Spasial

Pengertian Peta Tematik dengan Contoh Penggunaannya

Untuk menunjukan daerah atau lokasi suatu wilayah biasanya kita menggunakan peta. Namun selain digunakan sebagai petunjuk arah, peta juga memiliki fungsi lain sesuai dengan jenisnya, seperti yang berlaku pada peta tematik.
Apa itu peta tematik dan bagaimana contoh penggunaannya? Untuk mengetahuinya, temukan jawabannya dalam artikel berikut ini.

Pengertian Peta Tematik dan Contoh Penggunaannya

Peta merupakan gambaran permukaan bumi yang ditampakkan pada suatu bidang dan dibuat dengan tujuan tertentu. Sebagaimana yang dituliskan dalam buku Supertrik Kisi-kisi UN SMA/MA IPS 2017 yang disusun oleh Tim Sigma (2016:274) yang menyebutkan bahwa secara terminologis peta dapat diartikan gambaran keadaan permukaan bumi, baik keseluruhan atau sebagian yang diperkecil dan ditampilkan pada bidang datar dengan menggunakan perbandingan atau skala tertentu.
Namun rupanya peta sendiri memiliki berbagai macam bentuk dan jenis yang dibuat sesuai kebutuhan pengguna. Misalnya saja peta tematik. Peta tematik ini merupakan peta yang dibuat secara khusus untuk menggambarkan suatu objek. Hal tersebut juga dijelaskan dalam buku Geografi 3: SMA Kelas XII yang ditulis oleh Samadi, S.Pd, M.Si. (2007:44) yang menjelaskan peta tematik atau peta khusus menggambarkan satu jenis kenampakan, objek, atau fenomena tertentu.
Pengertian Peta Tematik Lengkap dengan Contoh Penggunaannya (1)
Lebih rinci lagi, pengertian peta tematik juga dipaparkan dalam buku berjudul CMS Cara Menguasai Soal Geografi SMA dan MA Latihan Soal dan Pembahasan HOTS yang disusun oleh Santi Kurniasih (2019: 27) yang menyebutkan bahwa peta tematik adalah peta yang memperlihatkan data-data secara kualitatif dan kuantitatif pada unsur-unsur yang spesifik.
Dalam buku tersebut juga dijelaskan contoh penggunaan peta tematik antara lain untuk perencanaan tata ruang suatu daerah, administrasi, manajemen, perusahaan-perusahaan, pendidikan, dan militer. Selain itu, contoh peta tematik lainnya yang dapat ditemukan dalam keseharian adalah peta geologi, peta kepadatan penduduk, peta iklim, dan peta transportasi.
Tak hanya itu, dalam kemajuan pekembangan ilmu pengetahuan, peta tematik mempunyai hubungan yang erat dalam hal penyajian data untuk keperluan perncanaan dalam bidang tertentu seperti geologi, pertanahan, perkotaan, sosial ekonomi, dan kependudukan.
Penjelasan mengenai peta tematik dan juga contoh penggunaannya dapat dijadikan sebagai pengetahuan tambahan khususnya mengenai peta, jenis peta dan penggunaannya dalam kehidupan manusia. Semoga bermanfaat.

Artikel terkait

Baca juga: Temukan Tempat Makan dan Tempat Hangout Terbaik di Kota Anda

Back to top button