KegiatanLingkungan Hidup

Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional 2017

WhatsApp Image 2017-11-07 at 09.46.08

Jakarta 7 November 2017.

Kedeputian Gubernur Bidang Tataruang dan Lingkungan Hidup mengahdiri undangan Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional (KSAN) 2017 di Hotel Le Meridien, Jakarta. Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional adalah ajang dua tahunan yang digagas Pokja AMPL Nasional untuk mendorong komitmen para pemangku kepentingan agar terus meningkatkan akses air minum dan sanitasi di Indonesia. Acara KSAN tahun ini bertema “Kerja Bersama Kejar Akses Universal”, dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan (Pemerintah, Legeslatif, LSM, donor, swasta dan media). Pembahasan difokuskan pada pembiayaan untuk pembangunan sarana dan prasarana.

Acara ini dibuka oleh Menteri Kesehatan  Nila Farid Moeloek. Penyediaan layanan air minum dan sanitasi turut berkontribusi pada penurunan masalah gizi buruk (stunting).  Saat ini masih ada 37.2 persen atau sekitar 9 juta anak di Indonesia mengalami stunting.  Penanganan stunting tidak hanya dilakukan dengan memberikan makanan tambahan, namun juga melalui penyediaan air minum dan sanitasi yang aman dan layak. Penanggung jawab KSAN 2017, Deputi bidang pengembangan regional menjelaskan KSAN tahun ini berfokus pada pembiayaan sektor air minum dan sanitasi serta memperkuat sinergi dan kolaborasi pemerintah dan mitra lainnya.

Pinjaman Online

Agenda acara dibagi dalam tiga topik utama terkait pembiayaan untuk sektor air minum dan sanitasi di Indonesia. Menteri PPN/Kepala Bappenas mengatakan pemenuhan akses air minum dan sanitasi merupakan prioritas pembangunan nasional . Hal ini terkait dengan upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan pemenuhan hak dasar bagi seluruh penduduk Indonesia. Tujuannya akhirnya adalah meningkatkan produktivitas Indonesia sebagai bangsa.

KSAN juga menampilkan profil daerah (kab. dan kota) yang telah memiliki akses  Sanitasi dan Air Minum yang baik di Indonesia untuk menjadi pembelajaran bagi Kabupaten dan Kota lainnya.

 

\fb-img-1509883786391-59ffeee78325cc6fc21f9742

 

 

Artikel terkait

Leave a Reply

Back to top button