Kliping

Belum Bisa Dipakai Asian Games, Begini Kondisi Terkini LRT Jakarta

belum bisa dipakai asian games

Jakarta – Pembangunan kereta (Light Rail Transit/LRT) DKI Jakarta rute Velodrome-Kelapa Gading masih terus dikerjakan. Namun proyek sepanjang 5,8 km diperkirakan batal digunakan mendukung penyelenggaraan Asian Games 2018.

Lantas bagaimana kondisi terkini proyek tersebut?

Dari pantauan detikFinance di sekitar kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, pengerjaan proyek masih berlangsung. Sejumlah pekerja sejak pagi hari sudah mulai beraktivitas di ruas proyek tersebut. Alat berat pun juga diturunkan dan tersedia di lokasi proyek pengerjaan LRT.

Pinjaman Online Baca juga: Erek erek 2d Bergambar Lengkap
Belum Bisa Dipakai Asian Games, Begini Kondisi Terkini LRT Jakarta.Belum Bisa Dipakai Asian Games, Begini Kondisi Terkini LRT Jakarta. Foto: Fadhly Fauzi Rachman

Saat ini, para pekerja terpantau tengah sibuk untuk melakukan pemasangan box girder. Box girder tengah disusun untuk saling menyambungkan tiang-tiang penyangga yang ada. Pemasangan itu pun dikerjakan secara paralel. Selain itu, ada pula pekerja yang masih memasang tiang-tiang beton penyangga.
Dari arah Kelapa Gading, lintasan kereta ringan sudah mulai nampak, beberapa sudah tersambung sebagian, namun ada juga yang belum. Bila dilihat dari sepanjang Velodrome Rawamangun hingga Kelapa Gading, terlihat lebih dari 100 tiang pancang beton yang sudah berdiri sempurna.

Walau demikian, masih ada juga beberapa ruas lintasan yang terpotong. Maksudnya, masih ada lintasan yang belum tersambung dalam proyek itu. Di bagian yang terpotong itu beberapa di antaranya masih dalam bentuk lahan tanah yang bahkan belum dipasangi tiang penyangga.

Ada pula yang terpotong karena lokasinya berada di bagian belokan jalan, jadi baru terlihat rangka-rangka untuk penyangga tiang dan masih terus dirapikan oleh para pekerja.
Sebagai informasi, proyek LRT Jakarta fase 1 Koridor 1 Kelapa Gading-Velodrome Rawamangun ditargetkan siap beroperasi pada Agustus 2018 mendatang atau bersamaan dengan pembukaan Asian Games 2018.

Namun Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan waktu yang tinggal menyisakan setidaknya 9 bulan lagi tak cukup banyak untuk menyelesaikan sisa pekerjaan yang ada.

Baca juga :  Pembangunan Restoran Apung di Muara Angke Memasuki Tahap Lelang

“LRT Jakarta (Velodrome-Kelapa Gading) belum. Saya belum yakin itu bisa dilaksanakan. Kalau saya lihat secara fisik, belum bisa,” katanya kepadadetikFinance saat ditemui di Sabang, Aceh, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, kendala lahan menjadi satu hal yang membuat konstruksi LRT Jakarta belum bisa dikebut selesai untuk bisa digunakan saat Asian Games pada Agustus 2018 mendatang. (mkj/mkj)

Artikel terkait

Leave a Reply

Back to top button