KegiatanLingkungan HidupTata Ruang

Penyelenggaraan Lokakarya Pendahuluan Program Ambitious City Promises (ACP) DKI Jakarta

IMG-20171123-WA0000 IMG-20171123-WA0005

Program Ambitious City Promises (ACP) merupakan kegiatan yang didanai oleh Kementerian Lingkungan Jerman melalui International Climate Initiative (IKI) untuk mendukung kota di Indonesia, Filipina, dan Vietnam menerapkan komitmen pengurangan gas emisi rumah kaca dan rencana aksi perubahan iklim, berdasarkan keunikan kota dan tantangan perkotaan. Program ACP dibangun berdasarkan pengalaman Pemerintah Metropolitan Seoul dalam melaksanakan kebijakan pembangunan rendah karbon sejak tahun 2012.

Untuk mendukung pencapaian target penuruan emisi Indonesia, peran pemerintah daerah sangat strategis dan penting. Masing-masing provinsi telah berkomitmen dalam agenda ini. Pemerintah DKI Jakarta, pada khususnya, telah memiliki komitmen untuk melakukan penurunan emisi gas rumah kaca hingga 30% di tahun 2030 berlandaskan instrumen Peraturan Gubernur Nomor 131 tahun 2012 tentang Rencana Aksi Daerah Penurunan emisi gas rumah DKI Jakarta.

Sejalan dengan hal tersebut, pada tahun 2017 ini ICLEI (International Council for Local Environmental Initiatives)-Local Governments for Sustainability tengah mengembangkan program Ikhtiar Ambisi Kota: Komitmen pembangunan rendah rendah karbon kota-kota besar di Asia Tenggara/ Ambitious Cities’ Promise:  Commitments for Low-Carbon Urban Development in Southeast Asian Large Cities dengan bantuan pendanaan dari German Federal Ministry for the Environment, Nature Conservation, Building and Nuclear Safety (BMUB). 

Pinjaman Online

Secara operasional program ACP akan fokus pada kota Model (DKI Jakarta) dalam melakukan penyusunan inventori gas rumah kaca, penyusunan visi dan misi serta target penguranan emisi yang ambisius namun konkrit, terukur dengan rencana aksi mitigasi yang komprehensif berbasis penguatan ekonomi dan daya saing lokal serta keterlibatan jejaring pemangku kepentingan yang luas antara pemerintah nasional, sub-nasional dan masyarakat serta sektor bisnis pada berbagai area kebijakan perkotaan. Sedang kota Satelit (Kota Tangerang dan kota Bekasi) akan menerima manfaat berupa alih pengetahuan yang didapat dalam mengikuti proses penyelenggaran program Ambitious City Promises dan konsultasi serta pelatihan untuk mendukung pembangunan kota rendah emisi.

Pemprov DKI Jakarta melalui Kedeputian Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup bekerjasama dengan ICLEI mengadakan Lokakarya Pendahuluan Program Ambitious City Promises (ACP) DKI Jakarta pada tanggal 23 November 2017.  Acara diselenggarakan di Kantor Balaikota, Gedung Blok G, Lantai V.  Acara di buka oleh Asisten Deputi Bidang Tata Ruang. Turut hadir  Victorino EAquitania, ICLEI SEAS Regional Director didampingi oleh Regional Program Manager ICLEI untuk Jakarta.

20171123_144507

Tujuan dari diselenggarakannya Lokakarya perdana ini adalah:

  • Mengenalkan Program Ambitious City Promises (ACP);
  • Melakukan pemetaan aksi-aksi dan kebijakan mitigasi perubahan iklim serta pemangku kepentingan di DKI Jakarta;
  • Menyusun Road Map ACP 2017-2020.

Peserta Lokakarya berasal dari SKPD terkait di Pemerintah DKI Jakarta, Pemerintah Kota Tangerang, Pemerintah Kota Bekasi, unsur Dewan Riset Daerah, Asosiasi (Jakarta Berketahanan 100 RC; C40; GBCI).

Peserta dibagi menjadi 2 kelompok untuk saling berdiskusi dengan di moderatori oleh ICLEI mengenai Inventarisasi Aksi mitigasi dari para SKPD yang telah dan pernah terlibat serta Pemetaan stakeholders.

 

IMG-20171123-WA0009 IMG-20171123-WA0011

IMG-20171123-WA0014 IMG-20171123-WA0018

Output yang diharapkan dari Hasil Lokakarya:

Keluaran I: Profil dan analisis kota tersedia di kota model sebagai dasar proses komitmen.

Keluaran II: Kelompok pemangku kepentingan utama di kota-kota model dilibatkan dalam pengembangan “Kota Janji “, berbagi visi & terlibat dalam proses perencanaan & pelaksanaan.

ACP Final foto

Artikel terkait

Leave a Reply

Back to top button