Spasial

Gambar Peta Kalimantan Lengkap dengan Batas Negara dan Provinsi

Dikenal sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki beberapa pulau besar dan ribuan pulau kecil. Salah satu pulau berukuran besar yaitu Kalimantan. Pada zaman Belanda, Pulau Kalimantan dikenal dengan sebutan Borneo ini juga termasuk dalam tiga pulau terbesar di dunia setelah New Guinea dan Greenland.

Di pulau ini juga terdapat tiga negara, yaitu Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Sebagian besar wilayah Kalimantan merupakan kawasan hutan, sehingga tak mengherankan jika pulau ini menjadi surga bagi flora dan fauna. Untuk mengenal lebih jauh mengenai Kalimantan beserta provinsi-provinsinya, simak penjelasannya berikut ini.

Peta Kalimantan

Pada peta ini, tampak pulau tersebut dibagi dalam 5 provinsi. Adapun lima provinsi tersebut dapat anda kunjungi pada masing-masing link di bawah ini:

1. Peta Kalimantan Barat

Peta Kalimantan Barat
Peta Atlas Kalimantan Barat

2. Peta Kalimantan Tengah

Peta Kalimantan Tengah
Peta Atlas Kalimantan Tengah

3. Peta Kalimantan Selatan

Peta Kalimantan Selatan
Peta Atlas Provinsi Kalimantan Selatan

4. Peta Kalimantan Timur

Peta Kalimantan Timur
Peta Atlas Provinsi Kalimantan Timur

5. Peta Kalimantan Utara

Peta Kalimantan Utara
Peta Atlas Kalimantan Utara

Peta Kalimantan yang kami lampirkan di bawah ini ada 4, yaitu Peta lengkap versi atlas menampilkan peta lengkap dengan nama-nama daerah, Peta Provinsi Kalimantan menampilkan peta dengan nama-nama provinsi beserta batasnya, yaitu: Peta Buta Kalimantan menampilkan peta tanpa nama apapun, dan Peta buta berwarna menampilkan peta dataran dan pegunungan yang ditandai dengan warna hijau dan kuning kecoklatan.

Baca juga: Kunjungi ngundang.com situs penyedia undangan digital online terbaik di Indonesia

6. Peta Kalimantan Versi Atlas

Peta versi atlas yang lengkap memberikan keterangan nama provinsi, nama kota, nama laut, nama selat dan sebagainya. Selengkapnya lihat di bawah ini:

Peta Kalimantan Versi Atlas

7. Peta Provinsi

Peta Provinsi Kalimantan merupakan peta yang hanya menunjukkan provinsi yang ada di Kalimantan beserta batas-batasnya. Selengkapnya lihat Peta provinsi di Kalimantan di bawah ini:

Peta Provinsi Kalimantan

8. Peta Buta

Peta Buta Kalimantan di bawah ini menampilkan peta kalimantan yang dibagi dalam batas-batas, namun tanpa disertai nama provinsi atau wilayah terntentu. Selengkapnya silahkan lihat peta buta di bawah ini:

Baca juga: XPLORE.ID Menampilkan Destinasi Wisata Terbaik diKota Anda
Peta Buta Kalimantan
Peta Buta Kalimantan

9. Peta Buta Berwarna

Peta Kalimantan buta berwarna adalah peta yang hanya menampilkan dataran dan pegunungan yang ditandai dengan warna hijau sebagai warna dataran dan warna kuning kecoklatan sebagai daerah pegunungan. Selengkapnya mengenai peta buta berwarna dapat anda lihat di bawah ini:

Peta Kalimantan Buta Berwarna
Peta Kalimantan Buta Berwarna

Kalimantan Pulau Terbesar

Pulau Kalimantan merupakan satu-satunya pulau di Indonesia yang dimiliki tiga negara sekaligus, yaitu Indonesia, Brunei, dan Malaysia, dengan wilayah terluas dimiliki oleh pemerintah Republik Indonesia.

Letak Pulau Kalimantan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Kalimantan menjadi salah satu pulau terbesar di Indonesia sekaligus pulau ketiga terbesar di dunia ini memiliki luas sekitar 743.330 km2. Kalau dilihat di peta Indonesia, Kalimantan ada di sebelah timur peta Sumatera dan ada di tengah-tengah peta Indonesia. Namun, meski memiliki ukuran yang besar dan luas, jumlah penduduknya terbilang relatif sedikit dibandingkan pulau-pulau lainnya. Jumlah penduduk di Pulau Kalimantan hanya kisaran 21 juta jiwa saja.

Pulau Kalimantan juga memiliki julukan “Pulau Seribu Sungai”, karena banyaknya sungai yang mengalir. Salah satunya yang paling populer yaitu Sungai Kapuas. Sama seperti pulau-pulau lainnya, letak Kalimantan dapat ditinjau secara astronomi dan geografi seperti berikut ini.

