Spasial

Gambar Peta Indonesia Lengkap

Gambar Peta Indonesia Lengkap

Agar memahami gambar peta Indonesia secara lengkap, seseorang harus mengetahui berbagai pulau yang ada di dalamnya. Ada banyak sebutan untuk ibu pertiwi ini, antara lain negara maritim, negara kesatuan dan negara kepulauan. Bahkan, dibandingkan daerah sekitar, area tersebut memiliki pulau sangat banyak.

Mengenal Letak Indonesia

Di gambar peta Indonesia, negara ini mempunyai area yang strategis sebab terletak di antara 6º LU-11º08 LS dan 95º BT-141º B. Selain itu, daratannya sangat luas yakni 1.922.570 km2. Berkat berada di garis lintang tersebut, bumi pertiwi berada di garis khatulistiwa.

Negara ini memiliki perairan sangat indah dengan luas 3.257.483 km2. Apabila ini dilihat di dalam peta, maka terlihat jelas bahwa Indonesia dikelilingi oleh samudra luas dari Sabang hingga Merauke. Terdapat 5 Pulau berukuran besar, yaitu pulau Sumatera, Kalimantan, Papua, Sulawesi dan Jawa.

Baca Juga: Pengertian Peta Tematik dengan Contoh Penggunaannya

Baca juga: Kunjungi ngundang.com situs penyedia undangan digital online terbaik di Indonesia

Jika ditotal, Indonesia mempunyai pulau sebanyak 17.504 yang mana 6000 pulaunya tidak berpenghuni. Terletak di daerah khatulistiwa, Indonesia memiliki 2 musim yakni panas dan hujan. Banyaknya kepulauan menyebabkan negara ini memiliki banyak kebudayaan unik nan khas.

Indonesia memiliki hutan yang sangat luas. Hal ini pun membuat negara tersebut mendapat sebutan paru-paru dunia. Meskipun memiliki banyak keunggulan, namun bumi pertiwi juga mempunyai sedikit kekurangan, salah satunya kerap terjadi bencana alam seperti banjir dan longsor.

Gambar Peta Indonesia

Berikut gambar peta Indonesia

Baca juga: XPLORE.ID Menampilkan Destinasi Wisata Terbaik diKota Anda

Gambar Peta Indonesia

Peta Indonesia Hitam Putih

Peta Indonesia Hitam Putih

Gambar Peta Indonesia
Gambar Peta Indonesia

Untuk dapat mengakses peta Indonesia digital yang dikeluarkan oleh Kementerian terkait dapat melalui tautan Peta Digital Indonesia.

Pembagian Waktu di Indonesia

Letak geografis Indonesia membuat negara ini mempunyai 3 waktu yang berbeda. Terdapat tiga daerah yakni Waktu Indonesia Barat, Waktu Indonesia Tengah dan Waktu Indonesia Timur. Berikut adalah ulasannya:

Waktu Indonesia Barat

WIB ialah salah satu daerah waktu di Indonesia. Perbedaan durasi dari WITA ialah satu jam lebih lambat. Sementara jika dibanding GMT, selisihnya 7 jam. Terjadinya perbedaan tersebut dikarenakan daerah-daerah yang termasuk Waktu Indonesia Barat terletak pada garis 105º BT.

Letak geografis Indonesia pada garis bujur tersebut menyebabkan daerah satu dengan lainnya memiliki selisih waktu satu jam. Setidaknya, ada banyak provinsi yang termasuk ke Waktu Indonesia Barat. Berikut adalah rinciannya:

Waktu Indonesia Tengah

Di Peta Indonesia lengkap, daerah yang termasuk dalam WITA berada di tengah. Jika dibandingkan WIB, maka waktunya lebih cepat 1 jam. Namun, bila Anda membandingkan Waktu Indonesia Tengah dengan WIT, durasinya 1 jam lebih lambat.

Sebagai contoh, apabila di Sumatera pukul 13.00 WIB, maka jika Anda berada di NTB, saat itu waktunya menunjukkan jam 14.00 WITA. Adanya perbedaan ini memberikan warna tersendiri. Jika penasaran dengan daerahnya, berikut adalah beberapa di antaranya:

Waktu Indonesia Timur

Khusus untuk Waktu Indonesia Timur, hanya ada 2 pulau yang menggunakannya, yakni Papua dan Maluku. Daerah-daerah tersebut memiliki waktu lebih cepat dibandingkan dengan WIB serta WITA. Hal itu dikarenakan posisinya berada pada garis 135 º BT.

Bisa dibayangkan jika Anda berada di Papua dan menelpon kekasih di Jakarta, maka perbedaannya 2 jam. Jadi, apabila waktu di Manokwari pukul 17.00, berarti di Jakarta Selatan baru pukul 15.00 WIB. Adanya perbedaan durasi ini membuat penyesuaian tersendiri terutama bagi perantau.

 – || –

Untuk mendapatkan berita daerah yang terupdate dapat mengkases Portal Warta Regional

Artikel terkait

Baca juga: Temukan Tempat Makan dan Tempat Hangout Terbaik di Kota Anda

Back to top button