Spasial

Peta Bali Lengkap Dengan Nama Kabupaten Dan Kota

Peta Bali lengkap dengan nama kabupaten dan kota – Bali merupakan salah satu dari 34 provinsi di Indonesia yang mempunyai tempat wisata yang terkenal di dunia. Setiap tahunnya ratusan bahkan ribuan wisatawan mancanegara pergi ke sana untuk melihat keindahan yang ada di Pulau Dewata ini. Berbagai tempat wisata khas mulai dari pantai, bangunan pura, serta seni tradisional Bali membuat para wisatawan mancanegara mengaguminya.

Sejarah Pulau Bali

sejarah pulau bali
www.id.baliglory.com

Adanya peta Bali tentunya tidak lepas dari sejarah pulau Bali itu sendiri. Dilihat dari petanya, Bali menjadi salah satu pulau sekaligus provinsi yang ada di Indonesia yang posisinya berada di bagian timur pulau Jawa. Apabila melihat di peta Indonesia, Kamu dapat melihat gugusan pulau kecil selain Bali yang ada di sekitar pulau Bali.

Mulai dari pulau Serangan, pulau Nusa Lembungan, Pulau Nusa Penida, serta juga pulau Nusa Ceningan. Pulau-pulau kecil ini juga menawarkan tempat wisata yang indah serta menarik serta tidak kalah dengan pulau Bali. Sehingga mereka juga kerap dikunjungi oleh wisatawan baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara.

Adapun penduduk yang ada di pulau Bali ini kebanyakan memeluk agama Budha dimana pura menjadi tempat ibadah mereka. di mata dunia, Bali tidak hanya sekadar tempat wisata yang indah, namun juga mempunyai keunikan terutama dalam hal seni serta budaya.

Baca juga: Kunjungi ngundang.com situs penyedia undangan digital online terbaik di Indonesia

Banyak wisatawan yang suka berada di Bali, terutama wisatawan yang berasal dari Australia serta jepang. Adapun pulau Bali sendiri dihuni oleh bangsa taiwan serta Austronesia pada tahun 2000 sebelum Masehi. Mereka datang melalui jalur imigrasi lewat maritime Asia tenggara.

Bahasa serta budaya yang ada di Bali juga mempunyai kaitan yang erat dengan orang-orang yang berasal dari kepulauan Indonesia, Oseania, Malaysia serta juga filipina. Adapun banyak perlengkapan batu yang ditemukan pada masa itu ditemukan di desa Cekik barat, Bali.

Tak berbeda jauh dengan provinsi lainnya, meskipun Pulau Bali relatif kecil, namun menyimpan banyak sejarah yang pantas dicatat bangsa Indonesia. Pada zaman kerajaan, Bali pernah berdiri sebuah kerajaan yang bernama Kerajaan Bali.

Baca juga: XPLORE.ID Menampilkan Destinasi Wisata Terbaik diKota Anda

Meski tak begitu populer seperti kerajaan-kerajaan besar nusantara yang populer seperti Majapahit misalnya, Kerajaan Bali juga meninggalkan berbagai situs sejarah seperti candi.

Di zaman kemerdekaan, rakyat Bali pantas diacungi jempol atas semangatnya merebut serta mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Dibawah pimpinan I Gusti Ngurah Rai, rakyat Bali bertempur habis-habisan melawan penjajah. Pertempuran tersebut masih jelas teringat di jiwa rakyat Indonesia, yang terkenal dengan pertempuran Puputan Margarana.

Kumpulan Peta Bali

Peta Bali
Peta Bali

Seperti telah disinggung di atas, provinsi Bali merupakan sebuah pulau yang relatif kecil. Pulau Bali di sebelah barat berbatasan dengan Selat Bali yang merupakan pertemuan antara Bali serta Jawa Timur. Bagian utara berbatasan dengan Bahari Bali, sebelah timur berbatasan dengan Selat Lombok, serta bagian selatan berbatasan dengan Samudera Indonesia.

Apabila anda hanya melihat peta Bali di bawah ini, saya yakin tidak akan jelas untuk melihat nama-nama kota, pantai maupun tempat-tempat wisata yang ada di sana. Buat itu, agar anda dapat melihatnya secara rinci, silahkan klik gambar peta Bali di bawah ini serta simpan di komputer anda.

