KegiatanLingkungan HidupTata Ruang

“Desain Kota Layak Anak di DKI Jakarta”- Narasumber pada Diskusi HRC Caritra, Yogya

IMG-20171129-WA0004

Jakarta,  29 November 2017. Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup diundang sebagai Narasumber pada acara yang diselenggarakan oleh Housing Resource Center (HRC) Caritra. Tema yang diusung adalah “Desain Kota Layak Anak di DKI Jakarta”.  Acara berlangsung pada tanggal 28 November 2017 bertempat di Studio HRC, Gedung Abhiseka, Yogyakarta.

Menjadi kota layak anak merupakan salah satu target Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Untuk merealisasikan hal tersebut, beberapa langkah sudah dilakukan, salah satunya dengan banyaknya dibangun Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA). Deputi Gubernur bidang TRLH dalam kesempatan ini juga turut memaparkan mengenai Grand Design Jakarta Menuju Kota Layak Anak yang merupakan inisiatif dari Kedeputian Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup bekerja sama dengan PLAN Internasional Indonesia.

Inisiatif Kedeputian Tata Ruang dan Lingkungan Hidup menyusun Grand Design Jakarta Menuju Kota Layak Anak berangkat dari beberapa kondisi:

Pinjaman Online Baca juga: Erek erek 2d Bergambar Lengkap
  • Kegiatan kota layak anak masih dilakukan secara terkotak-kotak sehingga tidak sinergis.
  • Untuk mencapai Kota Layak Anak dibutuhkan kerjasama para pemangku kepentingan (stakeholders), yaitu pemerintah, komunitas dan lembaga (adat, sosial, budaya), partai politik, swasta, media dan keluarga.
  • Keberadaan RPTRA sangat membantu upaya menuju pencapaian KLA. Terdapat 18 indikator dari 24 indikator KLA yang terpenuhi melalui keberadaan RPTRA.

Penyusunan Grand Design Jakarta Menuju Kota Layak Anak 2018-2022 menggunakan pendekatan kolaboratif yang melibatkan pemangku kepentingan terkait.  Grand Design ini diharapkan dapat menjadi acuan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama pemangku kepentingan terkait dalam bersinergi untuk menjalankan konsep Kota Layak Anak secara terpadu dan holistik.

Baca juga :  Pertemuan dengan Pihak Universitas Indonesia terkait Kunjungan Kennan Eisei Kogyo Ltd. (Hazaka Plant) ke beberapa Pengolahan Limbah di DKI Jakarta

IMG-20171129-WA0003

Artikel terkait

Leave a Reply

Back to top button