1. Letak Astronomi

Secara astronomis, letak Pulau Kalimantan berada pada posisi antara 4° LU hingga 4° LS dan 108° BT hingga 119° BT. Dengan mengacu pada letak astronominya, maka bisa dikatakan bahwa Pulau Kalimantan termasuk kawasan tropis karena dilalui garis 0° atau yang biasa disebut dengan garis khatulistiwa.

2. Letak Geografis

Letak Pulau Kalimantan secara geografis berada di bagian utara wilayah Indonesia dan terletak di perairan laut Cina Selatan. Pada bagian timur, pulau yang lebih dikenal dengan sebutan Borneo ini berbatasan dengan wilayah perairan meliputi Laut Jawa, Selat Karimata, Selat Makassar, dan Laut Sulawesi, sedangkan untuk bagian barat berbatasan dengan Selat Karimata.

Untuk bagian utara berbatasan dengan Laut Jawa, Laut Sulu, dan wilayah Malaysia (Sabah dan Serawak), sedangkan bagian selatan berbatasan dengan Laut Jawa dan Selat Karimata. Untuk kondisi geografis atau kondisi alamnya sendiri, sebagian besar wilayah di Pulau Kalimantan merupakan hutan yang menjadi habitat hewan-hewan endemik seperti bekantan, tapir, dan orang utan.

Negara-Negara di Pulau Kalimantan

Setelah mengetahui mengenai letak astronomis dan geografis Pulau Kalimantan, di pulau ini terdapat tiga negara yaitu Indonesia dengan luas sekitar 73%, Malaysia dengan luas sekitar 26%, dan Brunei Darussalam dengan luas sekitar 1%.

Jika pada umumnya sebuah pulau hanya terdapat satu negara saja, maka Pulau Kalimantan merupakan pengecualian. Ketiga negara ini tetap hidup berdampingan dengan rukun, meski berada dalam satu kawasan yang sama tanpa saling berebut wilayah. Ketiga negara ini juga memiliki kedaulatannya masing-masing, berikut ini penjelasannya.

1. Indonesia

gambar peta indonesia

Indonesia menjadi salah satu negara yang paling luas yang berada di Pulau Kalimantan dibandingkan dua negara lainnya. Untuk wilayah Indonesia di Pulau Kalimantan dibagi lagi menjadi lima provinsi, yaitu Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Utara. Kelima provinsi ini juga memiliki wilayah masing-masing yang cukup luas.

Kepadatan penduduk di Pulau Kalimantan khususnya wilayah negara Indonesia juga masih jarang, sehingga menjadi kawasan ideal untuk program transmigrasi. Meski memiliki wilayah yang luas dan besar, kawasan Pulau Kalimantan tidak dijadikan sebagai pusat pemerintahan dan pusat kegiatan administratif negara Indonesia.

Walau demikian, pemerintah Indonesia tetap menaruh perhatian yang besar pada pulau ini untuk kegiatan perkebunan dan pertambangan. Dengan adanya sumber daya perkebunan dan pertambangan yang melimpah, maka akan membantu meningkatkan perekonomian Indonesia.

2. Malaysia

gambar peta malaysia

Setelah Indonesia, negara yang menduduki urutan kedua dengan wilayah terluas di Pulau Kalimantan yaitu Malaysia. Wilayah Malaysia yang berada di pulau ini yaitu kawasan Sabah dan Serawak. Keduanya juga memiliki ibu negerinya masing-masing. Untuk kawasan Sabah mempunyai ibu negeri yaitu Kinabalu, sedangkan kawasan Serawak mempunyai ibu negeri yaitu Kuching.

Malaysia juga menjadi negara yang berbatasan langsung dengan wilayah negara Indonesia melalui jalur darat. Meskipun berbatasan langsung, masyarakat Malaysia dan Indonesia tetap hidup berdampingan dengan rukun dan damai. Hal ini dibuktikan dengan tidak adanya konflik-konflik serius yang terjadi di perbatasan antara kedua wilayah negara ini.

3. Brunei Darussalam

gambar peta brunei darussalam

Brunei Darussalam menjadi negara dengan wilayah terkecil yang berada di Pulau Kalimantan dibandingkan wilayah Indonesia dan Malaysia. Brunei Darussalam bahkan hanya memiliki sekitar 1% dari luas keseluruhan Pulau Kalimantan. Negara ini juga menjadi salah satu negara dengan luas wilayah yang sempit dan hanya terpusat di Pulau Kalimantan saja.

Ibukota negara Brunei Darussalam yang menjadi pusat pemerintahan yaitu Bandar Seri Begawan. Meskipun memiliki luas wilayah negara yang sempit dan kecil, Brunei Darussalam dapat dikatakan sebagai negara yang makmur dan dikenal dengan julukan negara petro dollar.

Negara ini tidak berbatasan langsung dengan Indonesia, namun berbatasan langsung dengan daratan Malaysia. Brunei Darussalam juga menjalin kerja sama yang baik dengan negara Malaysia dan Indonesia, serta termasuk ke dalam salah satu negara anggota ASEAN.