Batas Wilayah Bali

  • Utara: Laut Bali
  • Selatan: Samudera Hindia
  • Barat: Selat Bali, Jawa Timur
  • Timur: Selat Lombok, Nusa Tenggara Barat
Peta Bali HD
Peta Bali HD
Peta Atlas Provinsi Bali
Peta Atlas Provinsi Bali
Peta Buta Bali

Peta Kabupaten dan kota di Bali

Karena wilayahnya yang sempit, maka pembagian wilayah kabupaten serta kota provinsi Bali hanya sedikit saja, adalah 8 kabupaten serta 2 kota saja. Buat melengkapi pengetahuan kita mengenai Provinsi Bali, silahkan ikuti tautan peta di bawah ini:

  • Badung
  • Bangli
  • Buleleng
  • Gianyar
  • Jembrana
  • Karangasem
  • Klungkung
  • Tabanan
  • Amlapura
  • Kota Denpasar
  • Sanur
  • Kuta Legian
  • Kuta Jimbaran
  • Kuta Seminyak
  • Tanjung Benoa

Untuk mengetahui bagaimana pemerintahan Bali sekarang ini, silahkan kunjungi situs resminya di: www.baliprov.go.id

Sejarah Pulau Bali

Dari peta Bali kita dapat mengetahui bahwa Pulau ini adalah salah satu propinsi di Indonesia yang terletak di sebelah timur pulau Jawa. Selain pulau Bali sendiri, dari peta Bali kita juga dapat melihat bahwa wilayah Propinsi Bali juga terdiri dari kepulauan kecil yang posisinya tersebar di sekitar pulau Bali. Seperti Pulau Nusa Lembongan, Pulau Nusa Penida, Pulau Serangan serta Pulau Nusa Ceningan. Pulau-pulau kecil tersebut juga terkenal sebagai tempat tujuan para wisatawan.

Tampak dari peta Bali bahwa Pulau ini terletak di antara Pulau Lombok serta Pulau Jawa dengan mama kota Denpasar. Kebanyakan penduduk pulau Bali adalah pemeluk agama Hindu dengan Pura sebagai tempat ibadahnya. Bagi dunia pulau ini terkenal sebagai tempat tujuan pariwisata yang mempunyai berbagai keunikan dari segi seni serta budaya. Banyak wisatawan asing yang senang mengunjungi pulau ini terutama wisatawan Australia serta Jepang.

Pulau Bali telah dihuni bangsa dari Austronesia serta Taiwan sekitar tahun 2000 sebelum Masehi dengan cara migrasi lewat Maritime Asia Tenggara. Bahasa serta budaya dari orang Bali berkaitan erat dengan orang-orang dari kepulauan Indonesia, Filipina, Malaysia, serta Oseania. Perkakas-alat batu yang berasal dari masa itu telah ditemukan di desa Cekik barat pulau Bali.

Baca Juga: Peta Sumatera Utara Lengkap Kabupaten Dan Kota

Kesenian Tari Bali

Bagi para wisatawan kesenian Bali mempunyai keunikan serta daya tarik tersendiri. Pulau Dewata ini selalu memberikan pesonanya kepada siapa saja yang datang mengunjunginya. Terdapat beberapa macam jenis tarian terkenal yang berasal dari Bali antara lain adalah:

1. Tari Pendet

Pada awalnya tari Pendet merupakan jenis tari pemujaan yang banyak dilakukan (diperagakan) di pura. Tarian ini sebagai lambang penyambutan atas turunnya para dewa ke alam dunia. Bersamaan dengan perkembangan jaman seniman Bali mengubah tarian Pendet menjadi “ucapan selamat datang”. Jenis tarian ini dilakukan oleh para gadis dengan pola gerak yang sangat dinamis.

2. Tari Panji Semirang

Merupakan tarian tunggal yang menggambarkan pengembaraan dari seorang laki-laki yang diciptakan oleh I Nyoman Kaler sekitar tahun 1942. Tarian ini menceritakan seorang putri raja yang bernama Galuh Candrakirana yang mengembara dengan menyamar jadi laki-laki dengan nama Raden Panji. Tari Panji Semirang ditarikan oleh wanita dengan penampilan layaknya laki-laki.

3. Tari Condong

Jenis tarian ini mempunyai durasi yang panjang serta cukup sulit untuk ditirukan (diragakan). Tari Condong termasuk tarian klasik Bali dengan gerakan yang sangat kompleks yang menggambarkan kami raja. Meskipun sangat sulit untuk diperagakan namun jenis tarian yang satu ini paling digemari oleh penikmat seni tari.

4. Tari Kecak

Pulau Bali ternyata tidak hanya menyajikan keindahan alamnya saja namun beragam jenis budaya yang sangat mempesona. Salah satunya adalah kesenian tari Kecak yang menggambarkan cerita pewayangan khususnya Ramayana.

Tari Kecak merupakan bentuk kesenian tradisional yang berupa seni drama tari khas dari pulau Bali. Tarian ini di ciptakan oleh seniman Bali Wayan Limbak bersama Walter Spies (pelukis Jerman) pada tahun 1930.

