KegiatanLingkungan Hidup

Konsinyering Grand Design Air Minum dan Air Limbah Provinsi DKI Jakarta

20171031_094752

Jakarta 31 Oktober 2017

Kedeputian Gubernur Bidang Tataruang dan Lingkungan Hidup DKI Jakarta bersama USAID IUWASH PLUS kembali mengadakan  Konsinyering Grand Design Air Minum dan Air Limbah Provinsi DKI Jakarta, di Hotel AONE jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat.

Konsinyering merupakan pertemuan lanjutan dari Lokakarya Grand Desain Air Minum dan Sanitasi JICA – USAID IUWASH PLUS yang dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus 2017 di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat.

Pinjaman Online

Konsinyering dihadiri juga oleh Bappeda, Dinas Sumber Daya Air, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PPAPP, Dinas Perindustrian dan Energi, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Dinas Kesehatan, Dinas Komunikasi dan Informasi, Biro Penataan Kota dan Lingkungan Hidup, PD.PAM Jaya, PD PAL Jaya dan Tim  IUWASH PLUS.

Tujuan Konsinyering adalah 1). Mendapat masukan dan tanggapan serta persetujuan dari masing – masing OPD terkait tentang hasil penyusunan “Grand Design Air Minum dan Air Limbah Domestik DKI Jakarta”. 2). OPD terkait memasukkan program dan kegiatannya menyesuaikan wilayah – wilayah prioritas.

Tujuan Penyusunan Grand Design Air Minum dan Air Limbah Domestik DKI Jakarta adalah : 1).  Memberikan arah dan fokus upaya terpadu lintas sektor dalam meningkatkan kualitas hidup seluruh warga Jakarta melalui pembangunan layanan air minum dan pengolahan air limbah domestik yang berkelanjutan. 2) Menjadi referensi bagi berbagai institusi yang terlibat (pemerintah, swasta, mitra pembangunan) dalam perencanaan dan penganggaran program/kegiatan bidang air minum dan air limbah domestik agar tepat sasaran, tepat lokasi, dan tepat mutu.  3). Sebagai referensi bagi penyusunan RPJMD DKI Jakarta 2018-2022 untuk bidang pembangunan layanan air minum dan air limbah domestik. 4). Mempercepat penyelesaian persoalan air minum dan air limbah domestik pada masyarakat berpenghasilan rendah atau kelompok rentan.

Tujuan dan Target Pembangunan Air Minum dan Air Limbah Domestik adalah :  1). 100% warga DKI memiliki akses terhadap layanan dasar air minum dan sanitasi/air limbah domestik yang aman dan berkelanjutan. 2).Tersedianya sumber air baku dalam kapasitas yang sanggup memenuhi kebutuhan. 3).Tidak ada lagi penduduk DKI Jakarta yang Buang Air Besar Sembarangan. 4).Turunnya secara signifikan tingkat pencemaran air. 5).Menurunnya angka kejadian penyakit yang diakibatkan/ditularkan air dan sanitasi yang buruk, terutama pada anak-anak usia 0-4 tahun. 6).Terkendalinya penggunaan air tanah di DKI Jakarta

20171031_094835

WhatsApp Image 2017-10-31 at 10.46.05

 

Artikel terkait

Leave a Reply

Back to top button