis Tionghoa. Budaya dasar wilayah Kalimantan Barat di bentuk atas tiga tungku utama, yaitu Dayak, Melayu dan Tionghoa.

Kedatangan orang-orang Tionghoa ke wilayah Kalimantan Barat di yakini berdasarkan tiga gelombang, yang terbesar saat adanya penemuan emas di Monterado, Bengkayang. Ketika itu, Sultan Sambas dan Mempawah mendatangkan orang-orang Tionghoa untuk bekerja sebagai tenaga penambang disana.

Walau demikian saat ini sudah banyak suku bangsa yang berasal dari seluruh Indonesia yang mendiami wilayah Kalimantan Barat, dan populasi suku Jawa juga sudah melebihi keturunan Tionghoa disebabkan dengan banyaknya migrasi dari pulau Jawa, baik melalui transmigrasi ataupun masuknya tenaga kerja dari berbagai sektor.

Berikutnya diurutan kelima adalah etnis Madura (6,27%) yang memiliki basis pemukiman di daerah Mempawah dan Kubu Raya. Berbeda dengan suku Jawa lainnya, kedatangan suku Madura ke Kalimantan Barat karena migrasi swakarsa atau dengan biaya sendiri. Di urutan keenam yaitu suku Bugis (3,13%) yang juga banyak terdapat di daerah Mempawah. Setiap tahunnya di Mempawah di adakan upacara tradisi Robo’-Robo’ dalam rangka memperingati kedatangan Opu Daeng Manambon dari Kesultanan Luwu ke Kerajaan Mempawah.

Kabupaten dan Kota Kalimantan Barat

Provinsi Kalimantan Barat sampai saat ini wilayahnya dibagi menjadi 12 kabupaten dan 6 kota. Adapun nama kabupaten dan kota tersebut adalah seperti di bawah ini:

Bengkayang Sanggau
Kapuas Hulu Sekadau
Kayong Utara Sintang
Ketapang Kota Ketapang
Kubu Raya Kota Mempawah
Landak Kota Pontianak
Melawi Kota Sambas
Mempawah Kota Sintang
Sambas Kota Singkawang

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai peta Provinsi Kalimantan Barat, semoga menjadi catatan sejarah Indonesia.

Artikel terkait

Back to top button