KegiatanLingkungan HidupTata Ruang

Rapat Inisiasi Urban Scape Exhibition Bersama GBCI

Inisiasi Urban Scape II

Jakarta, 14 Maret 2018

Pada hari Rabu, 14 Maret 2018 telah dilaksanakan rapat/meeting terkait inisiasi penyelenggaraan Exhibition pertama di Indonesia tentang landscape yang dinamakan Urban Scape. Hal ini didasarkan pada target pembangunan RTH (Ruang Tebuka Hijau) yang tidak perah mencapai 30%.

Tujuan dari pertemuan/rapat tersebut adalah untuk menginisiasi adanya Landscape Exhibition pertama di Indonesia, dikarenakan selama ini belum pernah ada Landscape exhibition yang berdiri sendiri.  Kemudian di negara lain seperti di Singapura, sudah mengadopsi Exhibition tersebut setiap 2 tahun sekali.

Pinjaman Online

Pertemuan tersebut dipimpin langsung oleh Deputi Gubernur DKI Jakarta bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup yang didampingi oleh Asisten Deputi bidang Tata Ruang, serta dihadiri oleh Green Building Council Indonesia (GBCI); Pihak Developer/Swasta dan Staff Kedeputian.

Pada pertemuan tersebut dibahas terkait :

  1. Latar belakang diadakannya Urban Scape Exhibition
  2. Agenda Kegiatan Urban Scape Exhibition
  3. Peran Komunitas Dalam Mengoptimalkan Exhibition tersebut
  4. Tindak lanjut Exhibition tersebut

 

Inisiasi Urban Scape III Inisiasi Urban Scape

Terdapat beberapa ide dan tindak lanjut yang diharapkan dapat terlaksana seperti: (i) Perlu adanya kolaborasi antara pihak Swasta (penyelenggara) dan pihak pemerintah dan NGO terkait untuk menyiapkan Exhibition yang berorientasi tidak hanya pada output, tetapi juga outcome. Sehingga semua pihak merasa berhasil didalam terselenggaranya Exhitibition tersebut; (ii) Perlu mengundang komunitas dan/atau pihak terkait untuk hadir dalam forum yang akan dilaksanakan pada bulan Juli 2018 di daerah Kemayoran terkait dengan Urban Scape Expo. bersama GBCI; (iii) Mengundang Deputi Gubernur DKI Jakarta bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup untuk menjadi panelis dalam acara Exhibition tersebut.

Sebagai tindak lanjut dari rapat yang dilaksanakan pada hari Rabu, 14 Maret 2018 tersebut, maka disarankan untuk mengikuti rapat gabungan dengan forum pertanian perkotaan yang juga diadakan pada hari yang sama.

Artikel terkait

Back to top button