Agraria

Belum Ada Pembebasan Lahan, Ibu Kota Baru Dibangun Kapan?

Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) menyampaikan bahwa belum menerima pengajuan anggaran pembebasan lahan untuk pembangunan ibu kota negara (IKN) baru yang berlokasi di Kalimantan Timur (Kaltim).

Direktur Pengadaan dan Pendanaan Lahan LMAN, Qoswara juga mengatakan bahwa sampai saat ini belum ada kementerian dan lembaga (K/L) yang mengusulkan untuk melakukan pembebasaan lahan di ibu kota baru.

“Kalau ditanyakan dana IKN ada nggak? Kami belum mendapatkan usulan-usulan tersebut. Jadi hingga saat ini kita belum tahu apakah nanti akan ada dana untuk pembangunan IKN atau tidak, karena memang belum ada Kementerian yang mengajukan untuk itu,” katanya dalam bincang bareng DJKN secara virtual.

Baca juga: Palangkaraya Butuh Perencanaan Jangka Panjang untuk Jadi Ibu Kota Negara

Baca juga: Kunjungi ngundang.com situs penyedia undangan digital online terbaik di Indonesia

Qoswara menjelaskan LMAN akan membebaskan lahan yang di minta jika ada dana yang diusulkan dari Kementerian. Nah hingga sekarang belum ada Kementerian yang mengusulkan dana itu untuk pembebasan lahan di ibu kota baru.

“Dana yang ada di LMAN itu adalah dana yang diusulkan oleh kementerian/lembaga. Jadi dana yang ada di kita ini sudah teralokasi untuk sektor-sektor tertentu,” jelasnya.

“Jadi saat ini ada anggaran dari Kementerian PUPR yang punya jalan tol dengan sumber daya air, dan Kementerian Perhubungan yang punya kereta api dengan pelabuhan, serta ada juga dana yang dimiliki oleh Kemenparekraf untuk kawasan wisata,” sebutnya mencontohkan.

Baca juga: XPLORE.ID Menampilkan Destinasi Wisata Terbaik diKota Anda

Baca juga: Diminati di Ibu Kota, Promo Tarif Listrik Rp 1 Rambah Bandung

Sementara itu terkait kapan mulai dibangun ibu kota baru, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa pernah menyampaikan bahwa Istana Presiden akan mulai dibangun pada tahun ini.

“Kita optimis mudah-mudahan Istana Presiden akan dapat dilakukan groundbreaking pada tahun ini,” disampaikan Suharso dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI.

Artikel terkait

Baca juga: Temukan Tempat Makan dan Tempat Hangout Terbaik di Kota Anda

Back to top button