Gamelan Bali

Seperti halnya wilayah lain di Indonesia Bali juga mempunyai perlengkapan musik (gamelan) tersendiri. Namun gamelan di Bali ini mempunyai perbedaan sendiri kalau dibandingkan dengan gamelan wilayah lain. Salah satu perbedaan itu adalah ritme pada gamelan Bali dimainkan dengan ritme yang cepat.

Rindik adalah salah satu perlengkapan musik tradisional dari masyarakat Bali yang terbuat dari beberapa potongan bambu pilihan. Sehingga membuat rindik ini tidak mudah pecah serta menghasilkan suara yang bagus. Langkah memainkan perlengkapan musik ini adalah dengan cara dipukul memakai perlengkapan tabuh secara ganti-gantian hingga menghasilkan suara merdu.

Budaya Kebudayaan Bali

Kebanyakan masyarakat Bali memeluk agama Hindu, namun hal ini tidak berpengaruh terhadap masyarakat lain yang memeluk agama selain Hindu. Bahkan mereka dapat hidup secara berdampingan, rukun, saling menghargai serta gotong royong. Berikut ini beberapa jenis upacara yang kerap dilakukan oleh masyarakat Bali:

1. Pernikahan

Seperti halnya wilayah lain yang ada di Indonesia Bali juga mempunyai adat pernikahannya sendiri. Budaya ini secara turun temurun sudah diwariskan dari jaman nenek moyang mereka. Buat acara pernikahan ini ada beberapa jenis upacara adat yang memang harus dilewati,adalah:

  • Upacara Ngekep: Upacara persiapan calon pengantin wanita dari masa anak muda hingga menjadi istri serta ibu rumah tangga.
  • Mungkah Lawang (Buka Pintu): Budaya mengetuk pintu rumah pengantin wanita sebanyak tiga kali.
  • Masegehagung: Upacara selamat datang dari pengantin pria kepada calon mempelai wanita.
  • Madengen-dengen: Bertujuan untuk membersihkan diri (mensucikan) kedua calon pengantin dari energi negatif.
  • Mewidhi Widana: Merupakan acara penyempurnaan dari pernikahan adat Bali.
  • Mejauman Ngabe Tipat Bantal: Upacara pamitan kepada keluarga pengantin wanita karena telah sah menjadi keluarga besar suaminya.
  • Seluruh bentuk upacara pernikahan tersebut diatas sampai sekarang ini masih dilestarikan. Masyarakat pulau Bali dari dulu memang sudah terkenal sangat taat serta menjunjung tinggi nilai agama. Seluruh itu mereka wujudkan dalam tindak tanduk serta perilaku sehari-sehari.

2. Upacara Potong Gigi

Upacara ini merupakan upacara yang wajib dilakukan oleh wanita serta pria yang beranjak dewasa. Bagi wanita ditandai dengan datangnya menstruasi sedangkan bagi pria ditandai dengan membesarnya pita suara. Pangkas gigi ini hanya merapikan (mengikir) enam gigi rahang atas dengan tujuan untuk menghilangkan 6 sifat buruk pada diri seseorang.

3. Upacara Kematian

Masyarakat pulau Bali selalu mengadakan upacara kematian pada saat ada kerabat (seseorang) yang meninggal dunia. Upacara kematian ini terkenal dengan nama Ngaben adalah upacara pembakaran bagi orang yang meninggal dunia. Inti dari upacara Ngaben ini untuk mengembalikan roh orang yang meninggal dunia (roh leluhur) kembali ke tempat asalnya.

Baca Juga: Peta Jawa Timur Lengkap Dengan Nama Kabupaten dan Kota

Jumlah Penduduk Bali 2018

Pulau yang mempunyai sebutan sebagai Pulau Dewata ini ternyata semakin tahun semakin mengalami lonjakan jumlah penduduk yang sangat signifikan. Bahkan menurut data terakhir yang diterima jumlah penduduk pulau Bali mencapai 4,2 juta jiwa. Ini tentu bukan jumlah yang sedikit kalau dibandingkan dengan jumlah beberapa tahun yang terus.

Tak mengherankan kalau jumlah penduduk yang tinggal di pulau Bali dari tahun ke tahun semakin menaik banyak. Belum lagi ditambah dengan jumlah bayi yang lahir pada setiap harinya. Program Keluarga Berencana menjadi pilihan paling tepat guna menunda laju pertambahan penduduk di pulau Bali ini.

Artikel terkait

Baca juga: Temukan Tempat Makan dan Tempat Hangout Terbaik di Kota Anda

Back to top button