Agraria

Cara Gadai Sertifikat Tanah Tanpa Melakukan Survey

Gadai sertifikat tanah tanpa survey dapat dijadikan opsi untuk memiliki uang tunai secara cepat, kalau anda dalam kondisi yang mendesak. Bagaimana caranya?

Seperti yang kita tahu, menggadaikan sertifikat tanah atau rumah membutuhkan proses yang cukup kompleks. Salah satunya adalah perlu survey ke lokasi tanah atau rumah yang akan digadaikan. Lewat survey tersebutlah dapat dipertimbangkan apakah dana yang akan dipinjam dapat dicairkan atau justru ditolak.

Tak heran kalau banyak orang mencari opsi lain yang tidak begitu merepotkan. Salah satunya adalah dengan menggadaikan sertifikat tanah tersebut tanpa survey. Biasanya, pihak yang menawarkan jasa gadai sertifikat tanah tanpa survey adalah lembaga atau pihak-pihak non-resmi.

Dalam hal ini, anda harus berhati-hati dalam memilih badan atau lembaga yang akan anda gunakan untuk mengajukan pinjaman. Nah, berikut cara gadai sertifikat tanah tanpa survey yang dapat anda coba:

Baca juga: Kunjungi ngundang.com situs penyedia undangan digital online terbaik di Indonesia

Pilih lembaga yang terpercaya

Legalitas perusahaan yang menerima gadai sertifikat tanah tanpa survey harus dicermati. Anda harus berusaha mencari data mengenai perizinan serta legalitas perusahaan tersebut.

Jangan sampai anda menggadaikan sertifikat tanah ke perusahaan yang salah. Karena, dapat jadi sertifikat tanahmu nanti akan dibawa kabur atau disalahgunakan.

Baca juga: Biaya Pemecahan Sertifikat Tanah Induk dan Simulasinya

Baca juga: XPLORE.ID Menampilkan Destinasi Wisata Terbaik diKota Anda

Beberapa lembaga yang menerima gadai sertifikat tanah tanpa survey dapat meliputi koperasi atau layanan P2P Lending. Namun, karena prosesnya tanpa survey, ada plus minus yang perlu diketahui, salah satunya adalah pinjaman yang diberikan tidak dapat terlalu besar.

Anda tak dapat menggunakan layanan pergadaian atau bank-bank resmi untuk menggadaikan sertifikat tanah tanpa survey. Karena, mereka punya prosedur formal yang harus dijalankan.

Apabila anda menggunakan layanan P2P lending untuk menggadaikan sertifikat tanah, pastikan perusahaannya sudah terdaftar serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku regulator.

Jenis sertifikat tanah

Agar pengajuan gadai sertifikat tanahmu cepat disetujui, sebaiknya gunakan jenis Sertifikat Hak Milik (SHM). Jenis sertifikat ini jauh lebih disukai karena menunjukkan kejelasan standing kepemilikan dari tanah atau properti yang akan digadaikan.

Sedangkan jenis sertifikat lain, seperti Sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) biasanya kurang diminati karena mempunyai keterbatasan. Misal, masa pakai hanya 30 tahun serta pemegang HGB tidak mempunyai kuasa penuh.

Perhatikan nama di sertifikat

Nama yang tercantum dalam sertifikat tanah yang akan digadaikan sebaiknya berisi nama calon peminjam. Pasalnya, kalau nama calon peminjam serta pemilik sertifikat tanah berbeda (misalnya atas nama orang tua atau pasangan), akan mempersulit proses pengajuan pinjaman.

Solusinya, anda dapat melakukan balik nama terlebih dahulu atau menggunakan surat kuasa.

Pastikan mampu membayar cicilan

Dalam hukum gadai barang, kalau seorang peminjam tidak dapat mengembalikan atau melunasi utangnya tepat waktu, maka barang yang dijadikan agunan berhak dimiliki atau dijual oleh si pemberi pinjaman.

Oleh karenanya, kalau sertifikat tanahmu tak ingin jadi hak milik lembaga yang anda utangi, anda harus dapat mengukur kemampuan bayar cicilan dari complete pinjaman serta tenor yang sudah disepakati.

Lengkapi dokumen yang dibutuhkan

Umumnya, pengajuan gadai sertifikat tanah tanpa survey juga membutuhkan dokumen pelengkap lain, mulai dari Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Surat Nikah, Slip Gaji, Mutasi Rekening Koran, NPWP, SHM/SHGB/IMB yang akan dijadikan agunan.

Anda juga akan diminta untuk mengisi form pengajuan pinjaman cocok dengan nominal yang dibutuhkan. Namun, perlu diketahui bahwa pencairan dana mungkin tidak cocok dengan apa yang anda ingin. Biasanya, hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari gaji bulanan yang anda terima, mutasi rekening, serta lain sebagainya.

Baca juga: Biaya Sertifikat Tanah: SHM, HGB, HGU, dan Hak Pakai

Intinya, sebelum dana cair, anda akan diberitahu berapa besar pinjaman yang dapat dicairkan serta lamanya tenor yang harus disepakati. Apabila anda tidak cocok, anda dapat menarik kembali pengajuan pinjaman tersebut. Tapi, kalau ingin melanjutkan, maka anda harus siap dengan konsekuensi pembayaran cicilan cocok dengan jangka waktunya.

Ya, itulah cara gadai sertifikat tanah tanpa survey yang perlu diketahui. Semoga berguna!

Artikel terkait

Baca juga: Temukan Tempat Makan dan Tempat Hangout Terbaik di Kota Anda

Back to top button