KegiatanLingkungan HidupTata Ruang

Penanaman Pohon dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) Tahun 2017 Tingkat Provinsi DKI Jakarta

tanam pohon 2

Jakarta, 16 Desember 2017. Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) Tahun 2017 Provinsi DKI Jakarta.
Disadari sepenuhnya bahwa kondisi lingkungan harus tetap terjaga. Untuk itu, banyak cara yang dapat dilakukan diantaranya dengan menanam pohon.

Pemerintah telah mencanangkan Hari Menanam Pohon Indonesia pada tanggal 28 November dan Bulan Menanam pada bulan Desember melalui Kepres No. 24 Tahun 2008. Peringatan pada tingkat Nasional telah dilaksanakan pada 9 Desember 2017 di Desa Karangasem Ponjong Gunung Kidul Yogyakarta oleh Presiden RI. Tema tahun ini adalah “Kerja Bersama: Makmurkan Rakyat; Lestarikan Alam”.

tanam pohon 3
Pada tingkat Provinsi DKI Jakarta, peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dilaksanakan pada tanggal 16 Desember 2017 bertempat di Kawasan Industri Pulogadung. Kegiatan ini hasil kerjasama Dinas Kehutanan DKI Jakarta, pemkot adm Jakarta Timur, Balai Pebgelolaan DAS dan Hutan Lindung Citarum Ciliwung KLHK, PT. JIEP kawasan industri Pulogadung, Asosiasi Pengusaha Indonesia/APINDO.
Deputi Gubernur DKI bidang Tata Ruang dan Lingkungan melakukan pencanangan HMPI secara simbolis dengan menanam pohon di area Hutan Kota kawasan industri Pulogadung.  Pada kesempatan ini juga ditanam 100 bibit pohon langka, pembagian bibit tanaman produktif. Seiring dengan itu, telah terbentuk Forum DAS DKI Jakarta pada tanggal 6 Desember 2017.
Diharapkan peringatan hari menanam pohon tidak bersifat seremonial tetapi merupakan upaya menanam pohon yang berlangsung setiap ada kesempatan.  Pemprov DKI Jakarta sepanjang tahun 2017 telah berhasil menanam pohon sebanyak 14.274 pohon.  Luasan hutan kota DKI Jakarta mencapai liasan 187 ha  pada 34 lokasi. Sementara ruang terbuka hijau mencapai sekitar 10 persen luas DKI Jakarta.

Modal Usaha Modal Usaha

tanam pohon 1

Artikel terkait

Leave a Reply

Baca juga: Temukan Tempat Makan dan Tempat Hangout Terbaik di Kota Anda

Back to top button