Kliping

PKL Tanah Abang Sudah Didata, Sandiaga Pastikan Tak Ada Penambahan Tenda

Aktivitas jual beli di Jalan Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta, Jumat (22/12/2017). Sehubung keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, ruas jalan di depan stasiun ditutup untuk kendaraan bermotor pada pukul 08.00-18.00 WIB.(MAULANA MAHARDHIKA)
Aktivitas jual beli di Jalan Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta, Jumat (22/12/2017). Sehubung keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, ruas jalan di depan stasiun ditutup untuk kendaraan bermotor pada pukul 08.00-18.00 WIB.(MAULANA MAHARDHIKA)

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Unomemastikan tak ada penambahan tenda pedagang kaki lima Tanah Abang, Jakarta Pusat.

“Kalau jumlah tendanya sudah di-lock. Sebab, (para PKL yang mendapat tenda) itu waktu dulu selama kami sosialisasi mereka sudah terdata jualan di situ,” ujar Sandiaga di kawasan Cipinang, Jakarta Timur, Rabu (27/12/2017).

Sandiaga mengatakan, jika ada PKL yang berjualan di trotoar, ia memastikan PKL tersebut tidak terdata Pemprov DKI. Sandiaga mengatakan, Pemprov DKI sudah berulang kali mendata PKL di sana.

“Kami lihat pendataannya, tetapi sebelumnya mereka (PKL baru) enggak ada (jualan) di situ. Itu (jumlah PKL yang mendapat tenda) sudah dipastikan karena sudah melalui data yang sangat valid dan sudah berulang kami verifikasi,” ujarnya.

Pinjaman Online

Baca juga: Kepala Dinas UMKM Bilang Tak Ada Tempat Lagi untuk Tambah Tenda di Tanah Abang

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengunjungi pasar Tanah Abang, Selasa (26/12/2017).
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengunjungi pasar Tanah Abang, Selasa (26/12/2017). (KOMPAS.com/JESSI CARINA )

Sandiaga melanjutkan, penataan PKL di ruas jalan Tanah Abang hanya solusi jangka pendek. Pemprov DKI akan menghadirkan solusi jangka panjang yang dapat mengakomodasi semua kepentingan publik di kawasan tersebut.

“Ke depan kami akan lihat yang sekarang ini tidak terakomodasi, sesuai dengan pemikiran kami adalah bagaimana menempatkan mereka (PKL) di blok-blok tersebut, termasuk Blok G. Namun, karena mereka sudah katakan kalau Blok G itu sepi, kami sedang cari intervensinya secara temporer karena Blok G itu sendiri akan dibangun kembali secara masif,” kata Sandiaga.

Baca juga: Sandiaga: PKL yang Tidak Tertampung Tenda, Dulu Jualan di Tempat Lain

Kepala Dinas Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, serta Perdagangan DKI Jakarta Irwandi mengatakan, tidak ada lagi ruang menambah tenda PKL di Jalan Jatibaru, Tanah Abang. Pemprov DKI tidak bisa lagi menambah pedagang baru untuk diberikan tenda.

“Kalau kami terima lagi, mau di mana kami taruh? Tenda bisa kami usahakan, tetapi mau di mana lagi?” ujar Irwandi, Selasa (26/12/2017).

Artikel terkait

Leave a Reply

Back to top button