Spasial

Peta Jepang Lengkap Berwarna dan Hitam Putih

Jepang adalah salah satu negara maju di kawasan Asia. Sebenarnya negara ini tidak begitu besar. masih ingat bukan ketika 2 kota (Nagasaki dan Hiroshima) Jepang dibom atom oleh Amerika Serikat pada Perang Dunia II?

Negeri Sakura tersebut porak poranda, tetapi karena kedisiplinan dan kerja keras masyarakatnya yang kuat, tanpa membutuhkan waktu yang lama Jepang kembali menjadi negara yang maju, justru lebih maju dari sebelumnya.

Tidak hanya itu saja, beberapa waktu yang lalu Jepang pernah dilanda tsunami dahsyat yang juga menghancurkan beberapa kota terpenting di Jepang. Namun, rasanya tak berapa lama keadaan kota tersebut kini kembali seperti sedia kala.

Kita sebagai warga negara berkembang, tentunya negara tersebut pantas dijadikan teladan untuk kemajuan bangsa kita.

Baca juga: Kunjungi ngundang.com situs penyedia undangan digital online terbaik di Indonesia

Kumpulan Peta Jepang Lengkap

Peta wilayah Jepang
Peta wilayah Jepang

Peta Wisata Jepang

Peta Jepang
Peta Jepang

Peta Jepang Hitam Putih

Peta Politik Jepang
Peta Politik Jepang

Peta Jepang (Kepadatan Penduduk dan Sumber Daya Alam)

Peta Negara Jepang
Peta Negara Jepang
Peta Letak Jepang
Peta Letak Jepang
Peta buta Jepang
Peta buta Jepang

Baca Juga: Peta Benua Asia Lengkap Dengan Negara Didalamnya

Pembagian Provinsi Jepang

Dari keterangan yang ada pada peta Jepang di atas, negara Jepang mempunyai 47 prefektur serta dapat dikelompokkan menjadi delapan wilayah. Sebagian besar dari wilayah yang ada di negara Jepang berada di pulau Honshu, dan untuk Pulau Okinawa masuk kedalam wilayah Kyuushuu.

Untuk kamu yang ingin mengetahui lebih jelas mengenai prefektur yang ada di negara Jepang sesuai dengan peta Jepang dan keterangannya, kamu dapat mengetahui pembagian prefektur berikut ini:

Baca juga: XPLORE.ID Menampilkan Destinasi Wisata Terbaik diKota Anda

1. Hokkaido

Jika kamu mengamati dengan seksama pada peta Jepang, hokkaido menjadi wilayah yang terletak dibagian paling utara. Pulau Hokkaido adalah salah satu pulau terbesar kedua di negara Jepang. Apabila dibandingkan luas Pulau Hokkaido 2 kali lebih besar dari pulau kyushu. Namun, penduduk yang ada di pulau Hokkaido hanya sebesar 5,4 juta saja.

Hokkaido sendiri terbagi menjadi 4 bagian, yakni Douhoku, Doutou, Dounan, dan juga Douou. Untuk letak Douhoku berada pada bagian utara Pulau Hokkaido yang memiliki perfektur Souya, Rumit, dan juga sub prefektur Kamikawa. Untuk wilayah Doutou sendiri mempunyai empat subprefektur, yakni Nemuro, Okhotsk, Tokachi, dan juga Kushiro.

Douou adalah wilayah dari Hokkaido bagian tengah dengan 5 subprefektur, yakni Ishikari, Iburi, Hidaka, Shiribeshi, dan juga Sorachi. Sedangkan untuk bagian wilayah Dounan yang terletak di Pulau Hokkaido sebelah Selatan hanya mempunyai 2 subprefektur, yakni Hitam dan juga Oshima.

2. Touhoku

Wilayah dari Touhoku berada di bagian pulau Honshu sebelah timur laut dan juga dipisahkan oleh selat Tsugaru. Touhoku mempunyai 6 prefektur, yakni Iwate, Aomori, Akita, Miyagi, Fukushima, dan juga Yamagata. Perlu kamu ketahui dalam sistem provinsi lama yang ada di Jepang, provinsi Dewa dan provinsi Mutsu juga masuk dalam wilayah Touhoku.

Untuk wilayah bagian barat dari Touhoku dan wilayah timur Touhoku dipisahkan oleh pegunungan Oou yang mana mempunyai musim panas yang tergolong pendek. Pada umumnya wilayah Touhoku bagian timur mempunyai iklim sejuk pada musim panas yang dapat merusak tanaman. Dan untuk musim dingin wilayah Touhoku mempunyai jangka waktu musim dingin yang panjang terutama untuk wilayah Touhoku Barat.