Provinsi di Kalimantan

Setelah mengetahui negara-negara apa saja yang berada di Pulau Kalimantan, perlu diketahui juga provinsi yang ada di Pulau Kalimantan. Berikut ini lima provinsi yang berada di Pulau Kalimantan:

1. Provinsi Kalimantan Timur

gambar peta kalimantan timur

Samarinda merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Timur yang dahulu adalah sebuah kawasan hutan yang lebat atau yang lebih dikenal dengan sebutan hutan tropis. Provinsi ini dihuni oleh beragam suku, seperti suku Dayak, Banjar, dan berbagai suku lainnya. Di Provinsi Kaltim ini juga terdapat banyak sungai yang panjang, salah satunya sungai Mahakam yang populer di kalangan masyarakat.

Pada masa kerajaan, Kalimantan Timur merupakan daerah Kerajaan Kutai dan Kerajaan Hindu. Kalimantan Timur berbatasan langsung dengan Malaysia di bagian barat, kawasan Provinsi Kalimantan Tengah di bagian barat daya, kawasan Provinsi Kalimantan Utara di bagian utara, dan kawasan Kalimantan Selatan di bagian selatan.

2. Provinsi Kalimantan Barat

gambar peta kalimantan barat

Provinsi Kalimantan Barat yang ibu kotanya berada di Pontianak ini memiliki julukan “Provinsi Seribu Sungai”, karena banyaknya sungai yang dimanfaatkan untuk transportasi dan tempat berbagai aktivitas perekonomian seperti pasar terapung (pasar di atas sungai) yang bisa ditemui dengan mudah di provinsi ini. Provinsi ini juga memiliki wilayah yang cukup luas dengan penduduk asli suku Dayak.

Kalimantan Barat atau yang biasa disebut dengan Kalbar merupakan provinsi yang berbatasan langsung dengan wilayah negara Malaysia. Di kawasan provinsi ini juga terdapat banyak pulau kecil tak berpenghuni yang berada di sekitar perairan Laut Natuna dan Selat Karimata.

3. Provinsi Kalimantan Tengah

gambar peta kalimantan tengah

Kalimantan Tengah atau yang sering disebut Kalteng adalah provinsi yang sebagian besar wilayahnya merupakan kawasan hutan, sehingga tidak mengherankan apabila provinsi ini menjadi habitat satwa-satwa liar dan fauna endemic sepert beruk, kuskus, trenggiling, dan lain-lain. Provinsi yang beribukotakan di Palangkaraya juga dikenal dengan perkebunan kelapa sawitnya yang luas.

Tidak hanya menyimpan berbagai sumber daya alam yang melimpah, Provinsi Kalteng juga menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, Provinsi ini berbatasan langsung dengan wilayah Kalimantan Timur di sebelah timur, wilayah Kalimantan Barat di sebelah barat, wilayah Kalimantan Selatan di sebelah tenggara, dan wilayah Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur di sebelah utara.

4. Provinsi Kalimantan Selatan

gambar peta kalimantan selatan

Provinsi dengan ibu kota Banjarmasin ini terbagi menjadi 11 kabupaten dan 2 kota. Secara geografis, Provinsi Kalsel merupakan kawasan dataran rendah di sebelah barat, pantai di sebelah timur, dan dataran tinggi yaitu pegunungan Meratus.

Selain itu, di provinsi ini juga terdapat sungai yang panjang dan luas, sehingga dapat dijumpai pasar terapung. Pada zaman dahulu, Kalimantan Selatan merupakan wilayah dari tiga kerajaan besar seperti Kerajaan Negara Daha, Kerajaan Negara Dipa, dan Kesultanan Banjar dengan presentase 96% penduduknya adalah penganut agama Islam.

5. Provinsi Kalimantan Utara

gambar peta kalimantan utara

Di antara semua provinsi, Kalimantan Utara merupakan provinsi termuda yang baru didirikan pada tahun 2012 dengan Tarakan sebagai ibu kotanya. Provinsi ini berbatasan langsung dengan wilayah Sabah dan Serawak yang merupakan wilayah negara Malaysia.

Provinsi ini juga menjadi lokasi program transmigrasi, sehingga sebanyak 40% penduduknya merupakan suku Jawa dan 60% dihuni oleh penduduk asli Kalimantan Selatan yang berasal dari suku Dayak, suku Tidung, suku Banjar, dan suku Kutai. Dahulu, provinsi ini merupakan wilayah dari Kesultanan Bulungan yaitu sebuah daerah hasil dari pemekaran Kerajaan Bulu.

Sebagai salah satu pulau yang besar dan luas, Pulau Kalimantan menyimpan beragam potensi alam. Keragaman hayati baik flora maupun fauna, serta kekayaan budaya yang wajib untuk dijaga dan dilestarikan. Dengan pengelolaan sumber daya alam yang bijak dan efisien, maka akan mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

Artikel terkait

Baca juga: Temukan Tempat Makan dan Tempat Hangout Terbaik di Kota Anda

Back to top button