KegiatanLingkungan Hidup

Rapat Koordinasi SKPD dan IUWASH PLUS terkait Air Tanah DKI Jakarta

air tanah (2) air tanah (1)

Jakarta, 20 September 2018. Kedeputian Gubernur bidang Tata Ruang dan Ligkungan Hidup menyelenggarakan Pertemuan mengenai persiapan penyusunan Desain Besar Air Tanah DKI Jakarta. Pertemuan ini dipimpin langsung oleh Deputi Gubernur bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup dengan dihadiri oleh 17 peserta rapat yang terdiri dari para pemenagku kepentingan terkait, yaitu: unsur dari Pemerintah Daerah Prov DKI Jakarta (Dinas Perindustrian dan Energi, Dinas Cipta Karya, Dinas Sumber Daya Air); Lembaga Non Pemerintah (USAID IUWASH PLUS) dan Mahasiswa Kerja Praktek TRLH ( jurusan PWK Universitas Pakuan). Pertemuan ini digelar oleh Kedeputian Gubernur bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup untuk mendiskusikan persiapan dalam penyusunan Desain Besar Air Tanah di DKI Jakarta.

Adapun beberapa hal penting yang di bahas dalam rapat ini adalah:

  1. DepGub memberikan pengantar bahwa di DKI Jakarta air tanah masih memegang peranan besar oleh karena itu diharapkan dengan adanya penyusunan Desain Besar Air Tanah dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan terkait Air Tanah di DKI Jakarta.
  2. Selain itu DepGub mengatakan bahwa OPD (Organisasi Pemerintah Daerah) dan institusi terkait memiliki peranan yang sangat penting dalam Penyusunan Desain Besar Air Tanah DKI Jakarta karena OPD akan terlibat secara langsung dalam Penyusunan Desain Besar ini.
  3. Rapat bulan September ini sebagai rapat pertama yang di lakukan dengan tujuan untuk mengetahui Stakeholders yang akan akan berkontribusi dalam penyusunan Desain Besar Air Tanah, serta membahas mengenai data apa saja yang di butuhkan serta data apa saja yang sudah ada.
  4. Adapun jadwal yang telah di sepakati dalam penyusunan Desain Besar Air Tanah yaitu dimulai dengan rapat pertama pada minggu ke-3 bulan September ini dengan tujuan mengidentifikasi Stakeholders yang akan terlibat dan data apa saja yang di butuhkan, kemudian rapat ke dua akan di adakan pada minggu ke-4 bulan September dan akan sampai pada minggu ke-4 November dengan tersusunya laporan atau Draft 0 yang membahas mengenai data, issues, strategi dan rekomendasi.
  5. Bentuk Support dari USAID IUWASH PLUS yaitu dengan pengembangan peta Interkatif. Peta ini diharapkan dapat menjadi alat bantu dalam memetakan isu dan masalah terkait air tanah di DKI Jakarta.
  6. Perwakilan Dinas Perindustrian dan Energi menambahkan bahwa terait data Dinas Perindustrian dan Energi sendiri memiliki seksi yang khusus memegang data tersebut seperti pemanfaatan air tanah, geologi, dan seksi konservsi air tanah.
  7. Hasil dari diskusi pada rapat kali ini akan ditindaklanjuti dengan akan di adakannya rapat ke dua pada minggu ke-4 Bulan September dengan tujuan mengkonfirmasi mengenai Stakeholders yang akan terlibat serta kelengkapan data dan informasinya. Selain itu akan pula di bahas mengenai isu-isu terkait dengan Air Tanah di DKI Jakarta.

Pinjaman Online

Artikel terkait

Back to top button