3. Kantou

Kantou berada di pulau Honshu di bagian Tenggara dan langsung berhadapan dengan Samudra Pasifik. Kantou sendiri bagi menjadi 7 prefektur yakni Chiba, Tokyo, Saitama, Tochigi, Ibaraki, Kanagawa, dan yang terakhir adalah Gunma.

Kantou adalah wilayah memiliki daratan yang paling luas di Jepang dan dataran ini disebut dengan dataran rendah Tokyo. tidak hanya itu, kota-kota besar dan terkenal di seperti Tokyo, Saitama, dan Yokohama ada di wilayah Kantou. Sebab itulah Kenapa wilayah Kantou menjadi wilayah dengan penduduk terbanyak di negara Jepang. Wilayah Kantou sendiri mempunyai zona industri terbesar di Jepang yaitu Keihin dan Keiyou.

4. Chuubu

Apabila kamu mengamati kembali peta Jepang, kamu akan menemukan chuubu yang berada di Pulau Honshu bagian tengah sekaligus juga menjadi wilayah terluas di pulau Honshu. Chuubu sendiri mempunyai 9 prefektur, yakni Toyama, Niigata, Fukui, Yamanashi, Ishikawa, Nagano. Aichi, Shizuoka. dan Gifu.

Daerah yang masuk dalam wilayah Chuubu memiliki iklim yang berbeda di setiap wilayahnya. Untuk daerah yang berada di bagian laut Jepang memiliki curah salju yang besar ketika memasuki musim dingin. Untuk wilayah yang berada di sekitar Samudra Pasifik mempunyai iklim sedang setiap tahun. Hasil produk hayati yang dihasilkan oleh masyarakat di wilayah Chuubu adalah jeruk, teh, dan juga beras.

5. Kinki

Kinki adalah sebutan geografis untuk daerah pulau Honshu bagian tengah yang berada agak ke barat. Wilayah yang satu ini juga memiliki sebutan lain yang biasa disebut dengan istilah Kansai yang pada umumnya digunakan untuk konteks sejarah dan budaya.

Wilayah yang satu ini juga mempunyai 7 prefektur, yakni Shiga, Osaka, Kyoto, Hyogo, Mie, Nara, dan juga Wakayama. Luas wilayah yang dimiliki oleh Kinki ini mencapai 9% dari total luas wilayah negara Jepang

6. Chuugoku

Chuugoku adalah wilayah yang berada di Pulau Honshu pada bagian barat. Wilayah yang satu ini mempunyai 5 prefektur, yakni Tottori, Shimane, Yamaguchi, Okayama, dan juga Hiroshima. Chuugoku sendiri terbagi atas dua bagian wilayah yakni wilayah San-in yang menghadap ke arah laut Jepang dan wilayah San’you yang mengarah ke arah laut pedalaman Seto.

7. Shikoku

Perlu kamu ketahui dari 4 pulau utama yang berada di negara Jepang, pulau shikoku merupakan wilayah dengan pulau yang paling kecil dan berada di bagian sebelah barat daya pulau Honshu. Sedikit informasi mengenai jembatan Seto Ohashi yang menjadi jembatan penghubung antara pulau Shikoku dengan pulau Honshu, Shikoku sendiri memiliki arti 4 provinsi.

Pulau shikoku mempunyai 4 prefektur yang terbagi menjadi Kagawa, Ehima, Kochi, dan Tokushima. Untuk bagian Utara dari pulau Shikoku mempunyai iklim sedikit hujan dan hangat. Wilayah shikoku sendiri terkenal dengan industri pertanian dan juga kehutanan.

8. Kyuushuu

Kyuushuu adalah wilayah pada bagian paling barat daya serta menjadi pulau terbesar ketiga di Jepang. Wilayah khusus sendiri terbagi atas 8 prefektur yaitu Saga, Nagasaki, Kumamoto, Oita, Kagoshima, Okinawa, Miyazaki, dan Fukuoka. Wilayah kyuushuu terbagi atas 3 bagian, yakni Kyushu Selatan, Kyushu Utara, dan Kyushu Tengah.

Artikel terkait

Baca juga: Temukan Tempat Makan dan Tempat Hangout Terbaik di Kota Anda

Back to top button