Lingkungan Hidup

Pengertian Lingkungan Hidup dan Jenisnya

Lingkungan Hidup Adalah – Menurut Undang Undang Nomor. 23 Tahun 1997, area hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, serta makhluk hidup, termasuk manusia serta perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan serta kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain. Sedangkan ruang lingkup area hidup Indonesia meliputi ruang, tempat Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berwawasan Nusantara dalam melaksanakan kedaulatan, hak berdaulat, serta yurisdiksinya.

Dalam lingkungan hidup terdapat ekosistem, yaitu tatanan unsur lingkungan hidup yang merupakan kesatuan utuh menyeluruh serta saling mempengaruhi dalam membentuk keseimbangan, stabilitas, serta produktivitas area hidup.

Daerah adalah seluruh faktor luar yang memengaruhi suatu organisme, faktor-faktor ini dapat berupa organisme hidup (biotic issue) atau variabel-variabel yang tidak hidup (abiotic factor).

Lingkungan hidup sebagai kesatuan ruang dengan seluruh benda, daya, keadaan makhluk hidup, termasuk manusia serta perilakunya, mempengaruhi alam itu sendiri. Dalam ilmu ekologi, alam dilihat sebagai jalinan sistem kehidupan yang saling terkait satu sama lainnya.

Baca juga: Kunjungi ngundang.com situs penyedia undangan digital online terbaik di Indonesia

Baca juga: Apa yang Dimaksud Dengan Lingkungan Alamtaboola mid article

Artinya setiap makhluk hidup berada dalam suatu proses penyesuaian diri dalam sistem kehidupan yang dipengaruhi oleh asas-asas dalam kelangsungan kehidupan ekologi tersebut. Berikut pengertian area hidup menurut para ahli beserta jenisnya:

Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli

Istilah Lingkungan Hidup pada BAB I, Pasal 1 ayat 1 Undang-undang Nomor.32 Tahun 2009 Tentang Pengelolaan Daerah Hayati dirumuskan sebagai berikut:

Baca juga: XPLORE.ID Menampilkan Destinasi Wisata Terbaik diKota Anda

“Daerah hidup adalah kesatuan ruang dengan seluruh benda, daya, keadaan serta makhluk hidup, termasuk manusia serta prilakunya, yang mempengaruhi alam itu sendiri, kelangsungan prikehidupan serta kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain”.

Dalam Ensiklopedia Indonesia, area adalah segala sesuatu yang ada di luar suatu organism, meliputi: (1) area mati (abiotik), adalah area di luar suatu organisme yang terdiri dari benda atau faktor alam yang tidak hidup, seperti bahan kimia, suhu, cahaya, gravitasi, atmosfer serta lainnya. (2) Daerah hidup (Biotik) adalah area yang terdiri atas organisme hidup, seperti tumbuhan, hewan serta manusia.

Ensiklopedia Amerika, menyatakan bahwa lingkungan adalah faktor-faktor yang membentuk area sekitar organisme, terutama komponen-komponen yang mempengaruhi prilaku, reproduksi serta kelestarian organisme.


Baca juga: Pencemaran Lingkungan: Pengertian, Jenis, dan Penyebab

Lingkungan Hidup Adalah

Menurut Munadjat Danusaputro, lingkungan atau lingkungan hidup adalah seluruh benda serta daya serta kondisi, termasuk di dalamnya manusia serta tingkah-perbuatannya, yang terdapat dalam ruang dimana manusia berada serta mempengaruhi kelangsungan hidup serta kesejahteraan manusia serta jasad-jasad hidup lainnya.

Sementara itu, menurut Otto Soemarwoto, lingkungan hidup diartikan sebagai ruang yang ditempati suatu makhluk hidup bersama dengan benda hidup serta tak hidup di dalamnya.

RM. Gatot P. Soemartono mengutip pendapat para ahli sebagai berikut:

“secara umum lingkungan diartikan sebagai segala benda, kondisi, keadaan serta pengaruh yang terdapat dalam ruangan yang kita tempati, serta mempengaruhi hal yang hidup termasuk kehidupan manusia. Batas ruang lingkungan menurut pengertian ini dapat sangat luas, namun praktisnya dibatasi ruang lingkungan dengan faktor-faktor yang dapat dijangkau oleh manusia seperti faktor alam, faktor politik, faktor ekonomi, faktor soasial serta lain-lain”.

Pengertian lingkungan hidup menurut Sambah Wirakusumah adalah lingkungan hidup adalah seluruh aspek kondisi eksternal biologis, dimana organisme hidup serta ilmu-ilmu lingkungan menjadi studi aspek lingkungan organisme itu.

Menurut Emil Salim lingkungan hidup diartikan sebagai benda, kondisi, keadaan serta pengaruh yang terdapat dalam ruang yang kita tempati serta mempengaruhi hal yang hidup termasuk kehidupan manusia.

Sedangkan menurut Soedjono lingkungan hidup sebagai lingkungan fisik atau jasmani yang terdapat di alam. Pengertian ini menjelaskan bahwa manusia, hewan serta tumbuh-tumbuhan dilihat serta dianggap sebagai perwujudan fisik jasmani.


Baca juga: Sumber Energi yang Paling Aman Bagi Lingkungan Adalah Berikut

Jenis Lingkungan

Para ahli mengadakan pengelompokan area ini atas beberapa macam, secara garis besarnya area hidup manusia itu dapat digolongkan atas 3 (tiga) jenis golongan:

a. Lingkungan fisik (physical atmosphere)
Lingkungan fisik adalah segala sesuatu di sekitar kita yang berbentuk benda mati seperti rumah, kendaraan, gunung, udara, sinar matahari serta lain lain yang semacamnya.

b. Lingkungan biologis (biolocal environment)
Lingkungan biologis adalah segala sesuatu yang berada di sekitar manusia yang berupa organisme hidup lainnya selain dari manusia sendiri, binatang, tumbuh-tumbuhan, jasad renik(plankton) serta lainlain.

c. Lingkungan sosial (social environment)
Lingkungan sosial adalah manusia lain yang berada disekitarnya seperti orang sebelah, teman serta lain-lain.

Pentingnya Lingkungan

Lingkungan memainkan peran penting dalam hidup sehat serta keberadaan kehidupan di planet bumi. Bumi adalah rumah bagi berbagai spesies makhluk hidup serta kita seluruh bergantung pada area untuk makanan, udara, air, serta kebutuhan lainnya. Oleh karena itu, penting bagi setiap individu untuk menyelamatkan serta melindungi lingkungan kita.

Artikel terkait

Baca juga: Temukan Tempat Makan dan Tempat Hangout Terbaik di Kota Anda

Back to top button