Spasial

Gambar Peta Jepang Beserta Keterangan

Gambar Peta Jepang – Jepang di sebut juga Nippon atau Nihon, adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di Asia Timur. Terletak di ujung barat Samudra Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, dan bertetangga dengan Cina, Korea, dan Rusia. Pulau paling utara berada di Laut Okhotsk, dan wilayah paling selatan berupa kelompok pulau kecil di Laut Tiongkok Timur, tepatnya di sebelah selatan Okinawa yang bertetangga dengan Taiwan.

Peta Jepang

Peta Jepang di bawah ini meliputi peta wilayah, peta politik, dan peta letak jika dilihat dari peta dunia secara keseluruhan.

Peta Jepang

Negara-negara Berbatasan Jepang

  • tidak ada

Peta Regional

Gambar Peta politik Jepang

Peta Politik Jepang

Di mana letak Jepang?

Peta Letak Jepang
Peta Letak Jepang

Baca juga: Gambar Peta Malaysia Lengkap

Hal-hal yang perlu diketahui

Kota Penting

Akita, Aomori, Asahikawa, Fukouka, Fukui, Fukushima, Funabashi, Gifu, Hachinohe, Hakodate, Hamamatsu, Hirosaki, Hiroshima, Ichikawa, Iwaki, Kagoshima, Kanazawa, Kawaguchi, Kawasaki, Kitakyushu, Kobe, Kochi, Koriyama, Kumamoto, Kurashiki, Kyoto, Maebashi, Matsuyama, Miyazaki, Morioka, Nagano, Nagasaki, Nagoya, Naha, Niigata, Nobeoka, Numazu, Odawara, Oita, Omuta, Osaka, Sapporo, Sendai, Shizuoka, Shunan, Tokushima, Tokyo, Tottori, Toyama, Utsunomiya, Wakayama dan Yokohama.

Baca juga: Kunjungi ngundang.com situs penyedia undangan digital online terbaik di Indonesia

Lokasi Strategis

Danau Biwa, Laut Cina Timur, Danau Inawashiro, Laut Pedalaman, Selat Korea, Danau Kussharao, Teluk Wan Mutsu, Teluk Wan Osaka, Samudra Pasifik, Laut Filipina, Laut Jepang, Laut Jepang (Laut Timur), Laut Okhotsk, Shikotsu Danau, Danau Tazawa, Teluk Tokyo Wan, Danau Towada, Danau Toya, Teluk Toyama Wan, Selat Tsushima, Teluk Teluk dan Laut Kuning.

Sumber Daya Alam

Sumber daya alam untuk Jepang adalah ikan.

Bencana Alam

Jepang memiliki banyak gunung berapi, beberapa di antaranya aktif, tetapi banyak yang tidak aktif. Setiap tahun sekitar 1.500 aktivitas seismik, yang sebagian besar tremor, terjadi. Bahaya alam lainnya untuk negara ini termasuk tsunami dan topan.

Baca juga: XPLORE.ID Menampilkan Destinasi Wisata Terbaik diKota Anda

Masalah Lingkungan

Jepang adalah salah satu konsumen terbesar ikan dan kayu tropis, oleh karena itu berkontribusi pada menipisnya sumber daya ini di Asia dan di tempat lain. Selain itu, masalah lingkungan mereka termasuk polusi udara dari emisi pembangkit listrik, menghasilkan hujan asam. Hal ini menyebabkan pengasaman danau dan waduk, yang menurunkan kualitas air dan mengancam kehidupan akuatik.

Profil Jepang

Saat ini, Jepang merupakan Negara yang menduduki urutan ketiga sebagai Negara dengan Ekonomi terbesar setelah Amerika Serikat dan China (Tiongkok). Pendapatan Domestik Bruto atau PDB Nomimal Jepang adalah US$ 5,231 triliun dengan Pendapatan Per Kapita sebesar US$41.429,- pada tahun 2019. Namun saat ini Jepang juga mengalami permasalahan penurunan jumlah penduduk, angka kelahiran Jepang hanya mencapai 7 bayi per 1000 penduduk sedangkan angka kematiannya adalah 11,44 kematian per 1000 penduduk. Dengan demikian, tingkat pertumbuhan penduduk Jepang adalah Negatif yaitu sekitar -0,37% (data tahun 2021). Berdasarkan data dari World Factbook, jumlah penduduk Jepang di tahun 2021 adalah sebanyak 124.687.293 jiwa.

Baca juga :  Jenis Bencana Alam yang Paling Sering Terjadi di Indonesia Adalah 9 Jenis

Jepang yang dijuluki dengan nama negara Matahari Terbit ini menganut sistem pemerintahaan Monarki Konstitusional Parlementer yaitu sistem pemerintahan yang kepala negara adalah seorang Kaisar sedangkan kepala pemerintahannya adalah seorang Perdana Menteri yang biasanya adalah pemimpin partai atau koalisi politik terbesar di Parlemen. Masa Jabatan Perdana Menteri Jepang adalah 4 tahun.

Secara geografis, Jepang yang tidak ada perbatasan darat dengan negara lain ini terletak di antara 30° LU – 47° LU dan 128° BT – 146° BT. Sebelah Timur Kepulauan Jepang adalah Benua Asia (Korea Selatan, Korea Utara, Tiongkok dan Rusia) sedangkan di sebelah Baratnya adalah Samudra Pasifik.

profil negara Jepang (Japan)

Profil Negara Jepang (Japan)

Berikut ini adalah Profil Negara Jepang :

  • Nama Lokal : Nihon-koku / Nippon-koku
  • Bentuk Pemerintahan : Monarki Konstitusional Parlementer
  • Kepala Negara : Kaisar Naruhito (Sejak 01 Mei 2019)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Fumio KISHIDA (sejak 4 Oktober 2021)
  • Ibukota : Tokyo
  • Luas Wilayah :  377.915 km2
  • Jumlah Penduduk : 124.687.293 jiwa (data 2021)
  • Pertumbuhan Penduduk : -0,37% (data 2021)
  • Bahasa Resmi : Jepang
  • Agama : Shinto 69%, Buddha 66,7%, Kristen 1,5%, agama lainnya 6,2% (estimasi 2018)
  • Suku Bangsa : Jepang 97,9%, Tionghoa 0,6%, Korea 0,4%, suku bangsa lainnya 1.1% (estimasi 2017)
  • Mata Uang : Yen (JPY)
  • Hari Kemerdekaan : 3 May 1947 (hari pengadopsian amademen konstitusi Meiji/Konstitusi yang digunakan saat ini); 11 February 660 (hari berdirinya negeri Jepang oleh Kaisar Jimmu (mitologi)); 29 November 1890 (Hari Konstitusi Meiji)
  • Hari Nasional : 23 Februari (1960) (Hari Ulang Tahun Kaisar Naruhito)
  • Lagu Kebangsaan : “Kimigayo” (The Emperor”s Reign)
  • Kode Domain Internet : .jp
  • Kode Telepon : 81
  • Waktu : GMT +9
  • Pendapatan Domestik Bruto : US$ 5,231 triliun (2019)
  • Pendapatan Per Kapita : US$ 41.429,- (2019)
  • Lokasi : Benua Asia (Asia Timur)

Artikel terkait

Baca juga: Temukan Tempat Makan dan Tempat Hangout Terbaik di Kota Anda

Back to top button